Peduli Pendidikan Generasi Muda, Pertamina Luncurkan Program Beasiswa Sobat Bumi 2023

0
743
Potret Agus Mashud S. Asngari - Presiden Direktur Pertamina Foundation, saat membuka sambutan dalam acara Peluncuran Beasiswa Sobat Bumi 2023, Surabaya, Rabu (15/03/23). Dok. Pertamina

Surabaya, Komite.id – Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari bersama 38 mitra perguruan tinggi dari Sumatera hingga Papua secara resmi meluncurkan Beasiswa Sobat Bumi 2023 yang diselenggarakan di Auditorium Candradimuka Universitas Airlangga (UNAIR), Rabu (15/03/23).

Dalam hal ini PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation lewat program PFprestasi, kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh beasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4).

“Beasiswa Sobat Bumi merupakan bentuk kepedulian Pertamina dalam aspek pendidikan bagi generasi muda bangsa dan menjalankan dua fokus TJSL BUMN, yakni pendidikan dan lingkungan. Di samping bantuan pendidikan (bantuan SPP/UKT dan bantuan biaya hidup), kami berkomitmen untuk membentuk mereka tidak hanya berprestasi tapi juga cinta budaya lewat pagelaran budaya dan peduli terhadap kelestarian bumi lewat Aksi Sobat Bumi, Inilah yang membuat beasiswa kami bisa dibilang paket komplit,” ujar Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S., dalam keterangan resmi yang diterima Komite.id, Rabu (15/03/23).

Dengan beasiswa ini, lanjut Agus, kami menjalankan amanah dari Direktur Utama Nicke Widyawati untuk mengutamakan penyediaan pendidikan berkualitas karena merupakan fondasi penting untuk kemajuan Indonesia.

Hadir sejak tahun 2011 hingga 2022, Pertamina telah memberikan bantuan pendidikan kepada 3.957 mahasiswa dari Sumatera hingga Papua lewat Beasiswa Sobat Bumi. Selama masa pandemi, alokasi penerima Beasiswa Sobat Bumi juga terus meningkat dari tahun 2020 memberikan kepada 285 mahasiswa, 2021 kepada 381 mahasiswa, dan tahun 2022 kepada 420 penerima.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasi Pertamina Foundation, Yulius S. Bulo menjelaskan bahwa, jumlah penerima yang terus meningkat membawa tantangan bagi Pertamina Foundation sebagai penyelenggara untuk semakin bisa meningkatkan kapasitas mereka.

“Maka dari itu, kami berkomitmen untuk melibatkan mereka dalam ekosistem Pertamina Grup, seperti menjadi binaan PFseries, berpartisipasi dalam Voluntary Days bersama pekerja Pertamina, MBKM di lokasi Desa Energi Berdikari, aksi dalam Pertamina Peduli, dan magang di Pertamina Grup,” kata Yulius S. Bulo.

Sebagai informasi, pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dibuka pada tanggal 20 Maret hingga 25 April 2023. Setelah pendaftaran, mereka akan mengikuti seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan Focus Group Discussion. Pendaftaran dapat dilakukan pada website pertaminafoundation.org dan persyaratan hingga mitra perguruan tinggi beasiswa dapat dilihat pada media sosial resmi Pertamina Foundation.

Pada akhir kesempatan, penerima Beasiswa Sobat Bumi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Brenda mengungkapkan bahwa, “Beasiswa Sobat Bumi mengajarkan saya bagaimana caranya berprestasi sekaligus bisa berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan lewat pelatihan dan aksi-aksi yang menginspirasi, seperti Aksi Sobat Bumi. Hal ini membuat saya tertarik untuk berkontribusi lebih bersama Pertamina dengan mengikuti program PFmuda yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat,” tutupnya.

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.