Taiwan Expo 2024 : Memperkuat Perdagangan Bilateral Indonesia dan Taiwan

0
432

Jakarta, Komite.id – TAIWAN International Trade Administration (TITA) dan Taiwan External Trade Development Administration (TAITRA) kembali menyelenggarakan Taiwan Expo 2024, di JCC, Jakarta.

Pada acara pembukaan Taiwan Expo 2024 turut hadiri anggota DPR dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera, Wakil Ketua Umum APINDO Franky Sibarani, Presiden Direktur MNC Corporation Hary Tanoesoedibjo, Direktur Divisi Ekonomi TETO Frank Lu, Wellconic Founder Richard Chen dan Ketua Umum GAPMMI Adhi S. Lukman, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia Teguh Prasetya dan Ketua Umum ABDI Rudi Rusdiah.

Ketua Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA), James C.F. Huang, menyoroti hubungan bilateral yang erat antara Indonesia dan Taiwan, dan mencatat bahwa kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

“Harapannya, Taiwan Expo akan semakin memperdalam pertukaran dan kerja sama antara perusahaan-perusahaan di kedua belah pihak,” kata James pada acara pembukaan Taiwan Expo 2024 di Jakarta, (16/5).

James menambahkan bahwa Indonesia membutuhkan mitra dengan ambisi dan visi yang sama serta keahlian teknis yang kuat untuk mewujudkan perjalanan transformasi yang menarik.

“Bersama-sama kita bergabung dalam upaya global untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan. Mari kita mencapai tingkat tersebut bersama-sama,” imbuhnya

Duta Besar Perwakilan Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) Indonesia, John C. Chen turut hadir secara langsung pada kegiatan ini. Dalam sambutannya, John C. Chen mengaku senang bisa kembali menyelenggarakan pameran ini setelah beberapa tahun absen akibat pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia.

Sementara itu, menanggapi kebijakan nasional Indonesia, kebutuhan pasar dan tren konsumen, TAITRA dengan cermat merencanakan pameran ini berdasarkan lima tema utama, yakni smart manufacturing, smart medical, green & sustainable, halal, dan smart lifestyle.

Menurut Hoky, pada Taiwan Expo 2024 pengunjung tidak hanya berkesempatan mempelajari lebih banyak tentang teknologi, produk, dan solusi inovatif dari Taiwan, serta berpartisipasi dalam forum dan seminar, tapi juga terlibat dalam pertemuan bisnis one-on-one untuk mengetahui lebih banyak peluang kerja sama.

Dengan begitu, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang teknologi, produk, dan solusi inovatif Taiwan dan berpartisipasi dalam forum dan seminar, serta pertemuan bisnis pribadi yang bertujuan untuk mempertemukan pengusaha dan pelaku bisnis Indonesia.

Lebih dari 130 perusahaan terkemuka Taiwan akan berpartisipasi untuk memamerkan produk-produk berkualitas tinggi dengan solusi  inovatif.

Kegiatan yang dibawa oleh Taiwan Excellence kali ini cukup beragam. Pada tanggal 17 Mei, Taiwan Excellence akan fokus pada tren di bidang AI dan edge computing, dan akan menampilkan aplikasi praktis dalam bangunan cerdas, ritel cerdas, transportasi cerdas, dan AIoT Smart Living.

Acara tersebut akan dihadiri oleh TPIsoftware, IBASE Technology, CHIMEI Motor Electronics, dan VISION Automobile Electronics yang akan mempresentasikan industri smart city yang profesional. Tujuannya adalah menyediakan solusi teknologi AI yang sesuai dengan tren pasar, dengan harapan dapat memberikan manfaat bersama bagi pembangunan kota di Taiwan dan Indonesia, serta mempromosikan kerja sama dan pertukaran bilateral dalam inisiatif kota cerdas.

Taiwan Excellence terus mempromosikan produk-produk berkualitas tinggi dari Taiwan secara global. Selain Taiwan Excellence Happy Run yang akan diadakan di Stadion GBK Jakarta pada bulan September, Taiwan Excellence juga akan lebih fokus pada tema “Green Sustainability”.

Tahun ini, Taiwan Excellence akan menyelenggarakan acara perdana “Go Green with Taiwan” dan “Taiwan Excellence Sustainable Month,” yang secara global menunjukkan komitmen Taiwan dalam ekosistem keberlanjutan lingkungan global.