Perkuat Jaringan Bisnis, Adakom Hadirkan Teknologi Solusi Berbasis AI dan Data Science

0
831
Tangkapan layar Presales PT Adakom International Technology Reynaldo Suwandi, saat memaparkan materi dalam sesi panel diskusi di Websummit DataGovAI 2022, Hari ketiga, (29/11/22). Dok. Komite.id

“Karena sekali lagi, kami akan menciptakan solusi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan teknologi ke depan,”

Jakarta, Komite.id – Presales PT Adakom International Technology Reynaldo Suwandi menjadi narasumber dalam Websummit DataGovAI 2022di sesi diskusi panelis hari ketiga dengan membahas “Data Science, AI dari Inovasi Produk Dell Technologies”.

Berbicara mengenai Data Science dan AI tentu berkaitan dengan perangkat hardware yang menjalankan program tersebut. Melansir laman resmi Dell Technologies, Data Science membutuhkan sumber daya komputasi yang kuat untuk mengekstrak wawasan berharga dari sejumlah besar data. Terkait hal tersebut, Lini Dell Precision, penyedia workstation nomor satu dunia, telah bekerja sama dengan NVIDIA® dan Intel® penyedia teknologi terkemuka lainnya, seperti Canonical dan Microsoft, untuk menghadirkan solusi perangkat keras dan perangkat lunak AI yang terintegrasi penuh.

Tanpa disadari, Data Science dan AI telah digunakan sehari-hari dalam kehidupan kita, mulai dari pencarian digoogle, dalam beberapa media sosial, hingga mobil listrik terkemuka seperti Tesla yang telah mengadopsi AI.

Pemanfaatan Data Science dan AI nyatanya telah dirasakan diberbagai bidang, salah satunya dalam bidang bisnis. Tentu penggunaan teknologi tersebut dapat memudahkan suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan keefektifan dalam proses bisnis. Reynaldo menjelaskan ada lima manfaat yang ditawarkan Data Science dan AI di bidang bisnis, yang pertama ialah Automation. Dimana dengan hadirnya Data Science dan AI dalam bidang bisnis otomatis perusahaan dapat meningkat produktifitas, kualitas dan proses bisnis menjadi lebih efisien.

Increased Business Efficiency dapat membantu perusahaan untuk menciptakan layanan yang lebih fleksibiitas untuk konsumen, Solving Complex Problem dimana perusahaan juga dapat memecahkan masalah dengan lebih cepat dan tepat, Smart Decision Making perusahaan dapat membuat keputusan lebih baik dan Enhanced Costumer Experience dimana perusahaan bisa lebih dekat dengan pelanggan karena melalui Costumer Experience yang dapat mengetahui keinginan para pelanggan. Selain itu juga terdapat beberapa aplikasi yang menggunakan Data Science dan AI dalam bidang bisnis, yakni CRM, ERP dan Chatbot.

Terkait hal tersebut, Reynaldo menyampaikan bahwa dalam sebuah aplikasi tentu dibutuhkan suatu perangkat yang mumpuni untuk menjalankan aktivitas tersebut. Menjawab tantangan tersebut, Dell Technologies menyediakan berbagai inovasi, mulai dari Server, Storage, Switch serta berbagai macam inovasi produk lainnya.

Dell Technologies melakukan inovasi bisnis dengan menyediakan beberapa produk yang telah mengadopsi AI dan Data Science dalam berbagai bidang, di antaranya Business Application, Analytics, AI/ML/DL, HPC Application, Data Analytics dan Containers & VDI.

Selanjutnya, Reynaldo menjabarkan Inovasi Server dari Dell Technologies yakni The New Dell EMC PowerEdge Server Portofolio yang mana dapat menunjang kebutuhan AI dan Data Science untuk suatu perusahaan, salah satunya, Server EDGE & TELCO yang mana sudah memiliki sertifikasi militer. Cocok digunakan dalam lingkungan berdebu, tahan guncangan dan tahan di suhu terpanas maupun terdingin.

Lebih lanjut, Reynaldo menyampaikan bahwa selain menyediakan inovasi berbagai portofolio server Dell Technologies juga mengutamakan keamanan. Dimana kita juga perlu mementingkan keamanan di dalam hardware. Ada dua fitur keamanan utama yang disediakan, meliputi sisi Protect dan Detect juga terdapat Recover.

“Karena pada dasarnya, terkait security, serangan itu bisa terjadi dari luar maupun dari dalam,” kata Reynaldo.

Tak hanya itu, Dell Technologies juga menyediakan inovasi Dell EMC Entry & Midrange Storage around the globe. Dimana yang paling umum ialah jenis PowerVault ME 5 Series sebagai storage yang mengutamakan kapasitas, kedua Unity XT Series yang mengutamakan dari segi performa dengan support penuh SSD dan ketiga Storage PowerStore Series sebagai storage tertinggi dari Dell Technologies dengan kecepatan storage lebih dari seri Unity. Selain inovasi server, keamanan dan storage, Dell Technologies juga melakukan inovasi networking, yang tersedia di Data Center maupun Campus Core.

Lebih jauh, Dell Technologies juga menyediakan perangkat solusi untuk kebutuhan cloud, seperti VMWare, Microsoft Azure, Open Stack dan AWS.

“Di dalam sebuah prangkat itu pasti ada yang menjalankannya, untuk itu menurut pandangan saya kita perlu memperhatikan perancangan infrastruktur. Kalau berbicara keamanan, tidak ada yang namanya pasti benar-benar aman maka perlu diutamakan dari segi layer, sehingga serangan itu bisa kita ketahui baik dari dalam maupun luar,” jelasnya.

Oleh karenanya, dengan hadirnya perkembangan teknologi yang semakin pesat baik itu blockchain, metaverse dan lain-lain. Sebagai distributor resmi Dell Technologies, lanjut Reynaldo, Adakom merasa tertantang untuk selalu memberikan solusi. “Karena sekali lagi, kami akan menciptakan solusi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan teknologi ke depan,” tutupnya.

ABDI mengapresiasi atas partisipasi dan dukungan dari Adakom International Technology di kegiatan ABDI Websummit DataGovAI 2022. PT Adakom International Technology menerima Anuegerah Apresiasi Award DataGovAI 2022 Best Data & AI Technology dalam bidang Distribusi IT Hardware. Adakom telah sukses mendistribusikan IT Hardware kepada Dealer, Mitra dan Solutions Provider di seluruh Indonesia.