Tourism 4.0 Sumber Keunggulaan Baru Menghadapi Persaingan Pariwisata Global

0
2106

Samarinda, Komite.id – Menpar Arief Yahya mengajak kaum milenial untuk memanfaatkan  revolusi industri 4.0 atau Tourism 4.0 untuk memenangkan persaingan sektor pariwisata di pasar global.

Memasuki era revolusi industry 4.0 akan merngugah secara mendasar wajah berbagai industry, termasuk industry pariwisata.

Revolusi 4.0 ditandai dengan berubahnya perilaku wisatawan yang sangat digital selain juga semakin dominannya travellers milenial. “Sekitar 70% travellers melakukan ‘search dan share’ melalui platform digital dan lebih dari 50% inbound travellers kita adalah kaum milenial,” kata Menpar Arief Yahya pada acara Millennial Gathering 2019 di Swiss–Belhotel Borneo Samarinda, Sabtu (30/3/2019).

Menpar Arief Yahya mengajak kaum milenial di Kaltim agar memanfaatkan era revolusi industri 4.0 (tourism 4.0) menjadi sumber keunggulan kompetitif  baru dalam memenangkan pariwisata di pasar global.

Menpar Arief Yahya bersama narasumber Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR-RI dalam acara Millennial Gathering 2019 menjelaskan, era industri 4.0 akan mengubah serta mendisrupsi industri pariwisata secara mendasar dengan terwujudnya “cost value” atau dikenal dengan “more for less, experience value (personalized)”, dan platform value (resources sharing) yang dinikmati para travellers.

Terwujudnya seamless dan personalized experience, menurut Arief Yahya, karena adanya peran teknologi 4.0 antara lain big data analyticsartificial intelligence, internet of things (IoT), robotics, augmented reality, cloud computing,  maupun blockchain. Sebagai contoh konkrit, adanya robotic airport guide/helper memungkinkan dan membantu para travellers mempercepat proses check-in dan boarding di bandara.

Selain itu dengan memanfaakan teknologi augmented reality (AR) juga memungkinkan munculnya pelayanan e-concierge,

m-payment, atau personal assistant di hotel. Begitu pula adanya teknologi virtual reality menjadikan seluruh informasi destinasi wisata tidak lagi melalui brosur atau penjelasan para guide, akan tetapi sudah memanfaatkan teknologi virtual reality lewat smartphone di tangan para travellers.

Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, Millennial Gathering 2019 menjadi wadah dalam mengangkat isu-isu terkini di kalangan generasi muda yang berkaitan dengan kondisi global. Hal ini kata dia, akan membentuk generasi muda menjadi insan kreatif yang mampu bersaing di dunia internasional.

“Pertemuan ini sebagai wadah inspirasi generasi milenial untuk menduplikasi semangat kreatif dan proses pengembangan industri pariwisata berbasis model industri 4.0,” kata Hetifah Sjaifudian.

Sementara itu,  Menpar dalam acara yang mengangkat tema ”Created Creators: Millennial dalam Pariwisata di Era Industri 4.0” tersebut menegaskan kembali datangnya revolusi industri 4.0 adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan.

“Cepat atau lambat akan terjadi di seluruh sektor, tak terkecuali pariwisata. Sebagai persiapan menyambut tourism 4.0, Kemenpar antara lain menyiapkan platform digital dengan nama New ITX-Indonesia Tourism Exchange,” katanya.

Platform ini sebagai etalase produk pariwisata berwujud digital untuk mengakomodasi para UMKM kecil, mikro, dan menengah agar semakin eksis dengan berjualan paket melalui digital marketplace. (*/WS)

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.