Internet Stralink, layanan Musk : Akan Segera Hadir di Indonesia

0
477

Jakarta, Komite.Id –  Elon Musk adalah pendiri SpaceX, perusahaan di balik Starlink. Kita tahu beliau sudah berkali-kali di dekati pemerintah untuk berinvestasi di Indonesia. Namun sejauh ini, kepastiannya masih ada.

Heru menjelaskan, izin Starlink ke Indonesia bisa jadi merupakan taktik pemerintah untuk menarik perhatian Tesla agar berinvestasi. Pasalnya, Malaysia mendapat investasi yang cukup besar.

Elon Musk, seorang miliarder Amerika, dikenal memiliki  bisnis yang luas. Selain Tesla dan SpaceX, Musk juga memiliki Starlink, layanan internet satelit. Harga layanan internet Starlink di Indonesia diperkirakan  Rp 2-3 juta, Ujar Elon Musk.

Starlink tampaknya menjadi alat “persuasi”. Heru mengatakan, “strategi tersebut sah-sah saja  asalkan tidak mengorbankan kepentingan nasional. Dari segi harga, sepertinya Starlink akan menyasar kantor dalam dan luar negeri. Heru mengatakan mereka bersedia membayar lebih  karena kebutuhan infrastruktur internet berkecepatan tinggi.”

Saat ditanya apakah kedatangan Starlink akan membuat takut operator nasional, Heru menjawab iya. Hal ini bisa terjadi jika  internet satelit dikarpet merah, sedangkan regulasi untuk pemain dalam negeri cukup ketat.

Kabar terbaru  Starlink, layanan Musk, akan segera hadir di Indonesia. Hal ini terjadi setelah Kementerian Informasi dan Komunikasi  (Kemenkominfo) menyatakan telah memberikan hak pendaratan khusus satelit non-geostasioner (NGSO) kepada PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) sebagai profesional pengguna link dalam pengoperasian jaringan satelit tetap  Starlink.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap rencana  Elon Musk berkunjung ke Indonesia.

Luhut meyakinkan bos SpaceX dan Tesla itu akan berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2023. Hanya saja kehadirannya tidak membahas Tesla melainkan soal operasional Starlink.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama CEO Tesla Inc. Elon Musk. (Instagram / @luhut.pandjaitan)

Luhut menegaskan terkait Tesla, untuk saat ini tidak akan berinvestasi dulu di Indonesia maupun negara manapun dalam membangun pabriknya. Sehingga, kedatangan Elon Musk ke Indonesia nantinya itu soal pengoperasian Starlink.

“Untuk mengecek Starlink (Oktober). Tesla seperti yang saya bilang tadi, mereka tidak akan invest di mana saja, bukan hanya di Indonesia. Jadi kalau di bilang di Malaysia, mereka hanya buka untuk jualan mobil Teslanya,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Luhut mengajak Elon Musk untuk membawa satelit Starlink untuk menghadirkan akses internet di Indonesia timur. Upaya tersebut sebagai cara mengatasi blankspot di daerah pelosok Indonesia.

“Kami juga berdiskusi terkait ketertarikan Elon untuk bekerjasama membangun jaringan internet murah di timur Indonesia lewat satelit Starlink-nya yang populer itu,” ujar Luhut dalam postingan akun Instagram miliknya pada Senin (14/8).

Diberitakan sebelumnya, Luhut mengajak Elon Musk menggunakan satelit Starlink untuk menyediakan akses internet di Indonesia bagian timur. Upaya ini merupakan salah satu cara untuk menjembatani kesenjangan di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

“Kami juga membahas ketertarikan Elon untuk berkolaborasi membangun  internet murah di Indonesia bagian timur melalui satelit Starlink populer miliknya,” kata Luhut dalam postingan di akun Instagram Me, Senin (14/8).

Starlink sudah benar-benar merambah wilayah Indonesia. Satellite Internet Constellation telah bekerja sama dengan Telkomsat untuk mengubah Internet Satelit menjadi link transmisi untuk layanan sekunder Telkom. Program ini ditujukan untuk pelaku bisnis (B2B) bukan konsumen (B2C).

Duo Starlink dan Telkomsat terbentuk setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan hak pendaratan khusus kepada Telkomsat di orbit satelit non-geosstasioner (NGSO) pada tahun 2022

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, layanan yang diberikan Starlink bukanlah akses Internet langsung untuk pelanggan  atau masyarakat yang tidak dapat digunakan, melainkan layanan tertaut yang melayani kebutuhan pelanggan Telkom Corporation.

Hak pendaratan khusus NGSO harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan undang-undang, termasuk hak timbal balik, dan akan dinilai setiap tahunnya. Starlink hanya dapat beroperasi jika docking station tersebut dibangun oleh Telkomsat, jelas Johnny dalam siaran pers resminya.

Stasiun gateway juga akan murni investasi dan dimiliki oleh Telkomsat. Jadi, kata Johnny, tanpa stasiun gateway  Telkomsat, Starlink tidak bisa berfungsi  melayani jalur Telkomsat.

Hak untuk berlabuh juga bersifat eksklusif untuk Telkomsat untuk layanan afiliasi Telkom Group. Ujar Johnny.

Sebagai informasi, Starlink memang belakangan ini melebarkan sayapnya di Asia Tenggara. Sebelumnya, Filipinalah yang memberikan lisensi layanan SpaceX ke negara tersebut.

Bagi Elon Musk sendiri, ini bukan kali pertama pemerintah Indonesia membuka kerja sama dengan perusahaan milik Musk. Tak hanya Starlink, perusahaan luar angkasa milik Musk, SpaceX, juga digunakan untuk meluncurkan satelit.

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengirimkan 7 satelit cadangan untuk meningkatkan layanan komunikasi di wilayah 3T (terbelakang, pionir, dan terluar), dengan menggunakan roket peluncuran SpaceX Falcon 9.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.