Semangat Bhinneka Tunggal Ika & E Pluribus Unum dirayakan di Jakarta

0
271

Jakarta, KomITe- Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta sebagai US Mission di Indonesia dan Asean menggelar pesta perayaan hari deklarasi kemerdekaan (independent declaration) yang ke 242, jatuh setiap 4 Juli. Dengan resepsi yang meriah sederhana kuliner masakan restodan hotel waralaba AS di Indonesia, dihadiri oleh lebih dari 1,000 tamu negara, masyarakat, pebisnis AS Indonesia, para diplomat dantokohpentingnegarasahabat di kediamandinas Duta Besar (Dubes) AS untuk RI, Joseph R Donovan diseberang Taman Suropati, kawasanMenteng, Jakarta Pusat.
“Banyaksekalipersamaanantara AS dan Indonesia.Kita menjadi negara demokrasi dengan budaya dan masyarakat dengan populasi ketiga dan keempat didunia, yang ramah. AS negara demokrasi 242tahun, sedangkan Indonesia bulan depan merayakan kemerdekaan yang ke 73 tahun. Persamaan ini menjadi dasar kerjasama dan kekuatan kedua negara kita,” kata Dubes Donovan, Rabu 4 July 2018.
Indonesia dengan landasan bernegara Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dan semboyan Amerika menggunakan bahasa latin E Pluribus Unum, yang kurang lebih mempunyai arti dan makna yang sama yaitu: “Meskibanyak yang berbeda beda latar belakang, agama, budaya, suku, bahasatetapitetapsatu. Indonesia mempunyai ratusan suku yang tersebar di 17,000 pulau di negara maritim tropis dan AS juga memiliki keanekaragaman agama, budaya dan latar belakang, karena majoritas penduduk AS adalah imigran dari seluruh penjuru dunia yang ingin menikmati demokrasi di AS.

Padagelaran resepsi kali ini, Kedubes AS mengusung tema “Partnership Across the Ocean” yang pada saat menyanyikan lagukebangsaan kedua negara “Indonesia Raya” dan “The Star-Spangled Banner” bersamaan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Jendral (pur) TNI Luhut Binsar Panjaitan,dimana Indonesia dan AS mempunyai laut yang luas sekali berada di seberang Lautan Pasifik dan ekuator. RI dan AS bersama sama memandang laut dan samudra sebagai kawasan yang sangat strategis dan penting, membutuhkan kerjasama perlindungan lingkungan (environment) dan security melindungi laut dan kekayaan alamnya bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Banyak kerjasama dan partnership antara RI dan AS untuk melindungi lingkungan kawasan laut dan segala kekayaan sumber daya alam (SDA) kedua negara. Banyak sekali persamaan antara kedua bangsa besar RI dan AS dan selamat kepada kedua demokrasi pluralis terbesar didunia. God Bless RI & US.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.