Wamendag Jerry Sambuaga: Kaum Muda Berperan Penting dalam Memajukan Perekonomian Indonesia

0
931
Wakil Menteri Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga, MIA., saat memberikan Keynote Speech dalam Websummit DataSecurAI 2023, Kamis (09/03/23).

Oleh karenanya, dengan jumlah tenanga kerja yang sebagian besar diwakili kaum muda ini memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan perekonomian Indonesia,

Jakarta, Komite.id – Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga menyampaikan bahwa di tengah upaya pemulihan global, kita patut berbangga karena hingga akhir Januari 2023, tercatat Indonesia mencetak surplus neraca perdagangan sebesar 3,87 Miliar USD selama 33 bulan berturut sejak Mei 2020 dan pada Desember 2022 menjadi rekor neraca perdagangan tertinggi akumulatif diangka 54,56 Miliar USD.

“Tentunya ini merupakan kerja keras kita semua, tidak hanya dari Kementerian Perdagangan tetapi juga semua stakeholder juga kementerian dan lembaga. Ini memastikan bahwa hal ini adalah sebuah sinergi dan kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan dan juga bagaimana kita bisa melaksanakan amanah dari Bapak Presiden Joko Widodo yang mengamanahkan kepada kami secara khusus untuk kita bisa mencapai neraca perdagangan yang surplus, yang artinya ekspor kita lebih besar daripada impor kita,” jelas Wamendag Jerry, dalam Websummit DataSecurAi 2023, Kamis (09/03/23).

Dalam pertemuan ASEAN Summit di Kamboja bulan November 2022, Bapak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan peran pentingnya peran pemuda dalam memajukan ekonomi ASEAN. Hal itu disampaikan, lantaran sebanyak 33 persen dari populasi penduduk negara ASEAN adalah kaum muda dengan total 225 juta orang. Dimana peran pemuda di ASEAN sesuai dengan tema Keketuaan Indonesia di tahun 2023 yakni Transformasi Digital dan Ekonomi Hijau.

Disampaikan Presiden Jokowi, bahwa kaum milenial dan Gen-Z adalah pendorong penting untuk mempercepat transformasi digital. Dan hanya dengan mempercepat transformasi digital, maka ASEAN dapat segera melakukan lompatan besar menjadi negara maju. Hal tersebut ,   dibuktikan dengan munculnya 35 Start-up Unicorn di Asia Tenggara dengan hasil kurang lebih USD 8,2 Miliar pada tahun 2020.

Wamendag Jerry mengatakan, Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023, mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” Terkait hal tersebut, Wamendag Jerry menjelaskan bahwa, “Kami memiliki visi untuk membangun ASEAN yang tangguh, adaptif, inkusif, berperan sentral dan memberikan manfaat masyarakat di kawasan sekitar dan dunia,” lanjut Wamendag RI.

Selain itu, kata Wamendag Jerry, pihaknya juga mengusulkan 7 prioritas ekonomi pada tahun 2023 dibawah pilar ekonomi dari tiga kelompok utama, di antaranya Pemulihan dan Pembangunan Kembali, Ekonomi Digital dan Keberlanjutan. ⁴ tt,,5,

Tanpa disadari, pada tahun 2019 perekonomian Indonesia mencapai pertumbuhan sebesar 5,2 persen dengan PDB USD 1,19 Trilliun.

“Tentunya kondisi ini mendukung minat investor dari berbagai macam negara untuk berinvestasi, dan juga menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi yang cukup potensial nomor 4 di dunia setelah Amerika, China dan Hingkong,” imbunya.

Tak hanya itu, Indonesia juga diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi ke 3 di Asia yang sekaligus juga menempati posisi ke 4 di dunia. Dari berbagai macam kondisi dan prediksi tersebut, perekonomian Indonesia ditopang oleh angkatan kerja yang dominan dibandingkan dengan jumlah penduduk.

“Oleh karenanya, dengan jumlah tenanga kerja yang sebagian besar diwakili kaum muda ini memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan perekonomian Indonesia,” terangnya.

Pada dasarnya, percepatan transformasi digital di ASEAN merupakan fenomena yang menciptakan gaya hidup baru, dengan potensi ekonomi sebesar USD 1 Triliun.

“Maka, dengan adanya kegiatan pengenalan teknologi, sosialisasi, literasi dan pemanfaatannya, diharapkan tingkat pengetahuan, tingkat literasi digital di Indonesia akan meningakat,” jelas Wamendag Jerry.