WALUBI – KCBI Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional 2022, Dukung Merdeka Belajar

0
649

 

Jakarta, Komite.id – Ketua Dewan Pengawas DPP WALUBI Murdaya Widyawimarta Po menjadi salah satu tamu kehormatan dalam peringatan hari guru nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada hari Sabtu, 26 November 2022.

Adapun turut hadir dalam kesempatan tersebut Bidang 9 DPP WALUBI Jeanne Widjaja, Pelaksana Harian DPP KCBI Eric Fernardo, S.I.P., M.Si., Bidang Humas dan Sosial Media DPP KCBI Wikyi Wahyudi, S.Psi.

Adapun Mendikbudristek Nadiem Makarim turut menghadiri dan memberikan sambutannya dalam acara puncak perayaan Hari Guru Nasional 2022 bertajuk ‘Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar’. Kurikulum merdeka menjadi salah satu yang dibahas Nadiem dalam sambutannya.

“Kita memasuki babak baru era baru dengan kurikulum yang memberikan kekuasaan jauh lebih besar untuk para guru. Para guru bisa mengembangkan project-project kreatif yang membuat pembelajaran jauh lebih menyenangkan,” kata Nadiem di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11). Selain itu, Nadiem menyebut bahwa dengan kurikulum merdeka, maka kurikulum mata pelajaran telah dirampingkan.

“Bukan hanya itu, di kurikulum merdeka materinya juga dirampingkan. Sehingga guru diberikan waktu dan ruang untuk mendalami setiap mata pelajaran,” tutur Nadiem. Dengan kurikulum dirampingkan, para guru dinilai memiliki kebebasan untuk memberikan waktu kepada murid yang tertinggal dalam satu mata pembelajaran.

Dalam perayaan ini, hadir ratusan guru dari berbagai wilayah di Indonesia untuk menyemarakkan acara yang akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI dan TVRI. Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim akan berinteraksi dengan para guru hebat , didampingi sosok muda berbakat Maudy Ayunda. Selain itu, juga akan tampil Allfy Rev dan Meiska Adinda, Kikan Cokelat, KILA, Gita Bumi Voices, dan MOU Dance Company.

Ditemui usai peringatan hari guru nasional 2022, Pelaksana Harian DPP KCBI Eric Fernardo menyampaikan “Kami umat Buddha terus mendukung program merdeka belajar yang digagas oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim, harapan kami melalui merdeka belajar setiap orang bisa menjadi guru, dan setiap rumah bisa menjadi sekolah seperti yang dicanangkan oleh Ki Hadjar Dewantara,” terang Eric Fernardo yang juga akademisi Universitas Indonesia ini.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.