Perusahaan Teknologi Raksasa Google, Microsoft, dan Aisensum Ungkap 3 Tips Taklukkan Transformasi Digital 2023

0
826
Potret Chairman Markplus inc. Hermawan Kartajaya bersama Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas dalam acara Markplus Conference 2023

 

Jakarta, Komite.idMarkPlus Conference 2023 yang digelar oleh MarkPlus Corp pada 8 Desember 2022 di The Ritz-Carlton, Jakarta menghadirkan talkshow Digital-Beyond Limits Business Transformation. Di sesi ini, tiga perusahaan teknologi raksasa Google Indonesia, Microsoft, dan Aisensu, membagikan wawasan terkini soal transformasi digital serta bagaimana para pemasar harus menghadapinya.

Google: Digital Marketing Maturity

Elvira Jakub selaku Head of Industry Google Indonesia menyampaikan bahwa, “Saat ini transformasi digital perlu segera diadaptasi oleh perusahaan untuk mengukur dimana posisi perusahaan dibandingkan kompetitor. Esensi transformasi digital yakni mendorong efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan,” kata Elvira dalam keterangan tertulis yang diterima Komite.id, Jumat (09/12/22).

Untuk membantu perusahaan dalam perjalanan transformasi digitalnya, Google telah memperkenalkan kerangka Digital Marketing Maturity, yang terdiri dari Nascent di tahap pemula, Emerging di tahap menengah, Connected di tahap advanced, dan Multimoment di tahap super advanced.

Bagi Elvira, perusahaan perlu terlebih dahulu memahami di tahap apa perusahaan berada, sehingga kemudian dapat menerapkan berbagai taktik dan strategi untuk meningkatkan Digital Marketing Maturity-nya. Keempat tahapan ini dapat diakselerasi dengan konsolidasi media, pemanfaatan ads, personalisasi konsumen, integrasi CRM, dan percakapan yang data-driven. “Menjadi data-driven artinya perusahaan dapat mengukur seluruh aktivitas yang dilakukannya,” jelasnya.

Aisensum: Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI)

Bicara soal iklan, Vivek Thomas selaku Managing Director Aisensum menyampaikan saat ini pemasar perlu memanfaatkan kekuatan Artificial Intelligence (AI) untuk memaksimalkan pemasaran digital. Misalnya untuk memahami seperti apa kebutuhan dan preferensi konsumen. “Banyak usaha skala kecil yang baru lahir dan kerap mengeluh kenapa hasil beriklan mereka tidak membuahkan hasil atau ROI (Return of Investment), ini menjadi salah satu akibat ketika pemasar tidak melakukan riset sebelum mengeluarkan dana untuk beriklan,” tutur Viviek,

Bagi Viviek hal ini menjadi tantangan nomor satu yang dihadapi usaha kecil dalam pemasaran digital. Tanpa memanfaatkan Artificial Intelligence untuk mengolah data, pemasar hanya akan bertindak reaktif. Sebaliknya jika pemasar mampu memanfaatkan tsunami data maka Ia akan bertindak proaktif.

“Dalam beriklan pun, materi iklan harus merupakan hasil dari sebuah riset untuk mengetahui siapa segmen pelanggan anda. Setelah itu, data tersebut digunakan dan dikombinasikan dengan materi iklan,” ujar Viviek.

Microsoft: Sinergi Komunitas dan Talenta

Densi Refwalu Country Marketing Lead Microsoft Indonesia menyampaikan bahwa saat ini pemasar perlu menyadari pentingnya pemberdayaan komunitas dan talenta perusahaan. “Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana komunitas di Indonesia dapat bersinergi untuk mempercepat transformasi terutama dengan literasi digital,” imbuh Densi dalam acara MarkPlus Conference 2023.

Densi menyadari kompetensi talenta perusahaan memerankan peranan esensial bagi berjalannya roda perusahaan. Ia menyatakan pihaknya dan Microsoft mendukung wanita dan anak-anak muda di Indonesia untuk mengikuti kompetisi dan berbagai aktivitas literasi. “Microsoft berkomitmen untuk mendukung setiap orang dan organisasi untuk mempercepat transformasi digital, sehingga ekonomi digital dapat segera diimplementasi di Indonesia,” ungkapnya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.