Wamenparekraf Angela Sebut ASEAN Jadi Mitra Penting untuk Investasi dan Pengembangan Parekraf

0
848
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Angela Herliani Tanoesoedibjo, B.A, M.Com., saat memberikan Keynote Speech dalam Websummit DataSecurAI 2023, Kamis (09/03/23).

“Pertama adalah strategi pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif yang inklusif, tangguh dan berkelanjutan. Selanjutnya yang kedua, adalah strategi peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia pariwisata serta ekonomi kreatif,”

Jakarta, Komite.id – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Angela Herliani Tanoesoedibjo, B.A, M.Com., sekaligus Ketua DPP Partai Perindo Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital mengatakan bahwa, Indonesia patut bangga karena dipercaya memegang posisi penting sebagai Ketua ASEAN di tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan Wamen Angela dalam Keynote Speechnya di Websummit DataSecurAi 2023, Selasa (09/03/23) dengan tema “Building Secure, Trusted & Competitive Intelligent Nation”.

Dalam paparannya, Wamenparekraf melihat dari kacamata sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ASEAN memiliki potensi pangsa pasar besar bagi Indonesia.

“ASEAN memiliki potensi pangsa pasar yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 650 juta serta sekaligus merupakan mitra penting untuk pengembangan investasi dan ekosistem sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” imbuh Wamen Angela, saat memberikan Keynote Speech dalam Websummit DataSecurAi 2023, Kamis (30/03/23).

Terkait hal tersebut Wamenparekraf Angela menyampaikan beberapa strategi penting sebagai arus utama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam kekuatan ASEAN.

“Pertama adalah strategi pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif yang inklusif, tangguh dan berkelanjutan. Selanjutnya yang kedua, adalah strategi peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia pariwisata serta ekonomi kreatif,” tutur Wamen Angela Tanoesoedibjo.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak negara-negara ASEAN untuk memperkuat kolaborasi demi mewujudkan kawasan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global melalui pariwisata.

Sebagai salah satu acara terbesar di Indonesia terkait Big Data & AI, Websummit DataSecurAi 2023 yang digelar Asosiasi Big Data dan AI (ABDI) mengusung tema Building Secure, Trusted & Competitive Intelegent Nation. Dalam hal ini, Wamenparekraf Angela memberi apresiasi terhadap acara tersebut yang sudah ke-empat kalinya digelar.

Berdasarkan data dari Global Travel and Tourism Market dunia, diprediksi transaksi melalui digital akan mencapai USD691 miliar pada tahun 2026.

Selain itu, di ASEAN juga diprediksi transaksi booking online akan meningkat pesat pada 2022 hingga 2025. Dalam hal ini, pihaknya sangat mendukung dan memfasilitasi masyarakat yang sudah melek digital dan mencari pengalaman berwisata maupun menikmati produk dan jasa ekonomi kreatif. Oleh karenanya, pastinya peran pemerintah juga sangat penting dalam penguatan ekosistem digital.

“Terutama dari segi pengembangan kapasitas pengamanan dan trusted cyberspace pada pelayanan publik dan kegiatan online masyarakat ASEAN serta nasional, dan corss border CII yang mendukung ekonomi digital,” imbuh Wamen Angela.

Wamen Angela juga merasa bangga karena Indonesia kembali memegang posisi penting di forum sebagai ketua ASEAN. “Setelah sukses pada Presidency G20 di tahun 2022 lalu, tahun ini Indonesia kembali memegang posisi penting di forum internasional sebagai ketua ASEAN,” ujar Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo yang merupakan anggota Kabinet Indonesia Maju termuda ini.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, Charge d’Affaires Republik Tiongkok untuk Indonesia Zhou Kan, Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI Taufik Bawazier, Director of Courier & Logistic Business PT. POS Indonesia Siti Choiriana, Rektor Universitas Pertahanan (UNHAN) RI Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi BSSN Brigjen TNI Ferdinand Mahulette, Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Akbarshah Fikarno, dan Duta Besar Indonesia untuk Serbia (2010-2014) Semuel Samson sebagai moderator beserta MC Angela Shirley.

Adapun sejumlah perusahaan yang turut mendukung suksesnya acara Websummit DataSecurAi 2023 di antaranya, PT Bank Central Asia Tbk., PT MettaDC Teknologi Indonesia, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dan PT Pos Indonesia.