Menparekraf Luncurkan KEN 2023 Bangkitkan Event Daerah Berkualitas

0
640
Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

 

Dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja yang lebih luas

Jakarta, Komite.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan program “Karisma Event Nusantara (KEN) 2023” di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Sabtu, (28/1/2023) sebagai upaya menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas.

Di tahun ketiganya, Karisma Event Nusantara kembali merangkum 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia. Dalam hal ini, prosesi kurasi KEN 2023 telah dilakukan pada November-Desember 2022 melalui tiga tahapan utama, yakni seleksi administrasi, konsep dan wawancara.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kurasi KEN 2023 berdasar pada lima bidang penilaian yaitu Bidang Pariwisata dan Ekraf, Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bidang Manajement Event, Bidang Strategi Komunikasi serta Bidang Pengembangan Bisnis dan Pemasaran.

“KEN 2023 mampu mendorong kebangkitan daerah, saya melihat dari setiap event dari Sabang sampai Merauke, semua mampu untuk menggerakkan perekonomian daerah, mulai dari event budaya, event olahraga, sampai juga event yang berkaitan dengan festival. Saya juga melihat bahwa kunci kebangkitan ekonomi bisa kita lakukan jika event-event ini dilakukan lebih berkualitas,” kata Menparekraf Sandiaga, dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip Senin, (30/01).

Bertajuk Karisma Event Nusantara Festival, peluncuran KEN 2023 menghadirkan gelaran festival yang dapat dikunjungi oleh publik di Plaza Keong Mas. Terdapat enam area aktivasi interaktif hasil kolaborasi dengan daerah, asosiasi dan komunitas yang akan memberikan pengalaman berkesan kepada pengunjung lewat instalasi artistik, galeri, seni dan foto. 110 KEN 2023, penampilan seni dan budaya, experience “mini event”, workshop kriya dan demo memasak berkarya daur ulang, pameran produk UMKM (Boga, Kriya, Wastra) dan berbagai inspirasi penyelenggaraan event di berbagai daerah lainnya.

KEN Festival 2023 dimeriahkan oleh sejumlah pengisi acara mulai dari penggiat seni hingga seniman music yang berasal dari daerah masing-masing di antaranya, Aceh Culinary Festival, Banjarmasin Sasirangan Festival, Bogor Street Festival/Cap Go Meh, Festival Babukung, Festival Bunga dan Buah, Festival Pacu Jalur, Festival Rujak Uleg, Festival Tabut, Festival Tenun Ulos & Fahion, Jember Fashion Carnaval, Jogja Violin Fest, Musik Alam Fest, Samosir Music International dan Tomohon International Flower Festival.

Dalam sambutannya, Menparekraf menjelaskan penyelenggaraan event daerah juga dirasakan manfaatnya oleh UMKM. Seperti, pada tahun 2022, melalui program KEN, tercatat penyelenggaraan event daerah telah memberikan dampak pada lebih dari 3.000.000 pergerakan wisatawan dengan melibatkan lebih dari 11.000 UMKM.

KEN turut membuka penyediaan lapangan kerja dan menyerap 55.000 pelaku seni/event, 11.000 pekerja dan 250 asosiasi/komunitas. Kolaborasi resiliensi yang patut diapresiasi dari Pemerintahan Pusat dan Dearah, Asosiasi, Komunitas, stakeholders industri event lainnya.

“Oleh karena itu, saya mengajak para asosiasi untuk jemput bola, datang ke daerah-daerah, ke Kabupaten, Kota dan Provinsi, untuk menawarkan event-event berkualitas. Seandainya event ini bisa dilakukan, jangan dilakukan semua di ujung tahun, tapi justru di awal tahun. Karena dengan menggerakkan di awal tahun ini kita akan melihat dampaknya lebih baik,” Kata Menparekraf.