Festival VR Ibu Anak Pertama di Indonesia, Belanja Virtual di The Dreamland

0
205
Ilustrasi gambar dari Cranium Indonesia

Festival yang memanfaatkan teknologi VR ini mempersilahkan pengunjung menikmati sensasi berkunjung ke berbagai booth secara virtual

Jakarta, Komite.id – Seiring dengan tren Metaverse yang kian meningkat sebagai ruang bersama virtual, Lazada bersama Babyologist, menyelenggarakan Lazada Mother and Baby Festival 2022 secara virtual pada 27-29 Juni 2022 dengan tema “The Dreamland, Where Parenting and Dreams Come Together.

Dengan menggunakan teknologi Virtual Reality yang dikembangkan oleh Cranium. Dalam acara ini, serangkaian seminar edukasi dihadirkan untuk membantu orang tua dalam membina buah hatinya agar bermimpi besar dan mewujudkan cita-cita berdasarkan potensi serta minat bakat yang mereka miliki.

“Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, dan mereka terus mencari informasi agar mendapatkan bekal parenting yang cocok dan relevan dengan perkembangan zaman terkini,”, sambut VP FMCG Lazada Indonesia Lia Kurtz, dalam acara Lazada Mother and Baby Festival 2022, dalam keterangan tertulis yang diterima Komite.id.

Visi Lia Kurtz untuk mengedukasi orang tua di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi terkini yang diwujudkan oleh Cranium, perusahaan solusi teknologi informasi ternama di Indonesia. Alih-alih menciptakan suasana virtual 2D seraya virtual festival lainnya, Cranium menciptakan pemandangan 360 derajat dalam 3D (tiga dimensi) untuk menimbulkan kesan nyata.

Festival yang memanfaatkan teknologi VR ini mempersilahkan pengunjung menikmati sensasi berkunjung ke berbagai booth secara virtual yang memaksimalkan pengalaman pengguna melalui desain ruang yang ceria, dilengkapi dengan animasi avatar yang menarik bagi anak-anak. Setiap booth-nya telah didesain khusus dengan berbagai tema menarik seperti Fantasy Land, Under the Sea dan Future Land.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti berburu harta karun melalui permainan treasure hunt, berfoto selfie di photo booth atau berkomunikasi dengan pengunjung lainnya melalui live chat.

Terkait hal tersebut, pengalaman berbelanja melalui VR tersebut berhasil menarik antusiasme kalangan Ibu-Ibu yang menjadi partisipan dalam festival Lazada ini.

“Dengan mengikuti seminar edukasi Lazada Mother and Baby Festival, aku jadi tahu cara terbaik untuk mengenali dan mengasah apa yang menjadi potensi dari anak. Konsep virtual reality website di Lazada Mother and Baby Festival kali ini, membuat belanja kebutuhan ibu dan anak menjadi berbeda bisa sambil bermain bersama si kecil juga!” ungkap Syahnaz Sadiqah, seorang ibu yang juga sebagai public figure.

Pasalnya, kini penggunaan VR semakin diminati masyarakat. Hal ini sejalan dengan agenda transformasi digital yang diagendakan pemerintah bersama pemangku kepentingan lainnya yang saat ini berjalan secara masif.

“Saya berharap pengguna akan memiliki pengalaman baru dalam menikmati konten VR. Ini yang mendorong kami untuk menciptakan immersiveness yang lebih dalam dan berkualitas melalui design, animasi, serta fitur-fitur interaksi dan komunikasi manusia seperti treasure hunt, live chat, photo booth, yang membuat kita seolah-olah berada dalam dunia nyata.” , ujar William King selaku CEO Cranium Indonesia, 28 Juni 2022.

Menurut William, saat ini yang sangat penting sistem kerja Cranium tidak hanya memikirkan dari sisi pengalaman pengguna, tetapi pemilik atau penyelenggara acara juga harus mendapatkan business value dari teknologi ini. Mereka akan memerlukan indikator untuk mengukur kesuksesan sebuah acara, tidak hanya sekadar memperkirakan saja.

“Oleh karena itu, Cranium juga merancang system backend yang dapat menangkap data seperti jumlah pengunjung setiap booth, interaksi mereka dengan setiap titik-titik di booth tersebut, dan lain sebagainya. Semua informasi bisa diakses, dianalisa, dan dijadikan report yang berguna bagi pemilik acara tidak hanya untuk mengukur tingkat kesuksesan tapi juga dalam mengambil keputusan bisnis dan marketing,” tambah William.

Sebagai informasi, Cranium merupakan perusahaan penyedia produk dan solusi online maupun digital, yang berfokus pada pengembangan aplikasi mobile, web, e-commerce, ataupun sistem lainnya, termasuk teknologi VR yang digunakan pada festival Lazada ini.

Selain Lazada Mother and Baby Festival, Cranium telah berpengalaman bekerjasama dengan enterprise dari swasta maupun pemerintah. Hal ini disuguhkan sebagai upaya mendorong dan membantu berbagai perusahaan dalam proses pengembangan kapabilitas dan kapasitas transformasi digital mereka.

 

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.