Pre – Summit 2019 :  Cetak Biru Industri Dirgantara Nasional Menuju Industri 4.0

0
1797

Jakarta, Komite.id –Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) kembali menyelenggarakan Pre Summit, yang akan berlansung Selasa, 16 April 2019. di Gedung BPPT II, Lantai 3 Jln. MH. Thamrin No. 8. Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Acara ini kerja sama LAPAN dengan berbagai asosiasi profesi penerbangan di Indonesia seperti IAEC (Indonesia Aeronautical Engineering Center), IAMSA (Abbreviation of Indonesian Aircraft Maintenance Services Association), INACOM (Indonesia Aircraft Component Manufacturer Association).

Mengambil tema “Penyusunan Cetak Biru Industri Dirgantara Nasional”, bertujuan untuk mempererat sinergisitas dan mitra kerja sama dalam mempercepat transformasi kluster dalam industri dirgantara. Hal ini untuk mewujudkan ekosistem industri 4.0 yang didukung oleh riset dan pengembangan teknologi dibidang penerbangan dan antariksa.

Pre Summit 2019 ini menghadirkan Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin, M.Sc, Deputi Bidang Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, perwakilan Kemenristekdikti dan Bappenas.

Narasumber yang akan hadir, antara lain dari Kemenko Perekonomian, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, PT. Dirgantara Indonesia, dan INACOM. Tidak hanya itu, acara ini juga menghadirkan para pemangku industri penerbangan seperti PT. Dirgantara Indonesia, PT. Regio Aviasi Industri, dan GMF Aero Asia.

Dalam acara ini akan dibentuk forum komunikasi dirgantara yang merupakan forum nasional para pemangku kepentingan untuk mengumpulkan dan mendiskusikan semua issue yang berkaitan dengan permasalahan kedirgantaraan.

Selanjutnya juga akan dibentuk satuan tugas (Satgas) yang bertanggung jawab membuat cetak biru industri penerbangan dan antariksa serta akan dilakukan penyusunan cetak biru industri kedirgantaraan yang akan disesuaikan dengan rencana induk keantariksaan nasional yang sudah ada sebelumnya.

LAPAN akan terus berkomitmen dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).  Dalam penguasaannya dibidang IPTEK kedirgantaraan. LAPAN mendorong kemandirian dibidang penguasaan teknologi penerbangan dan antariksa sehingga akan terjalinnya dunia riset dan dunia industri sehingga akan terwujudnya revolusi industri 4.0. (*/WS)

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.