Jakarta, Komite.Id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-25 PSMTI, Dept. Sosial Kemasyarakatan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) melakukan kegiatan sosial yang dijalankan berupa pemeriksaan THT gratis bagi anak sekolah kolong jembatan.

Kegiatan tersebut digelar bertepatan dengan hari lahirnya PSMTI pada tanggal 28 september 2023 dan dilangsungkan di kolong jembatan pluit, Jakarta Barat, Kamis (28/09/2023).

Sejumlah pengurus PSMTI ikut hadiri, di antaranya Dewan Penyantun PSMTI Abraham Rudy; Wakil Ketua Umum (WKU) PSMTI Dept. Kaderisasi dan Kepemudaan Johnny Situwanda dan WKU PSMTI Dept. Sosial, Lingkungan Hidup dan Kesehatan Oey Lusiana.

Selain itu, juga hadir Ketua 1 Persatuan Jaksa Republik Indonesia (PERSAJA) yang juga sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Dr. Reda Manthovani. Untuk menyukseskan kegiatan ini, PSMTI menggandeng PERSAJA dan Mandaya Royal Hospital Puri.

Ada ratusan anak yang menjalani  pemeriksaan dan mereka adalah anak-anak prasejahtera yang tinggal di bawah kolong jembatan Pluit. Mereka diperiksa oleh enam dokter dari Mandaya Royal Hospital Puri, hyang terdiri dari dokter spesialis THT, dokter umum dan dokter kandungan. Pemeriksaan kepada anak, dimulai dari mulut, tenggorokan dan mata oleh dokter spesialis THT . Selain itu, anak yang merasakan keluhan sakit juga ikut diperiksa oleh dokter umum.

Setelah menjalani pemeriksaan , setiap anak  diberikan vitamin, sedangkan bagi yang mengeluh sakit diberikan obat sesuai dengan penyakit yang  dikeluhkan. Kebanyakan sakit yang dikeluhkan anak, demam, batuk dan flu.  Tidak hanya untuk anak, pemeriksaan juga dilakukan bagi para ibu yang sedang hamil.

Selain pemeriksaan Kesehatan gratis, PSMTI juga memberikan pelatihan kepada masyarakat. Pelatihan tersebut berupa pembuatan sabun untuk cuci tangan dan cuci piring. Pelatihan ini mendapat antusias dari kaum Ibu, bahkan di antara mereka ada yang tertarik untuk mencoba di rumah.

WKU PSMTI Dept. Sosial, Lingkungan Hidup dan Kesehatan Oey Lusiana mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PSMTI yang selalu menyatu dengan masyarakat dan melayani masyarakat. Oleh karena itu, kegiatannya tidak hanya memfokus kepada kesehatan masyarakat, namun juga kehadiran PSMTI dapat membantu melatih d masyarakat membuka usaha, seperti pelatihan membuat sabun.

“Tujuan utamanya adalah membantu masyarakat dimana kami bukan hanya membantu dalam Kesehatan kami juga memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada Masyarakat. Setelah pemeriksaan Kesehatan, kami mengajarkan dan membina para orangtua untuk membuat sabun pencuci piring. Pembuatan sabun ini, kami harapkan dapat membuka kemauan orang tua untuk membangun UMKM,” kata Lusi kepada sejumlah awak media.

WKU PSMTI Dept. Kaderisasi dan Kepemudaan Johnny Situwanda mengatakan PSMTI tidak pernah putus membantu masyarakat, apalagi dalam bidang Kesehatan. Oleh karena itu, kegiatan pemeriksaan THT secara gratis ini tidak berakhir sampai di sini, namun terus berlanjut dengan pemeriksaan Kesehatan lainnya.

“Bahkan salah satu kegiatan PSMTI adalah seperti ini melakukan bantuan terhadap Masyarakat baik di bidang Kesehatan, kesejahteraan, dan lain-lain. Itu lah yang sering dilakukan PSMTI. Kegiatan seperti Ini akan berlanjut dan terus diselenggarakan oleh PSMTI yang berkolaborasi dengan pihak-pihak lain seperti PERSAJA,” kata Johnny.

“Jadi mereka memiliki kemauan untuk merawat dirinya sendiri dan menyehatkan dirinya serta memajukan diri mereka sendiri sehingga mereka antusias sekali dan mereka mematuhi aturan yang diberlakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua 1 PERSAJA Dr. Reda Manthovani mengatakan pemeriksaan THT sangat penting untuk anak. Karena dengan THT yang sehat, maka anak akan nyaman dan optimal dalam menyerap materi pembelajaran.

“Pendengarannya harus bagus, kesehatan hidungnya juga harus baik agar jalannya belajar mengajar itu bisa berjalan baik dan masa depan mereka menjadi lebih cerah,” kata Reda.

Menurut Reda, PERSAJA dan PSMTI siap untuk membantu. bagi anak atau ibu yang harus menjalani pemeriksaan lanjutan setelah menjalani pemeriksaan kesehatan gratis.

Seperti diketahui aksi sosial dalam rangka memperingati HUT PSMTI ke-25 dilakukan secara serentak di seluruh di Indonesia. Untuk di Jakarta, aksi sosial ini telah dimulai pada Jumat, 22 September 2023, berupa aksi donor darah yang dilangsungkan di Ukrida dan berlanjut keesokan harinya, aksi sosial serupa di Lippo Mall Puri.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.