Jakarta, Komite.id – Dalam menyambut momentum Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar program Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim sekaligus memberikan Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan THT pada Anak, di Mushola Babah Alun, Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/03/24).

Kegiatan ini diinisiasi PSMTI Departemen Sosial & Lingkungan Hidup sebagai bentuk peduli terhadap sesama.

Wakil Ketua Umum (WKU) PSMTI Dept. Sosial & Lingkungan Hidup Oey Lusiana mengatakan kegiatan hari ini merupakan kegiatan santunan sekaligus Buka Bersama dengan Anak Yatim dan Petugas Kebersihan yang berjumlah 250 orang.

Giat ini melibatkan Pemerintah setempat, RS Ukrida, PSMTI WKU Kesehatan & Pendidikan Prof. Ariawan Gunadi, PSMTI WKU UMKM Nicho Lieke, Pengusaha Bela Bangsa (PBB) Trisya Suherman, Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti) Sekretaris Sri dan lainnya, sebagai program kegiatan PSMTI yang utama di bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program rutin PSMTI selama di bulan Suci Ramadhan yang bersamaan dengan kegiatan berbagi takjil yang disediakan sebanyak 2000 takjil, dan dibagikan 500 takjil di setiap hari Sabtu,” ucap perempuan yang akrab dikenal dengan sebutan Lusi Oey.

“Sesuai arahan Ketua Umum PSMTI Bapak Wilianto Tanta, PSMTI akan membantu program pemerintah dengan melakukan giat-giat sosial kepada masyarakat,” jelas Lusi Oey.

Pasalanya, anak merupakan generasi penerus bangsa. Sehingga melalui kegiatan ini, PSMTI sebagai salah satu organisasi Tionghoa Indonesia turut memberi dukungan dan perhatian kepada anak-anak dengan harapan agar dapat menjadi penerus cita-cita perjuangan bangsa.

“Aksi ini menjadi salah satu dukungan dan perhatian dari PSMTI untuk masa depan anak-anak,” tutur Lusi Oey.

Kegiatan menabur kebaikan dengan memberi yang dilakukan pada tahun ini, diharapkan manfaat dari keberadaan PSMTI dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, salah satunya para pelaku UMKM.

“UMKM untuk pembelian Takjil tahun ini kami melibatkan yang sama dengan tahun lalu. Dalam acara Santunan Anak Yatim kami melibatkan UMKM pedagang kaki lima di sekitar Taman Suropati untuk berbuka puasa bersama,” kata Lusi Oey.

Selanjutnya, Camat Kecamatan Menteng Edy Suprayogi menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan positif yang diinisiasi PSMTI dalam hal menabur kebaikan dengan memberi.

 

“Alhamdulillah pada hari ini kita diberikan kesempatan untuk bisa berkumpul bersama-sama berkarya dan berbagi santunan kepada 100 orang anak yatim, mudah-mudahan ke depannya bisa bertambah sampai 200 orang,” tutur Edy dalam sambutannya.

Selain Anak Yatim dan Petugas Kebersihan, PSMTI juga memberikan takjil secara gratis kepada masyarakat sekitar yang hendak berbuka puasa.

Sebagai informasi, PSMTI melakukan kegiatan berbagi takjil ini rutin dilakukan setiap tahun. Tidak hanya di Jakarta, berbagi kebaikan ini dilaksanakan juga oleh perwakilan PSMTI di berbagai wilayah Provinsi dan kabupaten kota.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Dewan Kehormatan PSMTI Sudharmono, Wakil Ketua Umum (WKU) PSMTI Departemen Sosial, Kesehatan & Lingkungan Hidup Oey Lusiana, Ketua Lapangan Tony W, Dokter RS Ukrida, dan lain sebagainya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.