PSMTI Temui Imam Besar Masjid Istqlal, Suarakan Pemilu Damai

0
1191
Rombongan Delegasi PSMTI Dipimpin Oleh Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta, bersama pengurus PSMTI, melakukan Audiensi Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA, Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, (25/10/23).

Jakarta, Komite.Id – Pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 bertempat di Masjid Istiqlal telah berlangsung silaturahmi antara Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dengan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA.

Adapun pertemuan ini berlangsung dalam suasana yang penuh kekeluargaan, terlebih PSMTI yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PSMTI Pusat Wilianto Tanta dan KH. Nasaruddin Umar sama – sama merupakan putra asal Sulawesi Selatan.

Dilansir dari Website Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA adalah salah satu tokoh Islam Indonesia kelahiran Ujung-Bone, Sulawesi Selatan yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Agama RI dari tahun 2011 sampai 2014. Banyak karya ilmiah tentang Islam yang telah diciptakan sebagai sumbangan yang tak ternilai untuk dunia Islam Indonesia dan beliau juga adalah penulis dari 12 buku diantaranya  Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Quran (Paramadina, 1999), yang menjabarkan hasil penelitian mengenai bias gender dalam Quran.

Beliau juga merupakan pendiri organisasi lintas agama untuk Masyarakat Dialog antar Umat Beragama dan pernah menjabat sebagai Dirjen di Departemen Agama. Dia juga adalah anggota dari Tim Penasehat Inggris-Indonesia yang didirikan oleh mantan perdana menteri Inggris, Tony Blair. Banyak penghargaan yang telah diperoleh atas kerja dan karya yang beliau ciptakan.

“Saat ini Indonesia akan memasuki masa kampanye pemilihan umum, harapan kami tentunya dari masa kampanye, pemungutan suara maupun pasca pemilu seluruhnya berlangsung secara damai,” ungkap Ketua Umum PSMTI Pusat Wilianto Tanta.

Delegasi silahturahmi PSMTI dengan Imam Besar Masjid Istiqlal dipimpin oleh Wilianto Tanta, Ketua Umum PSMTI Pusat dengan anggota; Abraham Rudy Tan, Dewan Penyantun PSMTI Pusat; Peng Suyoto B.Com, Sekretaris Umum PSMTI Pusat; Dr Djoni Toat SH,MM, Ketua Harian II PSMTI Pusat; Johnny Situwanda, WKU Kaderisasi & Kepemudaan, PSMTI Pusat; Dr Rudi Rusdiah MA, Wasekum Bidang Humas PSMTI Pusat; Handi Gunawan, Ketua PSMTI Jakarta Pusat; Muljadi Husen, Ketua PSMTI Kota Jakarta Utara; Nicholaus Phang, Ketua PSMTI Kota Jakarta Timur; Sudiono Chung, Sekretaris Ketua Harian, PSMTI Pusat; Eric Fernando SIP,MSi, Wasekum PSMTI Pusat; Serian Wijatno, WKU Horgama PSMTI Pusat.

“Kami juga tadi menyampaikan bahwasannya sesuai AD/ART PSMTI tidak berpolitik praktis dalam artian tidak berafiliasi ke partai politik manapun dan tidak mendeklarasikan dukungan ke salah satu capres-cawapres, namun kami menghimbau kepada masyarakat suku Tionghoa Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya dan datang ke TPS pada 14 Februari 2024,” terang Sekretaris Umum PSMTI Pusat Peng Suyoto.

Silaturahmi kemudian ditutup dengan foto bersama dan penyerahan plakat serta buku – buku dari PSMTI. Untuk diketahui sebelumnya PSMTI banyak berkolaborasi dengan Masjid Istiqlal salah satunya dengan memberikan hewan kurban di saat umat Muslim merayakan Idul Adha.

Oleh Humas PSMTI