Audiensi Abdi dengan Wamendag Jerry Manfaatkan Momentum Asean Chairmanship dan Persiapan Websummit DataSecurAI 2023

0
1001
Potret Ketum ABDI dan jajaran pengurus ABDI beserta beberapa stakeholder melakukan audiensi dengan Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, di Kantor Kementerian Perdagangan RI, Jakarta Pusat, Senin (06/02). Dok. Komite.id/Firli

Jakarta, Komite.id – Ketua Umum Asosiasi Big Data dan AI (ABDI) Rudi Rusdiah melakukan audiensi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI yang diterima langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dr. jerry Sambuaga, di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (06/02).

Audiensi rombongan ABDI ini disambut baik oleh Wamendag Jerry dengan suasana yang ramah. Ketum ABDI Rudi Rusdiah menyampaikan maksud dan tujuannya untuk kembali mengundang Dr Jerry Sambuaga berpartisipasi menyampaikan keynote speech dengan topik Ketahanan Ekonomi dan Perdagangan Luar Negeri RI dikaitkan pada momentum Indonesia sebagai Ketua Asean Summit 2023 pada event ABDI pada tahun 2023 yakni DataSecurAI 2023 (07 & 09 Maret 2023), Satu Data Indonesia (4 & 6 Juli 2023) dan DataGovAI 2023 (7,9 & 14 November 2023).

Tahun 2022, Dr Jerry menyampaikan keynote usai mengikuti acara puncak G20 di Bali dan APEC Summit di Bangkok.

Adapun pertemuan ini ABDI selenggarakan untuk berkoordinasi dengan Wamendag Jerry dalam menyelenggarakan Websummit DataSecurAI 2023 pada tanggal 7-9 Maret 2023 mendatang.

Dalam hal ini, Ketum ABDI juga menyerahkan anugerah penghargaan DataGovAI 2022 kepada Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, untuk kategori dalam kategori Best Data & AI Technology di sektor Perdagangan dan Perekonomian Indonesia. Wamendag RI, Dubes Jerman untuk RI, Dubes WTO serta para Diplomat dan lawyer telah berjuang sesuai pesan Presiden Jokowi untuk melawan gugatan EU yang tidak ingin RI membangun hilirisasi SDA dan pembangunan smelter antara lain nikel, untuk meningkatkan value added dari produk ekspor RI ke Eropa, karena mengancam pasokan bahan mentah industry baja EU.

Seperti sukses Indonesia sebagai Presidensi G20 mempersatukan negara anggota G20, jika Indonesia kembali berhasil memanfaatkan momentum kebersamaan Keketuaan di Asean 2023, maka kita memiliki kekuatan setara dengan jumlah penduduk di Asean yang berjumlah 650 juta(10 negara) , jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk EU, yang hanya 447 juta (27 negara) mewujudkan Asean Matters & Epicentrum of Growth. Bersatu kita, Asean teguh, meski Myanmar kawasan di Asean yang masih bergejolak.

Seperti diketahui, Indonesia memegang Keketuaan ASEAN Tahun 2023. Dilansir dari setneg.go.id, Presiden Joko Widodo secara simbolis menerima palu sebagai tanda estafet Keketuaan ASEAN dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Penyerahan tersebut berlangsung pada Upacara Penutupan KTT ke-40 dan ke-41 serta KTT Terkait lainnya bertempat di Hotel Sokha Phnom Penh, Kamboja, Minggu (13/11/2022).

Sehingga, hal ini menjadi kesempatan Indonesia untuk bisa memanfaatkan tahun lalu sebagai Presidensi /Host G20 dan tahun 2023 ini sebagai Ketua / Chair Asean 2023 dimana kekuatan regional Komunitas Ekonomi Asean yang cukup signifikan di dunia menghadapi Komunitas Uni Eropa (EU).

Dr Jerry juga sudah sejak sebagai anggota DPR Komisi 1 membidani draft RUU PDP (Perlindungan Data Pribadi) dan sebagai Wakil Menteri Perdagangan melaksanakan UU PDP untuk meningkatkan kedaulatan dan ketahanan ekonomi serta perdagangan ecommerce cross border maupun didalam negeri.

Terkait dengan Perdagangan Kripto, Wamendag Jerry menilai perdagangan asset kripto dibawah Bappepti, Kemendag sukses meningkatkan perdagangan di bursa kripto dan mendorong ekspor nasional. Dari 383 macam token yang terdaftar di Bappepti 10 diantaranya merupakan token lokal inovasi anak bangsa.

Perdagangan asset kripto mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan 2 tahun terakhir ini. Pada 2021, nilai transaksi asset kripto sudah diatas Rp 850 triliun (2021)e meningkat 1224 % dari Rp 64.9 triliun(2020), meski nilai transaksi tercatat Rp 266,9 Triliun, turun 57,8% (2022) dengan jumlah pelanggan mencapai 16,3 juta atau lebih dari 690,000 pelanggan setiap bulannya.

Bahwa kemudian, rencana pemindahan pengawasan dan regulasi aset kripto dari Bappepti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dibawah Kementerian Perdagangan bukan masalah, selama konsumen bisa terlindungi. DPR sedang menggodok Rancangan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) yang salah satunya mengalihkan pegawasan dan regulator aset kripto ke Otoritas Jasa Keuangan dan/atau Bank Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Ketum ABDI didampingi oleh jajaran pengurus ABDI antara lain Adrian Kasmirus, FX Winarto, Anton Nangoi, beserta beberapa stakeholder di antaranya Business Development Manager AMD Indonesia Brando Lubis, Senior Solution Architect AMD ASEAN, Eric Sugiono, Creative Director WIR Group Primo Rizky, Head of Communications WIR Group Kurniati, SVP / Head of Legal and Compliance Blibli Yudhi Pramono, VP of Information Security Blibli Rendra Perdana Satria, Country Business Manager – OEM Business and IoT Lead Dell Technologies, Ryan Renaldy dan Polytron Joegianto.

Pada kesempatan tersebut, Rudi Rusdiah berharap hubungan baik ABDI dan Kementerian Perdagangan RI bisa terjalin secara berkelanjutan diberbagai kegiatan ABDI. Selain itu, ABDI juga berharap bisa mendukung kegiatan-kegiatan Wamendag Jerry dalam meningkatkan Ketahanan Indonesia di Perdagangan Global dan Asean Economic Community.