F1 Powerboat 2023, Kemkominfo Fasilitasi Jurnalis dengan Jaringan Internet Berkekuatan Tinggi

0
862
Dok. Infopublik.id

Jakarta, Komite.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memfasilitasi dan memberikan kemudahan kepada ratusan jurnalis dalam dan luar negeri yang melakukan peliputan kejuaraan dunia perahu motor Formula (F1 Powerboat) 2023 Danau Toba, di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Upaya tersebut dilakukan agar gaung kemampuan Indonesia dalam menggelar kegiatan bertaraf internasional sampai ke ujung dunia. Namun lebih penting lagi adalah turut menyebarnya keindahan alam dan hospitality masyarakat, ke berbagai pelosok.

Imbasnya adalah Danau Toba, dan Indonesia umumnya akan menjadi magnet kunjungan wisatawan dunia. Demikian dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menggelar konferensi pers di Media Center Kominfo F1 Powerboat Lake Toba 2023 di Balige, Sabtu (25/02).

Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian Kominfo dikatakan Johnny G. Plate tidak hanya membangun Media Center tempat kerja para jurnalis, tapi juga dukungan kekuatan dan infrastruktur jaringan telekomunikasi di sekitar Danau Toba.

“Di wilayah Danau Toba telah dibangun 1.064 kilometer panjang fiber optik. Itu tersebar di 22 kecamatan dari 30 kecamatan yang ada di sekitar Danau Toba,” kata Menteri Kominfo Johnny, seperti mungutip InfoPublik.id, Senin (27/02).

Jaringan internet yang disiapkan pun berkapasitas cukup besar yang tergantung pada kebutuhan pengguna. Di antaranya sinyal jaringan 2G sebanyak 971 BTS, 3G sebanyak 339 BTS, 4G sebanyak 1.979 BTS dan 5G experience sebanyak 4 BTS.

“Jadi kegiatan F1 Powerboat di Danau Toba juga didukung dengan sinyal seluler 5G. Intinya kami memberi dukungan yang penuh dan dukungan atas kesuksesan penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba ini,” katanya.

Tercatat 101 media telah mendaftar untuk meliput F1 Powerboat Lake Toba 2023. Rinciannya terdiri dari 40 media internasional, 23 media nasional dan 38 media lokal. Jumlah jurnalis secara keseluruhan sebanyak 152 orang, yang terdiri dari 44 jurnalis asing, 56 jurnalis nasional dan 52 jurnalis lokal. Jumlah itu masih ditambah dengan 13 humas dari kementerian dan lembaga, serta humas pemerintah daerah sebanyak 97 orang.

Johnny pun berharap pemberitaan F1 Powerboat di Danau Toba dan keindahan alamnya akan menjangkau 180 juta pemirsa di seluruh dunia.

“Hal ini sama juga dengan target penyelenggara. Target penyelenggara juga untuk menjangkau 180 juta viewers internasional,” tutur Menteri Johnny.

Dengan begitu, melalui F1 Powerboat ini, tempat pariwisata di Indonesia bisa dikenal di dunia internasional. Hal ini pastinya akan berdampak besar terhadap perekonomian dunia pariwisata di Indonesia, khususnya di Balige.

Kementerian Kominfo menyediakan dua Media Center F1 Powerboat 2023, yaitu berlokasi di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu dan di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Toba. Kehadiran dua Media Center itu akan memudahkan media dan jurnalis melakukan peliputan dan pengiriman berita terkait event F1 Powerboat di Danau Toba.

“Karena kondisi wilayah memang terbatas, sementara media membutuhkan space yang besar karena melibatkan banyak peralatan dan orang, maka kita perlu sediakan dua tempat,” imbuh Menkominfo Johnny.

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.