GnB Accelerator Ke-4 Pilih 7 Startup Terbaik

0
1791

Jakarta, KomITe- Memasuki batch ke-empat tahun ini, GnB Accelerator kembali memilih tujuh startup terbaik untuk menjalani program selama bulan Juli hingga September 2018. Mereka berhak mendapatkan pelatihan dan mentoring hingga pendanaan sebesar $50 ribu (sekitar Rp 710 juta) untuk investasi awal. Tujuh startup terpilih ini diantaranya adalah Infra Digital, Matakota, Populix, Homemade, Playable, Bookslife dan Ikigai.

Kentaro Hasimoto, Program Manager, GnB Accelerator, menjelaskan, bahwa terdapat gap yang cukup besar antara startup besar dengan startup baru maupun menengah di Indonesia. Dengan adanya program GnB Accelerator yang berkesinambungan diharapkan mampu menghasilkan startup yang kuat dan berkualitas melalui solusi-solusinya. Program ini sudah berlangsung sejak 2016 dan semakin memperkuat posisi GnB sebagai wadah akselerator terbaik di Indonesia yang secara konsisten mendukung perkembangan startup potensial hasil karya anak bangsa.

Dikatakan Kentaro, dalam rangka mencari potensi startup secara maksimal, tim GnB telah melakukan roadshow yang dilakukan selama dua hari di masing-masing kota, seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Jakarta. “Roadshow ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi para pelaku startup di luar kota, baik itu untuk akses ke pendanaan, mentor maupun jaringan internasional.,”ujar Kentaro di Jakarta (27/06/18).

Menurut Kentaro, terdapat lebih dari 150 startup yang mendaftarkan diri pada roadshow ini, yang menunjukkan ada banyak potensi startup di tanah air. Selain itu, ada lebih dari 200 startup yang telah mendaftarkan diri mereka melalui website GnB Accelerator. “Program ini kami rancang secara konsisten juga untuk memberikan world-class accelerator program bukan saja melalui funding (pendanaan), tapi juga menawarkan mentorship (bimbingan), support (dukungan), dan training (pelatihan) dari para expert dari dalam dan luar negeri yang telah berpengalaman di bidangnya,” ujarnya.

ari tujuh startup yang dilirik program GnB Accelerator, terdapat layanan yang sudah familiar, di antaranya adalah katering rumahan online, teknologi untuk melakukan riset secara terpadu, hingga platform untuk calon mahasiswa menentukan jurusan terbaik di universitas.

Berikut adalah tujuh startup yang mendapatkan kesempatan mengikuti program dengan dukungan dan training di gelombang keempat:

Infra Digital. InfraDigital merupakan layanan keuangan digital untuk bisnis tradisional untuk mengotomasi proses penagihan dengan memanfaatkan channel fintech dalam mengumpulkan dan menyalurkan pembayaran.

Matakota. Matakota adalah media sosial dengan konsep smart citizen yang menghubungkan masyarakat dan stakeholder untuk berinteraksi secara kolaboratif pada enam sektor utama, yaitu sosial, lalu lintas, kriminal, kebakaran, bencana dan perlindungan anak.

Populix. Populix merupakan startup yang membangun database responden di seluruh Indonesia. Database ini digunakan oleh perusahaan, lembaga masyarakat, pemerintah, akademisi, ataupun institusi lainnya untuk keperluan riset, marketing, dan pengujian produk, sehingga bisa dimanfaatkan untuk penentuan keputusan dan strategi yang lebih tepat bagi setiap penggunanya.

Bookslife. Bookslife adalah platform penerbitan digital. Dengan pendekatan yang mudah, murah dan personal. Bookslife memberikan solusi bagi para penulis, pembaca dan penerbit menggunakan sistem part untuk menggerakkan dan menciptakan atmosfir yang lebih positif dalam industri konten penerbitan.

Playable Kids. Playable Kids merupakan aplikasi yang menyediakan konten digital yang aman, edukatif dan menghibur bagi anak serta orang tua. Konten digital yang disediakan berupa educations games, interactive learning video. Playable Kids juga menyediakan fitur school management system dan parental control untuk membantu orang tua memonitor perkembangan anak di sekolah.

Homade. Homade adalah sebuah startup yang bergerak didalam industri makanan jadi (catering) yang memiliki standar kesehatan, rasa dan berkualitas dengan harga ekonomis. Keunggulan Homade adalah memberdayakan ibu rumah tangga untuk memasak, menggunakan makanan serta bumbu yang terjaga kualitasnya serta harga yang ekonomis dengan kemudahan memesan melalui aplikasi.

Ikigai. Ikigai adalah portal rekrutmen mahasiswa. Menghubungkan mahasiswa ASEAN dengan universitas di seluruh dunia dengan misi untuk memberdayakan siswa dalam memilih pendidikan, melalui pilihan studi yang transparan, interaktif dan cocok dengan psikologi siswa. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.