Jakarta, Komite.id – Vlad Hu memulai karirnya sebagai insinyur perangkat lunak dan akhirnya mendirikan perusahaan perangkat lunaknya sendiri, tetapi selama setahun terakhir telah muncul peluang kerja yang besar sebagai seorang profesional. Perangkat lunak profesional dan independen di bidang kecerdasan buatan. Huy tidak sendirian. Kemunculan AI yang inovatif dengan cepat membentuk kembali pasar teknologi freelance, dengan lowongan pekerjaan terkait AI dari pemberi kerja dan penelusuran oleh pencari kerja yang meroket di seluruh dunia. platform dan layanan karier dan startup, termasuk LinkedIn, Upwork, dan Fiverr.

Hu, yang bekerja dengan Fiverr dalam proyek implementasi chatbot, mengatakan tiga tahun lalu bahwa menjadi ahli AI memerlukan “pengetahuan mendalam tentang algoritme pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam tentang AI secara umum, dan banyak faktor teknis lainnya”.

Menurut data  Indeed, jumlah total lowongan pekerjaan terkait AI meningkat hampir 250% di platformnya dari Juli 2021 hingga Juli 2023. Menurut LinkedIn – yang dimiliki oleh Microsoft, salah satu pendukung utama OpenAI – sejak model bahasa raksasa ini pertama kali diumumkan pada November 2022, penelusuran oleh anggota LinkedIn mengenai cakupan genom AI terus meningkat. Sejak awal April, jumlah postingan anggota LinkedIn AS yang menyebutkan kata kunci AI Genes telah meningkat 25% dari bulan ke bulan. Pada bulan Juni, kata kunci AI seperti “ChatGPT”, “Teknik Mengemudi”, dan “Rapid Manufacturing” ditambahkan ke profil 15 kali lebih sering dibandingkan awal tahun.

“Banyak perusahaan ingin mengintegrasikan AI ke dalam platform bisnis mereka dan bekerja sama dengan pengembang independen yang memenuhi syarat,” kata juru bicara Fiverr.

Foto : OpenAI and ChatGPT logos are seen in this illustration taken. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Hu mengatakan perusahaan yang tertarik untuk memperkenalkan ChatGPT atau bot AI serupa ke dalam aplikasi mereka sering kali menghubunginya untuk mempelajari teknologi tersebut. Menurut juru bicara tersebut, Fiverr juga melihat peningkatan minat dalam membuat video terkait AI selama enam bulan terakhir, serta perekrutan dari perusahaan yang mencari pakar pengembangan  dan aplikasi AI.

Menurut LinkedIn, permintaan terhadap profesional AI independen akan terus meningkat,  dengan survei  eksekutif pada bulan Juni menunjukkan bahwa 44% orang Amerika berniat untuk memperluas penggunaan teknologi AI dalam pekerjaan mereka pada tahun depan; 47% mengatakan mereka berharap hal ini akan meningkatkan produktivitas.

“AI telah mendorong perubahan di dunia kerja,” tulis Dr. Karin Kimbrough, kepala ekonom di LinkedIn. Dia mengungkapkan dalam laporan baru-baru ini  bahwa hampir separuh eksekutif mengatakan AI akan meningkatkan produktivitas. “Selama setahun terakhir, kami telah melihat para profesional di seluruh dunia mengadopsi keterampilan AI dengan sangat cepat; Hal ini terjadi pada saat semakin banyak perusahaan mencari talenta yang mengetahui cara menggunakan teknologi AI baru secara efektif untuk meningkatkan produktivitas organisasi mereka.

Ada peluang bagi pekerja lepas AI yang sangat terampil untuk memanfaatkan kekurangan keterampilan AI di antara para profesional yang ada di industri ini, di semua sektor ekonomi. Misalnya, di pasar kerja AS, bidang yang diklasifikasikan LinkedIn sebagai Teknologi, Informasi, dan Komunikasi memiliki jumlah anggota  yang paham AI tertinggi, yaitu hanya 2,2%. Industri lain juga mengalami adopsi keterampilan inti AI yang pesat, termasuk jasa keuangan dan ritel, namun proporsi karyawan berketerampilan tinggi saat ini sangat rendah.

Platform freelancing Upwork, yang baru-baru ini menandatangani kesepakatan dengan OpenAI untuk menghubungkan bisnis dengan para ahli yang memahami model bahasa utamanya, mengatakan jumlah total keterampilan AI yang didekati oleh pasar para ahli adalah lebih dari 250. Menurut Margaret Lilani, wakil presiden solusi bakat di Upwork, meskipun ada banyak jalur menuju konsultasi AI, latar belakang yang kuat dalam ilmu komputer, pengetahuan tentang algoritme pembelajaran mesin, pemrograman kemahiran bahasa seperti Python, atau pengalaman dalam manajemen dan analisis data. sering dibutuhkan dalam berbagai tugas profesional.

Banyak pakar AI juga memiliki gelar sarjana atau pengalaman  terkait, seperti gelar sarjana atau magister di bidang ilmu komputer atau teknik. Namun, “pada akhirnya, bekerja di AI adalah tentang menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan, kemampuan, dan keahlian untuk mengerjakan proyek tertentu,” kata Lilani.

Di perusahaan pembelajaran online Udacity,  minat terhadap kursus berbasis AI telah tumbuh sebesar 33% pada tahun lalu : pembelajaran mendalam, pemrograman AI dengan python, AI untuk Perdagangan, Teknik Pembelajaran Mesin DevOps, Komputasi Visi Mesin, dan Pemrosesan Bahasa Alami merupakan beberapa kursus dengan permintaan tinggi. “Untuk memenuhi permintaan ini, sekitar 20% dari saluran konten kami sekarang mencakup konten yang terkait dengan AI umum,” kata Victoria Papalian, manajer umum divisi konsumen ‘Udacity, AI umum dan umum”.

Bagi  yang belum memasuki dunia kerja dan tertarik dengan bidang AI, Lilani menyarankan untuk memulainya sejak dini dengan mengambil kursus ilmu komputer. Dia mengatakan platform tersebut akan dibangun dengan bahasa pemrograman yang penting untuk keahlian AI, terutama bagi siswa sekolah menengah yang ingin mengenal dasar-dasar banyak bidang AI. Dia menambahkan bahwa metode pengajaran independen, termasuk video YouTube atau blog yang berfokus pada keterampilan AI, semakin banyak dicari di pasar kerja. Mempelajari konsep dan alat baru seperti ChatGPT akan menjadi penting seiring kemajuan karier semua jenis profesional di berbagai industri.

Hu menyarankan untuk memulai dari dasar, termasuk menggunakan alat OpenAI, seperti ChatGPT, ChatGPT API, Dall-E, dan Davinci. Namun ia menambahkan bahwa penguasaan AI  hanyalah  permulaan. Meluangkan waktu untuk menentukan cara menggunakan alat-alat ini dalam bisnis sangatlah penting. Nilai AI dibatasi oleh penerapan teknologi oleh pengguna, sehingga pengetahuan harus dilengkapi dengan niat untuk menggunakannya. “Yang paling penting adalah bagaimana Anda menjembatani kesenjangan tersebut dengan permasalahan di dunia nyata,” kata Hu.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.