Menteri Arifin: Akselerasi Ekosistem Penggunaan KBLBB di Indonesia

0
1061

Jakarta, Komite.id- Pemerintah menekankan pentingnya membangun ekosistem terintegrasi agar masyarakat Indonesia punya ketertarikan terhadap penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Hal ini ditegaskan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada acara Konferensi Pers dan Pameran Virtual: Grab #LangkahHijau, Kamis (22/04).

Arifin pun memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiasi Grab Indonesia dalam memperluas ekosistem KBLBB di Indonesia. “Pemerintah mengapresiasi komitmen Grab Indonesia, khususnya pada public launching KBLBB yang diinisiasi oleh Kementerian ESDM bulan Desember 2020 lalu. Grab Indonesia berkomitmen menghadirkan 26.000 KBLBB hingga tahun 2025 mendatang,” ujar Arifin.

Sebagai bagian dari komitmen pemerintah, sambung Arifin, penggunaan KBLBB akan dijadikan sebagai kendaraan operasional di beberapa kementerian/lembaga serta pemerintah daerah.

Kementerian ESDM sendiri telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Dalam regulasi tersebut diatur ketentuan ketenagalistrikan, tarif tenaga listrik, serta standar dan keselamatan ketenagalistrikan untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum.

Sesuai Peraturan Menteri tersebut, tarif isi daya kendaraan listrik di SPKLU mengacu pada kategori tarif layanan khusus dengan berkisar antara Rp1.644,52– Rp2.466,78 per kWh.

“Tarif isi daya listrik KBLBB di Indonesia lebih murah dibandingkan dengan beberapa negara lain di dunia. Dengan tarif pengisian kendaraan listrik yang murah tersebut, jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional, untuk tipe tertentu KBLBB lebih hemat hingga 4,42 kali,” Arifin menyampaikan.

Hingga April 2021 telah terbangun 122 unit Charging Station pada 83 lokasi yang tersebar di beberapa area seperti SPBU, SPBG, perkantoran, perhotelan, pusat perbelanjaan, area parkir, maupun rest area di sepanjang jalur tol. Sesuai roadmap yang telah disusun, diharapkan pada tahun 2025 nanti dapat dibangun 3.861 SPKLU dengan jumlah KBLBB sebanyak 39.627 unit. Untuk Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) sendiri diharapkan dapat terbangun 17.000 unit di tahun 2025.

“Saya harap peluncuran #LangkahHijau 2021 hari ini dapat semakin mempercepat terbentuknya ekosistem KBLBB yang salah satunya diinisiasi oleh Grab Indonesia. Semoga kampanye ini dapat berjalan dengan lancar dan memberi manfaat bagi seluruh masyarakat,” kata Arifin.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyatakan Grab secara konsisten menciptakan ekosistem berkelanjutan demi menciptakan lingkungan yang lebih hijau.

“Langkah hijau Grab diluncurkan untuk menciptakan lingkungan yang sustainable (berkelanjutan) dengan mengambil langkah kecil demi perubahan yang besar,” ujar Ridzki.

Kampanye Langkah Hijau 2021 Grab Indonesia diluncurkan bersamaan dengan Hari Bumi dengan memperkuat tiga pilar layanan yang komprehensif, yaitu KBLBB, fitur pengimbangan jejak carbon (carbon offseting) untuk penanaman pohon, serta daur ulang sampah. (red/esdm)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.