Kominfo Gandeng Siberkreasi Gelar Webinar Cakap Digital Usung Tema Melindungi Data Pribadi

0
192
Dokumen hasil tangkapan layar

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan Webinar Cakap Digital yang di selenggarakan Eureka Edutech

Jakarta, Komite.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan Webinar Cakap Digital yang di selenggarakan Eureka Edutech, dengan mengangkat tema Melindungi Data Pribadi dari Pencurian Online. Kegiatan webinar ini di tujukan untuk segmentasi kelompok masyarakat atau komunitas Dki Jakarta, Banten dan sekitarnya.

Webinar tersebut mendapatkan antusias kurang lebih 250 peserta yang terdaftar pada pukul 14:00 s.d 16:00 WIB, dengan diisi oleh tiga narasumber yaitu, Vivid Devianti Komite Edukasi Mafindo, Michael Pratama Santoso selaku Program Manager Portkesmas, dan Habibie Yukezain CEO Hycom Komunikasi.

Seperti yang diketahui, budaya bermedia digital merupakan kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa, dan membangun wawasan kebangsaan nilai pancasila dan bhineka tunggal ika.

Adanya tantangan budaya digital saat ini bisa mengabur wawasan kebangsaan masyarakat. Hal ini tentunya akan menipiskan adat budaya kesopanan dan kesatuan masyarakat. Sehingga, akan menjadi hal yang serius di dunia nyata maupun digital saat ini dan kedepannya.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, dengan adanya kebebasan bereskpresi masyarakat di dunia digital saat ini tentu perlu memanfaatkan media sosial sebaik mungkin. Maka dari itu 4 pilar literasi digital perlu diterapkan agar masyarakat Indonesia makin cakap digital.

Dengan membuat kampanye berupa content digital dengan hasil karya dari Indonesia. Contohnya bisa berupa digitalisasi kuliner, digitalisasi kerajinan tangan, digitalisasi budaya, dan digitalisasi karya-karya anak bangsa. Hal ini tentu bisa mengembangkan nerasi, cerita, prespektif dalam berpartisipasi dan kolaborasi bangsan di media sosial.

Selain itu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), merupakan suatu gerakan nasional untuk mendukung  produksi dalam negeri. Gerakan ini digagas langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan diluncurkan pada tanggal 14 Mei 2020, gerakan ini merupakan ajakan bagi masyarakat sekitar untul mencintai produk dalam negri.

Webinar literasi digital ini merupakan satu rangkaian dengan kegiatan program Indonesia Makin cakap digital yang diinisaisi oleh Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi.  Webinar ini menyasar kepada kelompok masyarakat atau Komunitas DKI Jakarta, Banten dan sekitarnya akan mendaptkan literasi digital pada tahun 2024 mendatang.

Untuk mengetahui lebih lanjut, dapat mengakses informasi terkait kegiatan webinar literasi digital ini melalui laman https://event.literasidigital.id/ .

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.