Cegah Berita Kesehatan Hoax, Kominfo Gelar Webinar Tingkatkan Literasi Digital

0
1075
Dokumen dari Kominfo Siberkreasi

Jakarta, Komite.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan kegiatan Webinar “Mencegah Hoax Tentang Kesehatan”. Kegiatan ini diikuti oleh kelompok masyarakat dari berbagai komunitas di DKI Jakarta, Banten dan sekitarnya. Tujuan kegiatan ini adalah mendorong masyarakat mengenal dan mengadopsi teknologi digital sehingga mampu mendukung tercapainya target kumulatif sebesar 50 juta orang terliterasi di tahun 2024.

Acara kolaborasi ini dilaksanakan Rabu (29/06/2022) yang berlangsung pada pukul 13:00 s/d 15:00 WIB. Webinar tersebut dihadiri oleh tiga narasumber yang membawakan berbagai materi terkait tema “Mencegah Hoax Tentang Kesehatan”, ketiga narasumber tersebut di antaranya Basra Ahmad Amru Direktur Eksekutif Portkemas, Muhammad Rizal Saanun Research and Development Lead PT. Meraki Kreasi Bangsa, dan Andika Zakiy NK Facilitator and Program Coordinator SEJIWA.

“Hoaks misinformasi dan disinformasi merupakan kebenaran berita atau informasi dipelintir sedemikian rupa sehingga membentuk narasi yang menyimpang,” ucap Muhammad Rizal Saanun, dalam keterangan rilis yang diterima Komite.id, Jumat (08/07).

“Dari  Inforgrafis, konten yang mengandung Hoax selama 2021. isu kesehatan merupakan isu ke 2 dimana mengandung isu hoax sebanyak 39,7%, 54.4%,” tambahnya.

Pada dasarnya, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan. Tercatat dalam laporan We Are Social bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, dimana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan bahwa pengguna internet di indonesia mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Penting untuk diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi merealisasikan Indonesia Makin Cakap Digital dengan membuat webinar Mengenalkan Budaya Indonesia Melalui Media Sosial di Cilandak, Jakarta Selatan.

Adanya perbedaan kultural, standar baru yang harus kita patuhi saat COVID-19 yang menyebar pada awal tahun 2020 di Indonesia, pemerintah mengeluarkan upaya agar masyarakat terlindungi dari wabah tersebut dengan melakukan 5M yaitu menggunakan masker, mencuci tanggan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Banyaknya informasi terkait penyebaran wabah tersebut, menyebabkan banyak pula kabar hoaks seputar kesehatan yang mulai ada di media digital. Agar tidak terpapar berita hoaks kesehatan, masyarakat bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan idetifikasi berita melalui turnbackhoaks.id, cekfakta, snopes dan bisa juga mengakses website http://kominfo.go.id.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.