Ketum ABDI Audiensi dengan Kepala Badan Informasi Geospasial

0
1378

Jakarta, Komite.Id – Ketua umum ABDI Rudi Rusdiah sekaligus CEO PT Micronics Internusa bersama Kepala Badan Informasi Geopasial, Prof.Dr. Muh Aris Marfai Msc dan beserta staffnya, di kantor BIG, Cibinong Bogor, Selasa (03/10/23).

Audiensi tersebut dilakukan ABDI untuk menyerahkan Buku Apreasi Satu Indonesia 2023 kepada Prof.Dr. Muh Aris Marfai Msc, “saya berharap bapak bisa hadir dalam, kegiatan Data GovAI 2023”,Ujar Rudi Rusdiah.

Pertemuan ini menjadi momen untuk silahturami antara ABDI dengan BIG. Dalam pertemuan ini Rudi Rusdiah juga memaparkan agenda kegiatan ABDI selanjutnya ditahun 2023, yakni Data GovAI 2023 (22,24 dan 28 November 2023), Prof.Dr. Muh Aris Marfai Msc berpartisipasi sebagai Keynote : Anugrah Apresiasi ABDI.

Dalam audiensi ini dilaksanakan diskusi santai yang membahas fokus utama untuk mengundang, Prof.Dr. Muh Aris Marfai Msc. Selain itu, juga membahas mengenai Inisiatif Strategis Arsitektur SPBE Nasional.

Berdasarkan Inisiatif Strategis Arsitektur SPBE Nasional hingga tahun 2024 terkait dengan relasi pada rangka satu data Indonesia, BIG juga bertugas untuk : menyelenggarakan layanan manajemen data geopasial sesuai kerangka kebijakan satu data Indonesia, menerapkan BIG data pemerintah untuk data geopasial dan menerapkan kecerdasan artifisial untuk data geopasial.

”Mimpi besarnya pemerintah itu adalah kita akan punya portal nasional pelayanan publik, fondasi itu ada di Data statistic, Data geospasial (BIG), Data keuangan dan Data kependudukan. Nah kita, beruntung sudah membangun jaringan IG Nasional, karena BIG sendiri kalo tidak punya ini tidak bisa menyiapkan IG dasar”, ujar Rahman.

Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) salah satu sistem yang dapat digunakan untuk melakukan jaringan berbagi pakai data yang dihasilkan. Untuk itu Badan Informasi Geospasial telah mendorong dan melakukan pembinaan terhadap simpul jaringan di Kabupaten/Kota sebanyak 259, kementerian terdapat 20 simpul jaringan, lembaga terdapat 10 simpul jaringan, dan provinsi terdapat 34 simpul jaringan.