Dimension Data: Cyber Security Percepat proses Digitalisasi

0
2055

Jakarta, KomIT – Dimension Data baru-baru ini mempublikasikan Top IT Trends in 2017, dan Cyber Security merupakan salah satu sorotan utama untuk mempercepat proses digitalisasi dalam organisasi-organisasi. Tren Cyber Security yang terjadi di 2017 merupakan kelanjutan yang sudah pernah terjadi pada 2016. Berbagai sektor industri sedang memperkuat sistem keamanan cyber mereka guna memantapkan diri mereka sebagai pelaku bisnis digital.

Dimension Data meyakini dengan meningkatnya Cyber Security, maka secara otomatis proses digitalisasi dan bisnis digital akan semakin cepat. Pelaku Industri akan merasa aman dan nyaman ketika data mereka terlindungi dengan baik. Dengan begitu para pelaku industri akan dengan mudah melakukan sharing data kepada pelaku industri lainnya untuk mewujudkan bisnis digital yang aman dan terintegrasi.

Dalam Global Threat Intelligence Report 2016 yang dikeluarkan oleh Dimension Data, sektor retail menempati urutan teratas yang paling sering mengalami ancaman di dunia cyber, dengan memiliki persentasi 11% dari keseluruhan sektor, di mana sebelumnya ditempati oleh sektor keuangan.

Hendra Lesmana, CEO Dimension Data Indonesia mengatakan, “Pada tahun yang akan datang, pengawasan dan kepemilikan data dan juga metadata akan berpotensi menimbulkan konflik antar Industri”. Hendra menambahkan “Hal ini terjadi karena data dan metada adalah hal yang sangat penting. Dengan memanfaatkan data maupun metadata, anda mampu menganalisa perilaku pelanggan. Tidak hanya itu saja, dengan mengidentifikasi metadata yang ada maka anda juga bisa membuat intelejen bisnis untuk membuat sebuah keputusan” lanjut Hendra seraya menambahkan, organisasi hanya ingin kepemilikan dan pengendalian data mereka seutuhnya. Kami memperkirakan hal ini dapat memicu beberapa perdebatan antara berbagai pihak. (red)

Berikut ini adalah tren yang terjadi pada Cyber Security di 2017:

SecuritySebagai Landasan Percepatan Digitalisasi
Security adalah salah satu penopang dalam proses digitalisasi. Jika sebuah industrimemiliki tingkat keamanan yang baik, maka proses sharing data akan lebih cepat dan aman.

Predictive IntelligenceMenggunakan Sensor
Dengan menggunakan sensor, maka sebuah perusahaan dapat memantau data dan metadata mereka. Data tersebutnantinyaakan dapat memprediksitren di masa yang akan datang. Namun, hal ini bukan merupakan hal yang gampang, menurut Forbes pada Tahun 2020 akan ada sekitar 80 juta perangkat yang saling terkoneksi.

Identity
Identitas seseorang akan dapat membantu menjawab tantangan controlling system.Penggunamerupakan bagian terlemah yang ada pada rantai keamanan.

IntelligenceSebagai Motor Penggerak Cyber Security
Cybercrime merupakan permasalahan sangat besar dalam dunia bisnis. Dimension Data bekerja sama dengan NTT Security dengan menggunakan mesin artificial intelligence untuk mengidentifikasi ancaman dalam cyber.

Security harus bisa lebih dari Proactive, yaitu Predictive
Dalam lingkungan hybrid IT, teknologi menjadi lebih mudah untuk dikendalikan dan diawasi.
Pada akhirnya, setiap industri akan meningkatkan kemanan terhadap metadata mereka.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.