Kemenkeu Gelar Kick-Off: Finance and Health Hackathon 2022, Dorong Pemulihan Ekonomi yang Kuat

0
1119
Potret Wamenkeu, Suahasil Nazara, dalam Kick-Off: Finance and Health Hackathon, dalam siaran secara langsung memalui Youtube Kemenkeu, Selasa (30/08).

Keuangan dan kesehatan adalah dua hal yang paling penting di masa pandemi di mana keduanya memiliki kaitan yang sangat erat.

Jakarta, Komite.id – Dalam rangka menciptakan inovasi publik berbasis kompetisi yang dilaksanakan selaras dengan Presidensi G20 Finance Track, pada hari Selasa (30/08) telah dilaksanakan Kick-Off: Finance and Health Hackathon 2022 secara daring. Pembukaan kompetisi yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kesekretariatan Satu Data Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, dan PT Telkom Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, turut dihadiri Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara, Sekjen Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas selaku Koordinator Forum Satu Data Indonesia Tingkat Pusat, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, Kepala Eksekutif LPS, Lana Soelistianingsih, dan Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia, Muhamad Fajrin Rasyid.

dalam sambutannya, Wamenkeu menyampaikan bahwa keuangan dan kesehatan adalah dua hal yang paling penting di masa pandemi di mana keduanya memiliki kaitan yang sangat erat. “Kehidupan ekonomi kita saat ini beyond economics, yaitu bukan hanya tentang keuangan, tapi juga tentang kesehatan,” kata Wakil Menteri Suahasil, pada keterangan resmi di laman Kemenkeu RI, yang dikutip Rabu (31/08).

Dengan mengusung tema Together, We Can Make a Difference, Wamenkeu berharap Hackathon tahun ini mampu turut serta mendorong pemulihan ekonomi yang lebih kuat melalui digitalisasi dan pemanfaatan data seluas mungkin dengan mengkolaborasikan antara keuangan dan kesehatan.

Sebagai wadah inovasi publik, terdapat lima area yang dikembangkan melalui Finance and Health Hackathon 2022 yaitu (1) akses kesehatan dan keuangan yang luas, cepat, dan efisien bagi masyarakat, (2) perbaikan dan peningkatan kapasitas rantai pasokan (supply chain) alat kesehatan, (3) penguatan ketahanan sistem kesehatan dan keuangan nasional, (4) kolaborasi dan digitalisasi sistem dan layanan kesehatan dan keuangan, dan (5) pemanfaatan data keuangan negara dan perbankan untuk percepatan pemulihan ekonomi.

Dimaksudkan sebagai ikhtiar bersama dalam membangun budaya data di sektor publik yang mendorong akselerasi digitalisasi dan kolaborasi lintas sektor dan industri menuju governance 4.0, Hackathon juga akan menjadi wadah bagi munculnya inovasi publik di Indonesia melalui sinergi berbagai pemangku kepentingan meliputi pemerintah, BUMN, swasta, dan masyarakat.

Pada akhirnya hackathon diharapkan dapat menghasilkan solusi yang efektif berbasis data untuk penguatan sistem keuangan dan kesehatan yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara inklusif serta mendorong terciptanya local templates untuk solusi global di bidang keuangan dan kesehatan.

Ajang Finance and Health Hackathon 2022 terbagi dalam dua kategori kompetisi yaitu:

  1. Enhancing the Health Apps, di mana peserta kompetisi akan berlomba untuk meningkatkan fungsi dan fitur aplikasi kesehatan yang umum digunakan di masyarakat seperti Peduli Lindungi, Mobile JKN, atau membuat sendiri prototype aplikasi.
  2. Health and Finance Data Analytics Competition, di mana peserta kompetisi akan berlomba dan menguji pengetahuan serta kemahiran dalam memanfaatkan data untuk menciptakan solusi keuangan dan/atau kesehatan bagi masyarakat.

Disamping kompetisi, hackathon 2022 akan berisi serangkaian kegiatan yang bersifat edukasi dan pengembangan kompetensi yaitu Data Analytics Classes, e-learning App Development, Data Knowledge Learning Center Kemenkeu, Indigo Academy, 1000 Startup Digital, Data Communication Class, Ask Me Anything Session, Mini Showcases, Leaders’ Talk about Data, Data Analytics Awards, Showcases, dan Ngobrolin Data Keuangan dan Kesehatan Live.

Diketahui, kegiatan hackathon 2022 terbuka bagi seluruh masyarakat meliputi ASN kementerian/lembaga/pemda, anggota TNI/Polri, karyawan swasta, mahasiswa, akademisi, start-up, dan masyarakat umum. Puncak acara hackathon adalah Grand Final Hackathon pada tanggal 13-14 November 2022 menjelang puncak Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali.

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.