Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, Giordano Angkat Tema Stage Moving Forward Membangun Digital Activation

0
195
Potret Immersive Room sebagai tema Stage Giordano, di acara Giordano Launching Product National Day, Mall Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (06/08). Dok. Giordano

Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Giordano dalam mengadaptasi kekayaan lokal yang dimiliki oleh Indonesia, menyesuaikan dengan tren yang sedang berkembang.

Jakarta, Komite.id – Menyambut perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, Giordano melalui tagline #MovingForward kembali menggelar campaign akbar untuk bersama-sama bergerak maju, mengambil langkah positif.

Tahun ini, Giordano menampilkan sentuhan baru dengan menggabungkan keunikan dari masing-masing illustrator untuk campaign #OneIndonesia dengan tema Moving Forward. “Moving Forward di sini kita berpesan kepada semuanya bahwa dalam dua tahun terakhir ini kita mengalami Pandemi COVID-19, dimana semua kegiatan dibatasi sehingga kita ingin memotivasi customer kita dengan harus terus bergerak maju,” ungkap Ekawati Wongso, Chief Merchant Giordano, di acara Giordano Launching Product National Day, Mall Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (06/08).

Sebagai informasi, #OneIndonesia adalah wujud komitmen Giordano Indonesia dalam menggambarkan keberagaman, kebersamaan, nasionalisme dan semangat kemerdekaan untuk bergerak maju. Kampanye tahunan yang dimulai sejak 2016 ini selalu bekerja sama dengan talenta lokal dan membahas topik yang berbeda setiap tahunnya.

Disampaikan Eka, bahwa tema stage tahun ini Giordano ingin membangun Digital Activation yang baru yaitu Immersive, yang dapat dicoba oleh para pengunjung secara gratis. Sejak 2016, Giordano secara konsisten mengeluarkan koleksi #OneIndonesia. Pada saat diluncurkan pertama kali, tidak ada tema khusus yang diangkat, hanya berbicara mengenai kebhinekaan Indonesia. Namun, seiring dengan komitmen Giordano untuk berkolaborasi dengan talenta-talenta lokal, maka mulai 2017, Giordano bekerja sama dengan illustrator lokal Indonesia yang juga mengharumkan nama Indonesia ke kancah internasional.

Menjadi salah satu brand fashion yang cukup diminati berbagai kalangan, Giordano menggaet 3 ilustrator lokal di campaign tahun ini, di antaranya Emte, Herzven dan Shanetortilla.

Sebagai ilustator yang belajar secara otodidak, Artwork Mohammad Taufiq atau lebih dikenal Emte, berbicara mengenai semangat untuk terus bergerak maju tanpa ragu. Melangkah kedepan dengan berani untuk menempa masa depan yang lebih baik. “Berbicara MovingForward, ingin menyampaikan harapan aku sebagai seniman dan sebagai masyarakat Indonesia, mengingat dua tahun lalu mengalami masa sulit dan untuk bisa mengatasinya, maka jalani hidup, tetap bergerak maju, mentaati prokes dan tetap melanjutkan segala aktivitas,” ucap pria yang akrab disapa Emte.

Mohammad Taufiq menambahkan, “Kolaborasi dengan Giordano ini temanya aku buat bersama jadi postur benda-benda dan Gambar-gambarnya juga adalah orang-orang yang memotivasi untuk bergerak maju, dan saat dilihat orang itu membuat happy, karena yang dibutuhkan saat ini adalah semua orang happy,” lanjutnya.

Selanjutnya, ilustrasi milik Prayudi Herlambang yang akrab disapa Herzven, mengangkat tema evolusi dimana Singa dan Rusa menjadi elemen utama dalam ilustrasinya, yang dikisahkan menjadi penjaga ekosistem dari perubahan zaman yang pesat. Dalam hal ini, evolusi juga menjadi salah satu cara untuk mewariskan tradisi secara turun temurun, dengan menumbuhkan harapan dan semangat untuk terus mengembangkan diri.

Sementara, Ilustrasi menarik dari Shane Tiara, yang kerap disapa shanetortilla, menceritakan himbauan kepada kita semua untuk mengorbarkan semangat dan maju terus tanpa pandang bulu. Beragam spesies, karakter dan bentuk dituangkan oleh Shane sebagai lambang kebhinekaan. Didominasi dengan warna merah mengisyaratkan agar kita semua berani dan pantang mundur.

Dengan menggabungkan tiga illustrator lokal tersebut, hal ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Giordano dalam mengadaptasi kekayaan lokal yang dimiliki oleh Indonesia, menyesuaikan dengan tren yang sedang berkembang.

Potret Ekawati Wongso, Chief Merchant Giordano bersama Ilustrator Mohammad Taufiq (Emte), di acara Giordano Launching Product National Day, Mall Grand Indonesia, Jakarta, (06/08). Dok. Giordano

Dikatakan Mohammad Taufiq, bahwa karena sudah pernah berkarya bersama dalam waktu beberapa kali, sehingga dari segi berkarya ketiga dari ilustrator ini sudah memahami kolaborasi yang akan dituangkan seperti apa. “Jadi saat kolaborasi bersama-sama mengangkat satu tema, semua tidak kehilangan style personalnya tapi bisa membuat sesuatu dengan memiliki visi dan misi yang sama,” jelas Emte.

Perlu diketahui, Mohammad Taufiq telah berkolaborasi bersama Giordano sejak 2017. Mulai dari #OneIndonesia: Let’s Play and Stand Together yang berbicara mengenai permainan 17 Agustus-an, #OneIndonesia: Rise As One bertepatan dengan momen Sea Games 2018, #OneIndonesia: Irreplaceable Pride di 2019 berkolaborasi bersama dengan Gugug, menggambarkan kebanggaan akan keberagaman suku dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Di 2020, #OneIndonesia: True Heroes Need No Superpowers bercerita mengenai 8 tokoh pahlawan yang berjasa untuk kita semua, khususnya di waktu pandemi melanda.

“Enaknya jadi seniman itu bukan hanya punya profesi tapi sekaligus hobi. Dimana kita ngerjain sesuatu yang kita sukai dari hati dan bisa bertemu dengan orang-orang segala macam. Intinya jadi seniman harus rajin nabung, perluas networking. Karena banyak kesempatan kolaborasi itu berawal dari networking, juga kehadiran media sosial yang sangat membantu para seniman untuk showcase karya-karyanya ke publik,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Giordano Indonesia juga sempat bekerja sama dengan Reza Mustar atau yang lebih dikenal dengan komikazer pada campaign #OneIndonesia: Adapt, Innovate, Survive, mengangkat tentang kemampuan masyarakat Indonesia untuk beradaptasi dan berinovasi untuk bertahan di masa pandemi. Dan di tahun ini, Giordano kembali menggaet Reza Mustar, atau yang lebih dikenal dengan @komikazer.

Meski merupakan brand internasional, ke depannya Giordano bertekad untuk terus melestarikan budaya dan keberagaman Indonesia melalui pemberdayaan talenta-talenta lokal yang berprestasi dan berhasil mengharumkan nama Indonesia.

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.