ULANG TAHUN TELKOM KE-59, BERJUANG DAN MENANG

0
249

Jakarta, Komite.id – Hari ini, Sabtu 6 Juli 2024, PT Telkom Tbk merayakan hari jadinya yang ke-59. Slogan yang diusungnya pada momen ulang tahun ini adalah “Strive with Harmony.”

Dirgahayu Telkom! Semoga tetap jaya melayani Indonesia dan seluruh anak bangsa.

Pertelekomunikasian Indonesia sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, di saat mana dioperasikan komunikasi telegrafi antara Ir. Groll selaku Kepala Dinas Kantor Telegraf di Batavia dan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Charles F. Pahud di Buitenzorg Bogor, pada tanggal 23 Oktober tahun 1856. Tanggal ini pula tercatat pernah dijadikan hari lahir Telkom, periode 2010 sampai 2016.

Di kalangan generasi baby boomers dan generasi X Telkom, hari lahir Perusahaan yang ditetapkan oleh Direksi Telkom era 2014 – 2019 menjadi 6 Juli 1965, sejatinya masih mengundang kontroversi. Maklumlah tanggal lahir tersebut diambil dari peristiwa pemisahan PN Pos dan PN Telekomunikasi. Ditambah lagi, sang saudara kandung, PT Pos mengklaim saat ini berusia 278 tahun. Kita lihat saja, apakah hari kelahiran Telkom yang berbasis “dokumen administrasi” ini akan lestari atau kembali lagi berdasarkan “sejarah layanan” itu sendiri. Wallahualam bissawab.

Sejalan dengan perkembangan teknologi global, tidak disangsikan bahwa Telkom saat ini adalah BUMN yang terbesar dan terdepan di bidang layanan digital. Predikat yang disandangnya adalah digital telecommunication company (DigiCo).

Statusnya sebagai perusahaan “Tbk” yang melantai di New York Stock Exchange (NYSE} dan Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 14 November 1995, dengan kode bursa “TLKM”, mengharuskan Telkom tak henti berinovasi dan dituntut mengemas aksi korporasinya secara ciamik.

Tidak seperti biasanya, ulang tahun Telkom kali ini terkesan jauh dari suasana gebyar. Namun demikian, eksistensinya di dalam masyarakat akan dihadirkan dengan penyelenggaraan acara rutin tahun ke-3 Digiland Run 2024 kategori lomba 5K, 10K dan 21K di seputaran Paza Barat Senayan, pada tanggal 28 Juli 2024. Acara lari sehat dengan tema digital ini kabarnya akan diikuti pula oleh para artis dan selebitas nasional. Semoga lancar dan meriah.

Seperti halnya pada momen ulang tahun yang lalu; tahun 2024 ini Telkom masih melanjutkan program transformasinya yang bertumpu pada Five Bold Moves, yaitu Fixed Mobile Convergence (FMC), InfraCo, Data Center, B2B Digital IT, dan Inisiatif DigiCo. Adapun aktivitasnya dikelompokkan dalam tiga pilar bisnis, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services. Sebuah pendekatan yang jitu.

Sejak pengelolaan Indihome diserahkan ke Telkomsel pada 1 Juli 2023, Telkom kini fokus pada segmen bisnis B2B. Kenyataannya proses transformasi ini tidaklah semudah yang diperkirakan, mengingat secara tradisi, kultural dan kompetensi; insan Telkom telah amat terbiasa melayani ceruk pelanggan sejak kelahirannya.

Jargon customer loyality, customer satisfaction, customer intimacy dan segala yang dikategorikan sebagai kastemer memang amat menyatu dalam budaya melayani di kalangan Telkom. Dengan moda layanan yang berubah itu pula, jabatan direktur konsumer ditiadakan. Reorganisasi struktur divisi regional dan wilayah layanan pun baru-baru ini dirampingkan sesuai kapasitas dan obyektifnya.

Sejak kasus GoTo – Telkomsel diangkat oleh Panja DPRRI pada medio 2022, ingatan masyarakat luas belum sepenuhnya sirna. Sampai pertengahan tahun inipun, dampak pelbagai ulasan para analis dan investor seputar prospek saham TLKM yang dibumbui judul berita yang “ngeri-ngeri sedap” acapkali membuat jantung berdebar. Kita memahami, persepsi saham TLKM yang bluechip dan digandrungi masyarakat tengah mengalami anomali, padahal justru seharusnya menjulang di era digital ini.

Tema ulang tahun ke-59 Telkom, “Strive with Harmony” kiranya memberi gambaran betapa upaya manajemen Perusahaan berkomitmen dan berjuang merecovery keadaan, seraya “berdamai” dengan dinamika ekonomi tingkat lokal maupun gejolak politik dan keuangan global. Untuk hal ini, CEO Telkom Ririek Ardiansyah telah pula diundang pada RDP DPRRI Komisi VI pada awal Juni yang lalu.

Bila Anda memiliki saham TLKM (saya masih menyimpan saham ESOP sejak 1995) tetaplah optimis, jangan panik terpengaruh aksi jual. Kendati harga saham Telkom saat ini berada di sekitaran Rp3.000an, para analis tingkat atas masih melihat uptrend dan prospek rebound ke harga wajar Rp4.000 atau bahkan lebih per lembar. InsyaAllah sebelum aniversari yang akan datang, harapan ini bisa menjadi kenyataan.

Didukung kinerja manajemen yang solid, sebagai perusahan jasa berbasis teknologi, Telkom adalah leading company di bidang telekomunikasi dan digital. Kehadiran Starlink yang akhir-akhir ini riuh diperbincangkan, sebenarnya adalah amat komplemen terhadap layanan Telkom, mengingat kerja sama operasional dan komersial antara Starlink dan TelkomSat; baik untuk penyediaan layanan backhaul maupun broadband internet.
Belum lagi rencana penerapan teknosatelit BTS Langit yang tengah dipersiapkan Telkomsel untuk menutup zona blankspot sinyal seluler di seluruh wilayah tanah air. Ini adalah kabar gembira bagi penuntasan kesenjangan digital Indonesia, baik di daratan maupun perairan Nusantara. Kalau bukan oleh Telkomsel, siapa lagi?

Isu hangat tentang peretasan PDNS dengan menggunakan ransomware lockbit 3.0, nyata memberikan pelajaran berharga bagi Telkom yang tengah membangun data center hyperscale terbesar di Indonesia. Afiliasi Telkom yaitu PT NeutraDC dan PT Telkom Sigma kini dituntut untuk memenuhi aspek sekuriti digital secara paripurna terkait layanan siber bagi pemerintah dan masyarakat secara luas.

Last but not least, aktivitas transformasi digital, kemandirian digital, dan kedaulatan digital Indonesia menuju Indonesia Emas 2045, memerlukan talenta digital muda yang berkompetensi tinggi. Menjawab tantangan masa depan ini, Telkom University mutlak harus dilibatkan aktif dalam penyiapan tenaga berkuaiifikasi IT secara nyata dalam bold program digital talent.

Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun ke-59 Telkom Indonesia.

Jayalah Telkom, selamat berjuang dan menang!

_Garuda Sugardo, IPU_ (Pemegang saham TLKM, Wantiknas, PII, Mastel)