Intel meluncurkan chip AI baru untuk bersaing dengan Nvidia dan AMD

0
441

IntelNvidia dan AMD yang mendukung model AI yang besar dan haus kekuasaan.

Model AI yang paling menonjol, seperti ChatGPT OpenAI, berjalan pada GPU Nvidia di cloud. Itu salah satu alasan saham Nvidia naik hampir 230% tahun ini sementara saham Intel naik 68%. Dan itulah sebabnya perusahaan seperti AMD dan sekarang Intel telah mengumumkan chip yang mereka harap akan menarik perusahaan AI menjauh dari posisi dominan Nvidia di pasar.

Saham Intel naik 1% pada hari Kamis.

Meskipun perusahaan tidak terlalu memperhatikan detailnya, Gaudi3 akan bersaing dengan Nvidia H100, pilihan utama di antara perusahaan yang membangun chip dalam jumlah besar untuk mendukung aplikasi AI, dan MI300X AMD yang akan datang, yang mulai dikirimkan ke pelanggan pada tahun 2024.

Intel telah membuat chip Gaudi sejak 2019, ketika membeli pengembang chip bernama Habana Labs.

“Kami telah melihat kegembiraan dengan AI generatif, bintang pertunjukan pada tahun 2023,” kata CEO Intel Pat Gelsinger pada acara peluncuran di New York di mana ia mengumumkan Gaudi3 bersama chip lain yang berfokus pada aplikasi AI.

“Kami pikir AI PC akan menjadi bintang pertunjukan di tahun mendatang,” tambah Gelsinger. Dan di situlah prosesor Core Ultra baru Intel, yang juga diumumkan pada hari Kamis, akan ikut berperan.

Intel Core Ultra dan chip Xeon baru

Intel juga mengumumkan chip Core Ultra, yang dirancang untuk laptop dan PC Windows, dan chip server Xeon generasi kelima yang baru. Keduanya menyertakan bagian AI khusus yang disebut NPU yang dapat digunakan untuk menjalankan program AI lebih cepat.

Ini adalah tanda terbaru bahwa pembuat prosesor tradisional, termasuk pesaing Intel AMDQualcomm, sedang melakukan reorientasi lini produk mereka dan mengingatkan investor akan kemungkinan model AI yang menyebabkan melonjaknya permintaan chip mereka.

Core Ultra tidak akan memberikan kekuatan yang sama untuk menjalankan chatbot seperti ChatGPT tanpa koneksi internet, tetapi dapat menangani tugas-tugas yang lebih kecil. Misalnya, kata Intel, Zoom menjalankan fitur pemburaman latar belakang pada chipnya. Mereka dibuat menggunakan proses 7 nanometer perusahaan, yang lebih hemat daya dibandingkan chip sebelumnya.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, dalam hal kemampuan manufaktur chip pada tahun 2026 tidak ketinggalan.

Chip Core Ultra juga mencakup kemampuan bermain game yang lebih bertenaga dan kekuatan grafis tambahan dapat membantu program seperti Adobe Premier berjalan lebih dari 40% lebih cepat. Jajaran produk ini diluncurkan di laptop yang tersedia di toko-toko pada hari Kamis.

Terakhir, server daya prosesor Intel Xeon generasi kelima yang digunakan oleh organisasi besar seperti perusahaan cloud. Intel tidak membagikan harga, tetapi Xeon sebelumnya berharga ribuan dolar. Prosesor Intel Xeon sering kali dipasangkan dengan GPU Nvidia dalam sistem yang digunakan untuk pelatihan dan penerapan AI generatif. Di beberapa sistem, delapan GPU dipasangkan ke satu atau dua CPU Xeon.

Intel mengatakan prosesor Xeon terbaru akan sangat baik untuk inferensi, atau proses penerapan model AI, yang lebih hemat daya dibandingkan proses pelatihan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.