Nokia Kembali Bangkit, Siapkan Seri X dan G Ditenagai Snapdragon 480 PLus 5G

0
557
Gambar oleh bernwaelz dari Pixabay.com

Hadirnya ponsel Nokia seri X dan G 5G sebenarnya belum dikonfirmasi secara resmi oleh perusahaan HMD Global.

Jakarta, Komite.id – Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi, kini sejumlah perusahaan Smartphone terus melakukan inovasi pada produk miliknya, salah satunya Nokia. Baru-baru ini beredar informasi Nokia tengah mempersiapkan smartphone seri X dan G yang dilengkapi dengan dukungan jaringan 5G dan ditenagai chipset Snapdragon 480 Plus 5G.

Menjadi generasi baru handphone Android, smartphone di bawah naungan HMD Global dulu dikenal sebagai handphone dengan ras terkuat dan sangat dinantikan masyarakat kehadirannya. Kini, perusahaan asal Finlandia itu mulai memperlihatkan pertumbuhan bisnisnya dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini sejalan dengan strategi Nokia yang berusaha menjadi terbaik dalam menjaga bisnis untuk tetap bertahan. Ponsel terbaru seri X dan G ini dikabarkan akan rilis pada tahun 2022 sekitar bulan Juli hingga Desember mendatang.

Hadirnya ponsel Nokia seri X dan G 5G sebenarnya belum dikonfirmasi secara resmi oleh perusahaan HMD Global. Namun, hal ini dibocorkan oleh media Nokiapoweruser. Seperti Namanya, ponsel ini dilengkapi dengan dukungan akses jaringan 5G.

Selain itu, ponsel pintar ini akan dibekali dengan tenaga chipset Snapdragon 480 Plus 5G dari Qualcomm. Pasalnya, dengan chipset tersebut Nokia ingin menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Perlu diketahui, chipset Snapdragon 480 PLus merupakan penerus Snapdragon 480 yang dirancang khusus untuk ponsel jaringan 5G berharga terjangkau dengan fabrikasi 8 nm. Cipset ini mengandalkan CPU Kryo 460 yang ditingkatkan kecepatannya. Konektivitas modern yang dibarengi dengan AI 5G lebih jauh lagi, menghadirkan interaksi berkualitas ke lebih banyak orang serta menjangkau lebih banyak lokasi daripada sebelumnya.

Tak hanya itu, pada tahun 2021 chipset Plus ini hadir dengan peningkatan kecepatan clock yang lebih tinggi dengan dukungan Bluetooth 5.2. Utamanya, seri Nokia X dan G 5G ini dikabarkan akan memiliki layar dengan ukuran refresh rate 120 Hz.

Sebagai informasi, smartphone dengan refresh rate 90 Hz merupakan smartphone dengan kategori kelas menengah. Meski Nokia sempat menjadi primadona di masa keemasannya, hal ini tentu menjadi pembelajaran bagi setiap perusahaan untuk mau mencoba mengambil risiko dan terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Di masa perkembangan teknologi yang serba cepat ini, tentu sebagai industri perlu mengikuti perubahan pasar agar dapat bertahan. Hal ini, menjadi kebangkitan awal Nokia untuk dapat kembali bersaing dengan industri smartphone lainnya.

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.