BCA Dukung Program Karya Kreatif Indonesia

0
1096

Jakarta, Komite.id- Sebagai bentuk konsistensi dan dukungan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), BCA kembali mendukung penyelenggaraan program pemerintak bertajuk Karya Kreatif Indonsia – Eksotisme Lombok dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang kali ini difokuskan untuk UMKM unggulan provinsi Nusa Tenggara Barat.

Seremoni launching Karya Kreatif Indonesia – Eksotisme Lombok dipusatkan di Pantai Mandalika. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya hadir secara virtual. Sementara itu Kepala BCA KCU Cakranegara-Mataram Indrawanto Sahama dan 50 pelaku UMKM unggulan NTB menghadiri secara langsung acara tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada Rabu (3/3).

“BCA bangga dapat menjadi bagian dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya melalui sektor UMKM. Kami harap gerakan ini dapat mendorong masyarakat untuk makin mencintai, mengembangkan, dan meningkatkan nilai tambah produk lokal dan bangga dengan buatan Indonesia,” ujar Jahja.

Program yang diprakarsai Bank Indonesia kali ini mengangkat tema “Karya Kreatif Indonesia – Eksotisme Lombok.” BCA turut menyukseskan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 20 UMKM unggulan di wilayah NTB untuk bergabung di program Bangga Lokal, serta membantu program pemasaran melalui situs e-commerce dengan memberikan potongan harga. Tak ketinggalan, BCA pun memberikan sarana promosi bagi UKMN di kantor cabang BCA di wilayah NTB.

Sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, BCA telah mengembangkan program Bangga Lokal di akhir tahun 2020. Program Bangga Lokal telah menghimpun lebih dari 200 merchant yang terdiri dari merchant kesehatan & kecantikan, fashion, makanan & minuman serta hobi & aktivitas. Program Bangga Lokal pun akan terus berlanjut di tahun 2021dengan membawa brand-brand lokal lainnya.

Secara kongkret, BCA melakukan pendampingan UKM dengan cara membantu mengkurasi produk-produk UKM sehingga dapat diangkat melalui program promosi dan komunikasi, sehingga dapat meningkatkan awareness dan penjualan; membantu proses persiapan UMKM untuk onboarding dalam e-commerce maupun platform penjualan berbasis digital yang memudahkan konsumen mengakses produk UMKM; serta membantu proses pengembangan Bisnis melalui fasilitas kredit bagi yang memenuhi syarat dan infrastruktur pembayaran elektronik (QRIS dan EDC).

“Kami harap rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dapat memberikan dampak positif, tidak hanya kepada BCA tapi bagi masyarakat Indonesia. Semoga program ini dapat mendorong kebangkitan produk lokal Indonesia,” tutup Jahja. (red)

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.