Menuju Masa Depan Artificial Intelligence, Ini Manfaat dan Risikonya

0
803
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

 

Jakarta, Komite.id – Artificial Intelligence (AI) kini telah menjadi bagian integral dari banyak bisnis. Saat ini, perusahaan menggunakan AI untuk melakukan tugas seperti analisis perilaku konsumen, penghapusan bug, peningkatan produktivitas, dan lainnya. Masifnya perkembangan teknologi AI nyatanya telah banyak menghadirkan manfaat ketimbang risikonya dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, hal ini bukan berarti tidak ada kerugian pada teknologi kecerdasan buatan ini. Pasalnya, AI dapat menawarkan banyak manfaat, seperti meningkatkan efisiensi, akurasi, aksesibilitas, dan kualitas hidup. Di samping itu, AI juga menimbulkan beberapa risiko, seperti menggusur pekerjaan, melanggar privasi, menciptakan bias, dan merusak martabat manusia.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait Manfaat dan Risiko pada AI, berikut sejumlah manfaat pengguna AI yang dikutip dari Forbes.

Mengotomatiskan Proses Bisnis

Menurut Forbes, AI dapat membuat alur kerja bisnis menjadi lebih efisien dengan mengotomatiskan operasi rutin. Ini memungkinkan tenaga kerja untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting dan menyelesaikan tugas yang tertunda dalam waktu yang lebih singkat. AI juga dapat membantu riset pasar dan membuat data dapat dipahami oleh pembuat keputusan.

Dalam hal ini, Customer Service memiliki cakupan yang luas untuk integrasi AI. Bisnis dapat menggunakan perangkat lunak atau chatbot berbasis AI untuk menghasilkan respons otomatis terhadap pertanyaan pelanggan yang berulang. Melakukannya dapat mengurangi beban kerja manusia dan meningkatkan waktu tanggap.

Saat ini, AI juga dapat menulis kode komputer dan membuat konten untuk situs web. Misalnya, ChatGPT. Perangkat lunak berbasis AI ini telah menciptakan peluang bagi bisnis dalam strategi pembuatan. Saat ini, ChatGPT dapat membantu mengotomatiskan operasi bisnis, sebagai berikut: pembuatan pemasaran konten, ide curah pendapat, pembuatan kode pemrograman, proses orientasi pelanggan, keterlibatan pelanggan, kompilasi penelitian, dan lainnya. AI chatbots dapat membantu saat Anda ingin membuat konten dengan sedikit keterlibatan manusia.

Mengumpulkan Data

Menyerap, menyortir, menautkan, dan menggunakan data dengan benar menjadi semakin sulit karena jumlah data tidak terstruktur yang diserap dari sumber seperti web, media sosial, perangkat seluler, sensor, dan Internet of Things telah meningkat. Akibatnya, mudah untuk menjadi mangsa jebakan seperti secara tidak sengaja menggunakan atau mengungkapkan informasi sensitif yang tersembunyi di antara data anonim.

Misalnya, sementara nama pasien mungkin disunting dari satu bagian rekam medis yang digunakan oleh sistem AI, nama itu bisa ada di bagian catatan dokter dari catatan tersebut. Pertimbangan semacam itu penting untuk diperhatikan oleh para pemimpin saat mereka bekerja untuk tetap sejalan dengan aturan privasi, seperti Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) Uni Eropa atau Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA), dan mengelola risiko reputasi.

Memahami Perilaku

Bisnis yang berinteraksi langsung dengan pelanggan seringkali mencari cara untuk memahami perilaku setiap pelanggan. AI telah membuat segalanya lebih mudah bagi mereka. Dengan pembelajaran mesin, sistem AI saat ini dapat melacak, menganalisis, dan memahami perilaku manusia. Beberapa juga dapat mengetahui apakah respons pelanggan “masuk akal” atau “normal”, membantu bisnis mengidentifikasi situasi pelanggan yang tidak normal.

Perusahaan juga dapat menggunakan sistem AI semacam itu untuk mendeteksi perilaku karyawan. Tidak hanya itu, AI juga dapat memperkuat jaringan keamanan bisnis. Beberapa teknologi dapat mendeteksi bug, mengatasi risiko serangan siber, dan memberi tahu pemimpin tentang upaya jahat untuk masuk ke perusahaan.

Setelah menjabarkan beberapa poin manfaat pengguna AI, berikut beberapa poin risiko pengguna AI.

Kesalahan

Kesalahan dapat menyebabkan kerusakan besar pada infrastruktur dan reputasi perusahaan. Itu sebabnya menggunakan AI untuk pemrograman dan pengkodean bisa berisiko. Kesalahan dapat mengakibatkan kegagalan seluruh mainframe bisnis Anda, terutama saat Anda menjalankan bisnis online atau situs web e-niaga. Coding atau kesalahan pemrograman juga cukup mahal. Jika Anda memiliki startup, kesalahan seperti itu dapat menimbulkan krisis keuangan yang signifikan.

Selain itu, untuk alat seperti ChatGPT, ada juga batasannya. Misalnya, ChatGPT mengakui bahwa ia tidak mengetahui tentang peristiwa atau informasi terkini karena pelatihan modelnya dihentikan setelah tahun 2021, dan ia juga dapat menyebarkan informasi palsu.

Kerentanan Terhadap Serangan Cyber

Serangan dunia maya sangat umum saat ini. Serangan dunia maya dapat menyebabkan kerugian finansial bagi perusahaan dan menimbulkan pertanyaan tentang kebijakan keamanannya. Saat bisnis mengandalkan sistem AI, serangan siber tetap menjadi risiko yang cukup besar.

Peretas online terus-menerus mencari cara untuk menyerang komputer perusahaan dengan malware dan virus. Penjahat dunia maya dapat membatasi kemampuan sistem AI bisnis untuk menembusnya dan mengakses informasi sensitif.

Oleh karena itu, saya menyarankan agar bisnis terus memperbarui sistem AI mereka dengan algoritme terkini untuk mengatasi segala jenis serangan siber. Ini adalah salah satu cara untuk tetap berada di depan tindakan berbahaya tersebut.

Perilaku Tidak Manusiawi

Meskipun AI dapat meniru perilaku manusia secara mengesankan, AI masih memiliki ruang untuk perbaikan. Terkadang, chatbot bertenaga AI gagal memahami emosi manusia dan memberikan jawaban yang tidak peka terhadap permintaan pelanggan. Kesan “robot” seperti itu bisa membuat pelanggan marah atau frustasi, yang mengakibatkan hilangnya pelanggan setia. Tidak ada bisnis yang menginginkan itu.

Pada dasaranya, AI telah berevolusi secara ekstensif dalam meniru perilaku manusia selama beberapa tahun terakhir, tetapi jalan masih panjang untuk membuat teknologi terdengar lebih manusiawi. Apa kah mungkin? Yah, tidak sepenuhnya, tapi masa depan memang tampak menjanjikan.

Oleh karena itu, suka atau tidak suka AI bisa menjadi cara yang baik untuk membuka jalan Anda ke dunia bisnis futuristik. Cepat atau lambat, banyak operasi bisnis akan diotomatisasi oleh AI. Meskipun ada daftar manfaat yang ditawarkan AI, tentu kita semua khususnya pakar teknologi tidak boleh mengabaikan risiko yang terlibat. Cari cara untuk menghilangkan atau mengurangi potensi risiko AI dan menjadikan manfaatnya lebih bernilai.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.