Jakarta, Komite.id – Zhang menjabat sebagai presiden dan CEO Alibaba Cloud Intelligence Group mulai tahun 2022, dan juga menjabat sebagai CEO Alibaba sejak tahun 2015 dan ketua sejak tahun 2019.

Saham raksasa teknologi China Alibaba turun 3,5% pada hari Senin, setelah perusahaan tersebut secara tak terduga mengumumkan bahwa CEO yang keluar Daniel Zhang  juga akan mengundurkan diri sebagai presiden dan CEO bisnis cloud-nya.

Langkah ini dilakukan beberapa bulan setelah Alibaba mengumumkan pada bulan Juni bahwa Zhang akan mengundurkan diri sebagai ketua dan CEO Alibaba Group untuk fokus pada unit intelijen cloud.

Eddie Wu, yang ditetapkan untuk menggantikan Zhang sebagai CEO dan direktur Alibaba Group mulai September, kini juga akan menjadi presiden sementara dan CEO bisnis cloud perusahaan tersebut, kata  dalam sebuah pernyataan di bursa saham Hong Kong, Minggu.

Dalam perombakan manajemen yang mengejutkan pada bulan Juni, Alibaba mengumumkan bahwa Zhang akan mengundurkan diri sebagai CEO dan ketua pada 10 September untuk fokus pada bisnis intelijen cloud.

Salah satu pendiri Wu akan menjadi CEO dan direktur, sedangkan salah satu pendiri lainnya, Joseph Tsai, akan menjadi ketua mulai bulan September, raksasa e-commerce tersebut mengumumkan pada saat itu.

Zhang menjabat sebagai CEO Alibaba Group sejak tahun 2015 dan Ketua Grup sejak tahun 2019. Ia juga menjabat sebagai Ketua dan CEO Alibaba Group Cloud Intelligence mulai tahun 2022.

“Dewan direksi kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tuan Zhang atas kontribusinya kepada Alibaba Group selama 16 tahun terakhir,” kata Alibaba dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

Zhang akan terus berkontribusi pada Alibaba dengan “menularkan keahliannya dengan cara lain,” menurut surat internal kepada karyawan yang dilihat oleh Reuters, yang  mengatakan Alibaba akan menginvestasikan 1 miliar USD ke dalam dana teknologi yang akan didirikan Zhang.

“Perusahaan akan terus melaksanakan rencana yang diumumkan sebelumnya untuk memisahkan Alibaba Cloud Intelligence Group di bawah kepemimpinan tim manajemen terpisah yang akan ditunjuk” sesuai dengan rencana restrukturisasi dan persetujuan, kata Alibaba.

Pada bulan Mei, Alibaba juga mengumumkan rencana untuk memisahkan divisi cloud-nya menjadi perusahaan publik yang terpisah.

Sebagai bagian dari rencana restrukturisasi besar-besaran yang diluncurkan pada bulan Maret, Alibaba dibagi menjadi enam grup bisnis, membuka jalan bagi setiap unit untuk mengumpulkan modal dari luar dan melakukan IPO.

Alibaba menghadapi perlambatan pertumbuhan ekonomi domestik dan peraturan yang lebih ketat dari Beijing, yang menyebabkan miliaran dolar terhapus dari harga sahamnya.

Sejak Desember tahun lalu, Zhang telah memegang tiga posisi sebagai kepala divisi cloud menyusul apa yang digambarkan sebagai “pemadaman listrik skala besar terlama” dalam lebih dari satu dekade.

Peran CEO akan diberikan kepada Eddie Yongming Wu, presiden Tmall dan Tmall Group Alibaba.

Sementara itu, Wakil Ketua Eksekutif Joseph Tsai akan mengambil alih peran ketua dari Zhang.

Perusahaan mengatakan kedua penunjukan tersebut akan berlaku efektif pada 10 September.

“Penunjukan Daniel untuk fokus pada manajemen cloud benar-benar menunjukkan  kepercayaan dirinya dalam mendukung bisnis,” kata Brian Wong, mantan karyawan Alibaba dan penulis “The Tao of Alibaba.” perusahaan paling menguntungkan”. Menurut Wong, Zhang akan mampu mengembangkan bisnis cloud perusahaannya dengan baik seiring dimulainya era kecerdasan buatan (AI).

Zhang bergabung dengan Alibaba pada tahun 2007. Mantan akuntan ini dikenal sebagai arsitek di balik festival belanja tahunan “Singles’ Day” yang diadakan perusahaan tersebut.

Dia  menjabat sebagai CEO sejak tahun 2015 dan menjadi ketua pada tahun 2019, mengambil alih kedua peran tersebut dari salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma.

Perusahaan berterima kasih kepada Zhang atas “kepemimpinannya yang luar biasa selama periode ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya yang berdampak pada bisnis perusahaan selama beberapa tahun terakhir.”

Rencananya unit bisnis e-commerce termasuk Taobao dan Tmall akan tetap dimiliki sepenuhnya oleh Alibaba. Namun lima unit sisanya akan dipisahkan.  Mei lalu, Alibaba bertujuan untuk mengumumkan divisi cloud-nya dalam 12 bulan ke depan.

Alibaba menghadapi perlambatan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri dan peraturan yang lebih ketat dari Beijing, yang telah menyebabkan miliaran dolar terhapus dari harga sahamnya.
.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.