Jakarta, Komite.id – Websummit Satu Data Indonesia dan eGOV 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Big Data dan AI (ABDI), merupakan forum lintas sektor yang melibatkan unsur pemerintah, akademisi serta mitra pembangunannya. Adapun, forum ini bertujuan mewujudkan konsep smart government yang berorientasi pada tata kelola data berbasis cloud yang mengedepankan aspek keamanan dan privasi data. Huawei memberikan dukungan penuh terhadap segala upaya untuk meningkatkan kesadaran pentingnya tata kelola dan keamanan data berbasis cloud ke dalam satu kebijakan pembangunan.

Implementasi tata kelola data digital di sistem penyelenggaraan negara berguna untuk meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas pelayanan publik, sesuai amanah Peraturan Presiden (Perpres) No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, serta Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
Komitmen Huawei ini ditegaskan pada pelaksanaan Websummit Satu Data Indonesia 2023 ke-3 dan eGov 2023 yang berlangsung pada 4 dan 6 Juli 2023.

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, seluruh tantangan, kompleksitas, dan solusi tata kelola data berbasis cloud, serta standar fitur keamanan data harus menjadi perhatian utama setiap instansi penyelenggara negara.

Waka BSSN, Komjen. Pol. Drs. Suntana, M.Si. mewakili Kepala BSSN, Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian sebagai High level Keynote  dalam event Websummit Satu Data Indonesia 2023 yang ke-3 yang ke-3 dan eGOV 2023 di Grand Mercure Jakarta.

Suntana, Wakil Kepala BSSN mengatakan,”Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, kita harus melaksanakan transformasi digital, dan hal ini sudah berjalan melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Kita patut bersyukur bahwa mitra TIK pemerintah seperti Huawei telah menyediakan solusi cloud yang memungkinkan konvergensi dan pertukaran data antar instansi dapat dilakukan secara efektif dan aman.”

Ketua MPR RI, Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A sebagai High Level Keynote dalam event Websummit Satu Data Indonesia 2023 yang ke-3 yang ke-3 dan eGOV 2023 memberikan materi secara Online.

Ketua Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo mengatakan, “Websummit Satu Data Indonesia 2023 dan eGov 2023 merupakan forum yang tepat bagi para stakeholder untuk berdikusi, menambah wawasan, dan berkolaborasi guna mewujudkan sistem pemerintahan berbasis digital yang transparan, efektif dan efisien. Keterpaduan data yang tersimpan di dalam layanan cloud akan memudahkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan pembangunan pemerintah. Kami mengapresiasi pihak-pihak yang memiliki komitmen kuat, seperti Huawei dan ABDI, dalam terus meningkatkan literasi dan kesadaran publik terhadap pentingnya tata Kelola dan keamanan data berbasis cloud.”

Bambang menambahkan, optimalisasi transformasi digital di berbagai sektor ekonomi diperlukan untuk mewujudkan mimpi Indonesia sebagai negara dengan PDB terbesar kelima pada 2045. Integrasi data dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik akan berperan penting dalam merealisasikan target tersebut.

Bambang W. Budiawan, Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya sebagai High Level Keynote dalam event Websummit Satu Data Indonesia 2023 yang ke-3 yang ke-3 dan eGOV 2023 di Grand Mercure Jakarta.

Bambang W. Budiawan, Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengapresiasi penyelenggaraan Websummit Satu Data Indonesia 2023 dan eGov 2023 yang mendukung implementasi kebijakan data tunggal dan sistem pemerintahan berbasis elektronik. “Forum diskusi tingkat tinggi seperti ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pemangku kepentingan industri jasa keuangan di Indonesia, terutama pada sisi pengelolaan data konsumen dan informasi transaksi keuangan.

Apresiasi tertinggi bagi para pihak, seperti Huawei yang telah mendukung kegiatan ini karena dapat meningkatkan kesadaran sekaligus memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan data di era digital,” tambahnya.

Rudi Rusdiah, Chairman ABDI pun turut menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas dukungan Huawei dalam pelaksanaan Websummit Satu Data Indonesia 2023 dan eGov 2023. “Kontribusi Huawei terhadap keseluruhan rangkaian kegiatan Websummit Satu Data Indonesia 2023 dan eGov 2023 dapat mengakselerasi implementasi kebijakan data tunggal yang dicanangkan pemerintah,” ujarnya.

kemudian, James Zhang selaku CEO Huawei Cloud Indonesia menyatakan,”Kini semakin banyak perusahaan di Indonesia yang mulai mengadopsi teknologi cloud seiring percepatan transformasi digital. Dalam hal ini, Huawei Cloud sebagai salah satu pemimpin pasar di industri cloud berniat menjadi bagian dari transformasi digital Indonesia. Melalui pusat data lokal, layanan lokal, dan ekosistem lokal Huawei Cloud bertekad memenuhi komitmen digitalnya bagi Indonesia.”

Chairman ABDI, Rudi Rusdiah bersama CEO Huawei Cloud Indonesia, James Zhang dalam event Satu Data Indonesia 2023 dan eGOV 2023 di Grand Mercure Jakarta.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.