Foto : Google wajibkan pengIklan AI (Artificial Intelligence) ungkap konten

Jakarta, Komite.id – Google milik Alphabet Inc (GOOGL.O) akan mewajibkan semua pengiklan pemilu untuk menambahkan informasi yang jelas dan terlihat mulai pertengahan November ketika iklan mereka berisi konten buatan AI, kata perusahaan itu, diumumkan Rabu (09/06).

Kebijakan ini akan berlaku untuk konten gambar, video dan audio di semua platformnya, kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog .

Meningkatnya adopsi kecerdasan buatan (AI) telah menciptakan peluang untuk menggunakan alat AI untuk membuat konten dari video musik, video, gambar dan audio untuk tujuan periklanan.

Pekerjaan mendalam yang dihasilkan oleh algoritma Al mengancam untuk mengaburkan batas antara fakta dan fiksi, sehingga menyulitkan pemilih untuk membedakan antara yang asli dan  yang palsu.

Perusahaan keamanan siber milik Google, Mandiant,  bulan lalu mengatakan pihaknya  melihat  penggunaan AI untuk melakukan kampanye manipulasi informasi online meningkat dalam beberapa tahun terakhir, meskipun penggunaannya dalam aktivitas intrusi digital lainnya sejauh ini masih terbatas. Menurut Mandiant, AI kreatif akan memungkinkan tim yang kekurangan sumber daya untuk membuat konten berkualitas lebih tinggi dalam skala besar.

Google telah dikritik karena misinformasi pada platformnya dan telah memperbarui langkah-langkah transparansinya ketika Amerika Serikat bersiap untuk memilih presiden berikutnya pada bulan November.

Mesin pencari dan raksasa periklanan tersebut mengatakan campuran konten apa pun yang tidak terkait dengan klaim dalam iklan akan dikecualikan dari persyaratan pengungkapan.

Iklan pemilu yang ditayangkan di Google dan YouTube dan dibuat dengan kecerdasan buatan harus segera terlihat, berdasarkan aturan baru yang ditetapkan oleh perusahaan.

Persyaratan pengungkapan baru untuk konten yang dibuat atau diedit secara digital muncul ketika kampanye pemilu presiden dan legislatif memanas pada tahun 2024.

Alat AI baru seperti ChatGPT OpenAI dan Bard Google telah membantu memicu kekhawatiran tentang betapa mudahnya misinformasi dapat dibuat dan disebarkan secara online.

Karena semakin populernya alat pembuatan konten sintetis, kami telah memperluas kebijakan kami untuk mewajibkan pengiklan mengungkapkan kapan konten pemilu mereka diedit atau dibuat secara digital.

Pembaruan ini akan membantu lebih lanjut mendukung periklanan politik yang bertanggung jawab dan memberikan informasi yang dibutuhkan pemilih untuk membuat keputusan yang tepat. Kebijakan ini akan berlaku pada pertengahan bulan November dan akan mewajibkan pengiklan pemilu untuk mengungkapkan bahwa iklan yang mengandung elemen yang dihasilkan AI adalah buatan komputer atau tidak menampilkan kejadian sebenarnya.

Perubahan kecil seperti mencerahkan atau mengubah ukuran gambar tidak memerlukan pengungkapan tersebut.

Iklan pemilu yang dibuat atau diubah secara digital harus menyertakan atribut seperti “Suara ini dihasilkan komputer” atau “Gambar ini tidak menggambarkan kejadian sebenarnya”.

Google dan platform periklanan digital lainnya seperti Facebook dan Instagram Meta sudah memiliki sejumlah kebijakan terkait iklan pemilu dan postingan yang diubah secara digital. Misalnya, pada tahun 2018,  Google mulai mewajibkan proses verifikasi identitas untuk menayangkan iklan pemilu di platformnya. Meta mengumumkan pada tahun 2020  larangan umum terhadap “media yang dimanipulasi dan menipu” seperti deepfake, yang dapat menggunakan AI untuk membuat video palsu yang berpotensi meyakinkan. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan akan menyelenggarakan kampanye partai politik di dunia maya terkait kecerdasan buatan atau AI.

Partainya akan kembali melakukan revisi menyeluruh terhadap aturan pemilu terkait cara berkampanye yang diperbolehkan di dunia maya.

Budi yang juga Ketua Kelompok Relawan Pro Jokowi (Projo) mengatakan, “Satu per satu. Kita akan lihat apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak.”

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Pemenang Pemilu PPP Sandiaga Uno mengungkapkan, pihaknya punya strategi khusus menjelang pemilu 2024, antara lain dengan menggelar kampanye siber melalui pemanfaatan big AI data. “Kami juga sepakat bahwa target  11 juta suara akan tercapai dengan menggunakan teknologi media sosial, big data, dan kecerdasan buatan,” kata Sandiaga dalam rapat Bappilu PPP.

Direktur Pusat Penelitian Keamanan Siber dan Kecerdasan Buatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Anto Satriyo Nugroho meminta masyarakat berhati-hati dalam penggunaan AI jelang pemilu 2024.

Memang ada contoh penggunaan kecerdasan buatan untuk meniru suara tokoh politik tertentu dan menjadi sumber hoaks pada pemilu 2024.

Tipuan ini menggunakan AI untuk membuat deepfake, yang merupakan kombinasi istilah pembelajaran mendalam (pembelajaran mesin  meniru cara otak manusia belajar, yaitu meniru) dan spoofing.

“Perlu diketahui bahwa kita hanya mengandalkan audio atau video saja tidak cukup untuk membuktikan apakah suara tersebut nyata atau tidak. Itu tidak bisa kita manfaatkan untuk mengambil keputusan,” kata Anto.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.