Jadi Keynote Speaker DataSecurAI 2023, Ketua MPR Bamsoet Soroti ASEAN Cyber Security

0
879
Dok. ABDI

Jakarta, Komite.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjadi Keynote Speaker dalam Websummit DataSecurAi 2023 yang menjelaskan tentang lahirnya ASEAN Cyber Security Coorporation Strategy untuk Bangun Kapasitas ruang Keamanan Siber.

Asosiasi Big Data dan AI (ABDI) sudah kali ke-empat menggelar DataSecurAi 2023 yang  akan diselenggarakan pada Selasa dan Kamis, (7 & 9 Maret 2023) pukul 13.00 – 17.00 WIB.

Mengusung tema besar “Building Secure, Trusted & Competitive Intelligent Nation”, dan sub tema perhari (Day 1) “Data & Cyber Security” dengan membahas ASEAN Cyber Security, (Day 2) “National Resilience for Better Indonesia” yang berfokus pada sektor Industry, Market dan Economi Resilience.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bahwa rumusan tema tersebut selaras dengan tema Indonesia dalam ASEAN 2023 yakni “ASEAN Matter: Epicentrum of Growth”. “Tema ini mengisyaratkan komitmen untuk menjadikan ASEAN sebagai lokomotif dalam mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan stabil sekaligus juga menjadikan Asia Tenggara sebagai Pusat pertumbuhan ekonomi,” kata Bambang Soesatyo, dalam keterangannya, Kamis (23/02).

Menurut Bamsoet, keinginan untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, dapat dilihat optimisme dari penilaian ASEAN Develpoment Bank yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi ASEAN pada tahun 2023 akan mencapai 4,7 persen. Di saat proyeksi pertumbuhan ekonomi global diperkirakan Bank Dunia hanya mencapai 1,7 persen lebih tinggi.

“Untuk merealisasikan komitmen tersebut, tentunya membutuhkan kesiapan dari segenap elemen, khususnya dalam kerangka penguatan kompetensi ASEAN untuk menjawab berbagai tantangan global,” jelas Bamsoet.

Ketua DPR RI Ke-20 ini menjelaskan, bahwa perlindungan data menjadi isu penting  di tengah kelompatan kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi. Situasi pandemi COVID-19 saat ini telah mendorong percepatan digitalisasi dan migrasi sektor bisnis dan aktivitas sosial masyarakat dalam menuju era Cyber Space (dunia maya) dan Metaverse (realitas virtual).

Diketahui, ABDI turut menghadirkan pembicara dari pemangku kepentingan di antaranya, Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Ketua Kosgoro 1957 Dave A Fikarno, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksamana Madya Amarulla Octavian, yang dimoderatori oleh Executive Director of Indonesia ICT Institute Heru Sutadi(Day 1), dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Serbia 2010-2014 Semuel Samson serta Angela Shirley sebagai MC.

Selanjutnya, dari stakeholder terkait seperti BCA, Dell Technologies, Microsoft Indonesia, Polytron, AMD Indonesia, Blibli dan lain sebagainya.

Sebagai acara akbar tahunan ABDI, websummit DataSecurAI 2023 juga menjadi deklarasi buku ABDI seri ke-enam yang ditulis bersama dengan para pakar berjudul “Revolution in Data Science, AI, Cybersecurity & Metaverse That will impact Economy, Industry, Market & Society”.

Untuk dapat menyaksikan Keynote dari Bambang Soesatyo secara lengkap, Anda bisa mengikuti acara Websummit DataSecurAi 2023 dengan mendaftar melalui link Form Registrasi sebagai berikut: https://bit.ly/datasecurai-2023