ABDI Sukses Gelar DataGovAI 2022 Hari Ketiga Bahas Future & Ecosystems Technology

0
252
Master of Ceremony Dora Angela saat memandu acara Websummit DataGovAI 2022 Day 3 (29/11/22).

 

Jakarta, Komite.id – Websummit DataGovAI 2022 menjadi salah satu acara tahun ke 5 dan terbesar ABDI (Asosiasi Big Data dan AI) untuk Data Science & AI Technology, Governance & Ecoystems. Pada hari ketiga (29/11/22), BCA eHall, ABDI mengusung sub tema Day 3 yakni ‘Future & Ecosystems: Towards Metaverse, Smart & Safe Nation, Digital Economy & Startup, Future Data Science & AI bagian dari tema utama “Interopability, Integrity & Trust Of Digital Technology Towards Future Economy Recovery & Metaverse”.

Websummit DataGovAI 2022 Hari ketiga, menghadirkan banyak pembicara dari Institusi Pemerintah, Technology Provider, Akademisi dan para pemangku kepentingan dari 5 negara. Acara dibuka oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo; dan Ministerial Keynote dari Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Angela Herliani Tanoesoedibjo dan  Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga;  Dilanjutkan oleh High Level Keynote Staf Ahli Menteri Kesehatan, Setiaji MSi, Kemenkes RI, Setiaji; EVP Bank BCA, David Formula; Ketua Umum Kosgoro 1957 Dave A Fikarno.

Chairman ABDI Rudi Rusdiah saat menyampaikan Welcome Remarks dalam acara Websummit DataGovAI 2022, Day 3 (29/11/22)

Acara dibuka dengan Welcome Remarks Day 3 BCA E-HALL dari Chairman ABDI Rudi Rusdiah,  dengan Tema “Future & ecosystem of Data Science & AI to Metaverse in the midst of Global 4”. Dalam hal ini ABDI mencoba menerawang masa depan digital transformasi yang disruptif dengan merangkum hasil dari 3 hari diskusi dengan narasumber di Websummit DataGovAI 2022.

“Kami mempredisksi ada empat potensi perubahan yang signifikan di tengah geopolitik dunia yang penuh ketidak pastian uncertainty karena 4C (Conflic, Covid 19, Climate Change & Crisis Energy, Pangan dan Gap Daya beli,” tutur Rudi Rusdiah.

Yang Pertama Melihat Sisi Negatif Teknologi AI yang dapat menggantikan pekerjaan manusia menyebabkan PHK seperti penggunaan Robot dan Autonomous Car (Mobil tanpa Supir). Atau Aplikasi yang berbahaya seperti AI di Militer yang tidak manusiawi serta teknologi Deep Fake AI yang menyebarkan Hoax. Melihat sisi Positif dan Manfaat dari Teknologi AI yang memberdayakan manusia misalnya Aplikasi Google Map, Waze di Smartphone kita.

Yang Kedua, Wall Garden atau Taman Indah yang tertutup dari Aplikasi SosMed misalnya Facebook, dimana pengguna aplikasi 2D FB serba gratis untuk upload Avatar, foto, video, story & sharing kebiasaan profil anda secara gratis menciptakan Digital Twin Profil atau Diri Anda di Walled Garden SosMed FB anda.  Tanpa kita sadari, semua kegiatan & aset anda disosmed di kontrol, di analisa & dimiliki oleh pemilik taman sosmed yang otoriter & tertutup.  Penngguna warga SosMed harus mengikuti 100% aturan pemilik taman dengan algoritma & blackbox tertutup, tanpa demokrasi & hak pilih dalam ecosystem Taman Indah 2D Digital. Yang Ketiga Digital Twin akibat Penggabungan (Convergence) Dunia Maya Avatar SosMed dengan Dunia Nyata Universe menciptakan Digital Twin Verse via Data Spasial Geo Positioning (GPS) di SmartPhone anda. Contohnya Aplikasi:  Waze, Google Map, Pokemon. Dan yang terakhir, Wall Garden atau Taman Indah Metaverse 3D dari  SosMed Facebook 2D.

Ketua MPR RI saat menyampaikan Ministerial Keynote dalam acara Websummit DataGovAI 2022, (29/11/22)

Selanjutnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka Websummit dan menyampaikan High Level Keynote tentang bagaimana masa depan Indonesia ditengah persaingan geo politik Global dan upaya transformasi digital serta meningkatkan Keamanan Data & Cyber, dimana perlu diingat tahun 2024 adalah tahun Pemilu bagi Indonesia dan AS.  Pada pertemuan G20, Worldbank & Jefry Sach memberi peringatan akan adanya 60 lebih negara mengalami krisis multidimensi dan kemungkinan gagal (failed nation), namun tahun 2022 Indonesia sukses memimpin negara G20 dan menjadi Host Pertemuan G20 Leaders di Bali, serta sukses menghasilkan Deklarasi dan Komunike G20, ditengah tantangan Global 4C yang mengkhawatirkan dunia.

Untuk menyikapi tantangan ke depan, Bambang Soesatyo menekankan, “Kolaborasi menjadi isu yang sangat penting dan strategis oleh KADIN Hubungan Polhukam & ABDI bersama BSSN, PolRI, Lemhannas, BIN & TNI, serta menjalin kerja sama di tingkat nasional, regional hingga kerja sama multilateral seperti di G20,” imbuh Ketua MPR RI.

Wakil Menteri Parekraf Angela Herliani Tanoesoedibjo saat menyampaikan Ministerial Keynote dalam acara Websummit DataGovAI 2022, (29/11/22)

Ministerial Keynote Pertama Day 3 oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Angela Herliani Tanoesoedibjo, yang komprehensif, insight full dan inspiring bagi Generasi Muda Indonesia. Angela mengutip Tiga Fokus Pengembangan Digital yang dicanangkan Presiden Jokowi yaitu, Kesetaraan akses Digital, Literasi Digital dan Mempertahankan Lingkungan Digital yang Aman & Produktif.

Dalam hal ini, Optimisme Angela sebagai kabar gembira bagi Generasi muda & peserta Websummit, bahwa Ekonomi Digital & UKM sebagai pilar Ketahanan Ekonomi Indonesia dan e-commerce Indonesia akan mencapai USD 330 miliar pada tahun 2030. Dimana lebih dari dua pertiga pendapatan Global Travel Tourisme Market dari penjualan tiket online mencapai $690 miliar 2026.

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga saat menyampaikan Ministerial Keynote dalam acara Websummit DataGovAI 2022, (29/11/22)

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga mengungkapkan bahwa di tengah perlambatan ekonomi dan resesi global, ekonomi Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan positif di berbagai indicator dan surplus diperdagangan internasional. “Kita patut bersyukur karena inflasi Indonesia relatif rendah dibandingkan negara anggota G20 lainnya,” jelas Jerry Sambuaga.

Dirinya menekankan bahwa ke depan, penggunaan teknologi BIG Data, AI dan Cloud Computing adalah sebuah keniscayaan. Selain itu, pertumbuhan ekonomi digital juga berdampak pada perdagangan aset digital. Dimana saat ini, aset kripto dikenal dengan baik sebagai salah satu instrumen investasi. Sehingga diharapkan hal ini dapat membantu perekonomian digital Indonesia bisa tumbuh.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Officer Kemenkes RI Setiaji, saat menyampaikan Ministerial Keynote dalam acara Websummit DataGovAI 2022, (29/11/22)

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Officer Kemenkes RI Setiaji menyampaikan bahwa dalam pemanfaatan teknologi, Kementerian Kesehatan terus berkomitmen untuk mendorong integrasi data kesehatan dapat terwujud di semua fasilitas layanan kesehatan di Indonesia. Dimana, integrasi data dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan.

Ketua Umum Kosgoro 1957, sekaligus anggota Komisi 1 DPR RI Dave Akbarshah Fikarno dalam acara Websummit DataGovAI 2022, (29/11/22)

Ketua Umum Kosgoro 1957, sekaligus anggota Komisi 1 DPR RI Dave Akbarshah Fikarno, membahas tentang ‘Digitalisasi & Regulasi untuk Kepastian Ekonomi, khususnya dengan sukses melahirkan UU Perlidungan Data Pribadi (PDP) No 27 Tahun 2022’. “Di era digitalisasi saat ini, untuk bisa berjalan dengan baik maka ini membutuhkan suatu regulasi, salah satunya UU PDP sehingga ada kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada seluruh elemen masyarakat yang berkaitan dengan digitalisasi dan perkembangan-perkembangan ekonomi digital,” tandas Dave A. Fikarno.

(ki-ka) Moderator oleh Dubes Serbia (2010-2014) Kementerian Luar Negeri RI, Ir Semuel Samson; SVP Digital Innovation Solutions BCA, Adi Prasetyo; Direktur Tata Kelola Keamanan Siber BSSN, Nunil Pantjawati ME; Senior Solution Architect AMD ASEAN, Eric Sugiono; PT Adakom International Technology,Reynaldo Suwandi; dan Head of Blockchain Solutions by WIR Group Aldi Rahardja, M.Eng, pada acara DataGovAI 2022, (29/11/22)

Sebagai acara akbar tahunan ABDI, DataGovAI 2022 sukses meluncurkan buku ABDI ke 5 dengan judul “The Future, Benefit Singularity & Governance of Technology” yang melibatkan banyak penulis dari berbagai kalangan dari 7 Negara, tuan rumah Indonesia, Amerika Serikat, Singapura, Estonia, British Teritory, India & Nepal. ABDI juga mempersiapkan deklarasi buku ABDI pada acara DataSecurAI 2023 bulan Maret 2023 tahun depan.

Ketua MPR, Kepala BSSN, Wamen Parekraf, Rektor UUNHAN dan Dirjen Dukcapil turut mengucapkan selamat kepada para penerima apresiasi Anugerah Penghargaan dengan kategori penghargaan pertama Best Data  & AI Technology 2022 dan Kedua  Best Data & AI Governance 2022 atas prestasinya mengembangkan dan memanfaatkan teknologi Data Science & AI serta mendukung kegiatan penulisan buku & acara Websummit ABDI tahun 2022.

Turut hadir SVP Digital Innovation Solutions BCA, Adi Prasetyo; Senior Solution Architect AMD ASEAN, Eric Sugiono; Head of Blockchain Solutions by WIR Group Aldi Rahardja, M.Eng; PT Adakom International Technology, Reynaldo Suwandi; Direktur Tata Kelola Keamanan Siber BSSN,  Nunil Pantjawati ME; yang dimoderatori oleh Dubes Serbia (2010-2014) Kementerian Luar Negeri RI, Ir Semuel Samson.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.