Maksimalkan Publikasi, PSMTI Resmi Luncurkan Website

0
728
Potret Peluncuran Website PSMTI oleh Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta di dampingi Martinus Johnnie Sugiarto dan Wani Sabu dengan menekan tombol menggunakan telapak tangan, di Restoran Sun City, Jakarta Pusat , Senin (30/01)

 

Jakarta, Komite.id – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) secara resmi menggelar peluncuran Portal Website PSMTI (https://psmti.or.id). Peluncuran dilakukan oleh Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta didampingi Koordinator Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Digital dan Teknologi Informasi, Marga, Ormas dan Hubungan Luar Negeri Martinus Johnnie Sugiarto dan WKU Bidang Digital dan Teknologi Informasi Wani Sabu yang diselenggarakan di Restaurant Sun City, Lindeteves Trade Center, Jakarta Pusat, Senin (30/01/23).

WKU Dept. Digital dan Teknologi Informasi Wani Sabu mengungkapkan bahwa butuh ketelitian dan kehati-hatian agar website yang dibuat benar-benar bermanfaat untuk kepentingan organisasi, bangsa dan negara. Karena itu proses pembuatannya memakan waktu hingga enam bulan.

“Kami membuat website ini sekitar 6 bulan, karena kita nggak mau bikin website yang sederhana seperti itu, tapi kita ingin bikin website yang benar-benar mumpuni bermanfaat untuk PSMTI, terutama untuk masyarakat Tionghoa Indonesia,” tutur Wani Sabu.

Dirinya menjelaskan alasan pembuatan website yang memakan waktu hingga 6 bulan. “Karena kami tidak mau website kami ini ada kebocoran atau melanggar Undang-undang ITE, sehingga di tim saya itu, ada yang dari IT Security yang memastikan bahwa website kita aman,” tambah Wani Sabu.

Menurut Wani Sabu, website ini nantinya akan menjadi big data PSMTI, sehingga dapat memudahkan anggota PSMTI dalam mencari data yang berhubungan dengan organisasi. Saat ini data yang masuk ke dalam website, belum 100 persen sempurna. Oleh karena itu, butuh kontribusi dari seluruh anggota PSMTI untuk memasukan data yang dianggap penting bagi kebutuhan organisasi.

“Kita mau menjadikan website ini sebagai big datanya psmti. Jadi kalau big data itu nggak bisa sekali jadi harus sedikit-sedikit hingga akhirnya menjadi big data yang bisa kita bangun dan bermanfaat buat kita,” ujar Wani Sabu.

Seperti yang diketahui, website merupakan sebuah strategi komunikasi yang sangat relevan dalam menginformasikan segala kegiatan yang dilakukan kepada masyarakat luas. Tentunya, di era digitalisasi saat ini, kehadiran website menjadi penting untuk mengetahui beragam kegiatan PSMTI.

Selain itu, website juga menjadi salah satu opsi bagi masyarakat untuk mengenal lebih dekat dengan suatu instansi. Terlebih, dengan banyaknya jumlah anggota PSMTI yang telah tersebar ke 32 Provinsi serta 300 cabang di Kota/Kabupaten se-Indonesia.

Dengan banyaknya kegiatan sosial, budaya dan pendidikan yang dilakukan PSMTI, fungsi website pun menjadi sangat bermanfaat bagi sesama pengurus dan anggota PSMTI di seluruh Indonesia untuk saling mengetahui tentang kegiatan apa saja yang sedang dilakukan baik di Pusat maupun Daerah.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta menyampaikan terima kasih kepada Wani Sabu dan tim yang telah bekerja keras membangun website PSMTI. Menurut Wilianto, kehadiran website bagi sebuah organisasi sosial sangat lah penting, karena dapat menjadi sumber informasi yang berkaitan dengan organisasi.

“Website ini menjadi kebutuhan buat kita sebagai paguyuban yang bergerak di bidang sosial. Oleh karena itu apapun kegiatan kita perlu dipublikasikan, agar masyarakat tahu, apa yang sudah kita buat untuk kebaikan bangsa dan negara ini,” imbuh Wilianto.

Pria yang akrab disapa Wili ini, berpesan kepada seluruh pengurus dan anggota PSMTI untuk memanfaatkan website ini sebaik mungkin untuk kepentingan bersama.

“Saya minta semua ketua-ketua provinsi, kabupaten/kota, apa pun kegiatannya beritakan di website kita. Keunggulan website ini, sebenarnya seluruh informasi bisa kita tampung baik promosi, iklan, kegiatan-kegiatan anggota, jadi luas bisa informasi apa saja,” ujarnya.

Tak hanya itu, peluncuran website ini juga diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi ter-update dari PSMTI sehingga masyarakat bisa lebih mudah mengenal PSMTI dan informasi yang disajikan bisa lebih tepat sasaran, baik itu saat menyelenggarakan kegiatan bantuan sosial, donor darah dan lain sebagainya.

Selanjutnya, Ketua PSMTI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johnny Lieke mengungkapkan peluncuran Website PSMTI ini memiliki banyak manfaat. Yang pertama, seluruh anggota, pengurus serta simpatisan PSMTI se- Indonesia bisa melihat berbagai macam kegiatan yang dilakukan PSMTI, yakni pengurus-pengurus baik pusat maupun daerah dan provinsi-provinsi yang ada di Indonesia. Saat ini sudah ada beberapa provinsi yang baru dilantik, salah satunya Sulawesi Utara.

Mengingat kondisi saat ini di Indonesia juga terdapat beberapa bencana, contohnya bencana terbaru yang terjadi di Sulut baru-baru ini tentunya kegiatan tersebut bisa menjadi perhatian bagi PMSTI seluruh Indonesia.

“Website itu berguna menjadi sumber informasi agar bisa saling membagi dan mengetahui perkembangan yang ada di berbagai pelosok Indonesia. Dan kepentingan dari website ini juga menjadi informasi untuk para anggota baru ataupun simpatisan yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai PSMTI. Karena, untuk bisa bergabung dengan PSMTI tentunya harus memahami apa visi dan misi serta kegiatan maupun harapan yang akan dilakukan dari organisasi ini ke depan. Jika, seluruh pengurus bisa memahami dan bersatu, tentunya visi dan misi dari PSMTI sebagai organisasi atau Lembaga sosial ini akan berjalan dengan baik,” kata Johnny.

Dirinya melanjutkan, bahwa tidak hanya di Indonesia, tetapi PSMTI bisa diketahui oleh berbagai organisasi maupun masyarakat yang ada di luar negeri. Karena PSMTI bersifat sosial, maka bisa menjadi program bersama dalam kegiatan-kegiatan sosial yang ada di Indonesia.

Menurutnya, adanya semangat dari Ketua Umum untuk membangun dan bergerak dengan cepat untuk kegiatan sosial di Indonesia, tentunya disambut dengan positif oleh seluruh pengurus, sehingga semangat dari Ketua Umum menjadi semangat dari seluruh pengurus yang ada di Indonesia.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan Penyerahan Pataka Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti) – PSMTI sebanyak tujuh Pataka yang di antaranya untuk pengurus Perwanti-PSMTI Baru, Perwanti-PSMTI Provinsi Kalimantan Barat, Perwanti-PSMTI Provinsi Sumatera Utara, Perwanti-PSMTI Provinsi Riau, Perwanti-PSMTI Provinsi Banten, Perwanti-PSMTI Provinsi Jawa Tengah, dan Pataka PSMTI Pusat.

 

Humas PSMTI 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.