ABDI Sukses Gelar DataGovAI 2022 Hari Pertama Bahas Teknologi Transformasi & Disrupsi tahun 2022 Indonesia Presidensi G20

0
182
Master of Ceremony Dora Angela saat memandu acara Websummit DataGovAI 2022 Day 1 (22/11/22).

 

Jakarta, Komite.id – Perhelatan 5th DataGovAI 2022 Websummit terbesar untuk Data Science & AI Technology, Governance & Ecoystems, yang diselenggarakan Asosiasi Big Data dan AI (ABDI) menghadirkan banyak pembicara dari instansi pemerintah, pemangku kepentingan, akademisi dari 5 Negara usai berakhirnya G20 Indonesia Presidency & Host di Bali.

Pada hari pertama (22/11/22), AMD eHall, ABDI mengusung sub tema khusus yakni “ABCDE Technology Transformation & Disruption” yang dilaksanakan pukul 13.00 – 17.00 WIB bagian dari tema besar “Interopability, Integrity & Trust Of Digital Technology Towards Future Economy Recovery & Metaverse”.  ABCDE Technology di definisikan oleh ABDI sebagai AI, Blockchain, Clouds, Big Data & CyberSecurity yang merupakan bagian dari teknologi Industry 4.0.

Acara diawali dengan Welcoming Remark oleh Chairman ABDI (Asosiasi Big data & AI) yang juga Host dari Websummit ABDI DataGovAI dengan judul “Technology for Cyber Resilience facing APT Attack”.  Advanced Persistent Threat (APT) adalah serangan oleh para Hacker yang Profesional dan sangat persisten atau gigih menyerang dengan teknologi mutakhir sehingga harus juga dihadapi oleh Teknik Teknik Cyber Security yang terkini (up to date) menggunakan strategi pengamanan berlapis lapis dan menyeluruh yang dikenal dengan istilah Defense in Depth.

Chairman ABDI Rudi Rusdiah saat menyampaikan Welcoming Remarks Websummit DataGovAI 2022 Day 1 (22/11/22)

Judul dan Fokus Welcoming Remark ABDI Day 1 ini dipilih untuk mengingat data anomali dan Serangan yang semakin massif menurut laporan dari BSSN yaitu sebanyak 1,637,973,022 serangan pada tahun 2021.

Protokol Covid Pandemi sejak Feb 2021, memaksa manusia di dunia lakukan WfH & Sosial Distancing, sehingga Bisnis eCommerce, Food Delivery, Kesehatan, IT, Zoom Meeting, Elearning   menjadi booming, karena banyak Kantor, Mall & Pertokoan yang tutup atau menjalankan protocol Covid 19.  Namun Para Hacker juga manfaatkan kondisi disruptif ini dengan exploit (menyerang) vulnerability (kerentanan) karyawan kantor yang WfH & bekerja dari luar perimeter Firewall Enterprise. Para Hacker Professional yang sukses menyebarkan coding & script kiddies serta jual beli Data Curian & ilegal di DarkWeb yang tumbuh pesat.

Gubernur Lemhannas RI saat menyampaikan Keynote dalam Websummit DataGovAI 2022 Day 1(22/11/22)

Dilanjutkan dengan High Level Keynote oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto yang sekaligus membuka Day 1, AMD eHall membahas “Tantangan Cyber Security di Era Disrupsi Informasi” dengan menjabarkan 4 strategi yang perlu dilakukan untuk atasi ancaman keamanan siber di antaranya, melakukan pencegahan, pengawasan deteksi asesmen ancaman, membangun daya tahan keamanan siber dan mitigasi dampak.

“Jika ke-empat strategi ini kita kombinasikan untuk mengatasi ancaman global dan lokal dalam bidang keamanan siber, diharapkan kita akan memiliki satu kerangka kerja integratif untuk menanggulangi masalah-masalah yang muncul dari disrupsi informasi di ruang digital kita,” ucap Andi Widjajanto, saat menjadi Keynote Speaker di Websummit DataGovAI 2022, Selasa (22/11/22).

Paparan dari Gubernur Andi, mengingatkan kita supaya jangan terlena dan harus selalu waspada, dimana Pandemi Covid 19 membuat kita semua semakin bergantung pada ruang siber & meningkatnya  resiko ancaman Siber sebagai Tantangan di Era Teknologi 4.0 Transformasi & Disrupsi.  Memasuki Tahun Pemilu 2024, kita juga harus waspada terhadap peranan Sosial Media yang semakin massif dengan algoritma blackbox nya yang tertutup terbuka kemungkinan berisi algoritma post truth dan polarisasi bagi salah satu peserta Pemilu sehingga mengganggu demokrasi Pemilu seperti yang terjadi dengan Pemilu di AS dan skandal data Cambridge Analytica.

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto saat menjadi Ministerial Keynote Websummit DatGovAI 2022 Day 1 (22/11/22)

Selanjutnya, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto juga menjelaskan terkait rumusan G20 Bali Leaders Declaration yang berisi 52 poin kesepakatan, terdapat tiga poin di antaranya yang terkait dengan percepatan transformasi digital. Salah satunya, menyepakati pentingnya upaya percepatan transformasi ekosistem ekonomi digital dalam mencapai agenda Sustainable Development Goals (SDGs).

“Lingkungan online yang tangguh, aman, dan terlindungi diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap ekonomi digital,” jelas Menko Airlangga.

Selain itu, konektivitas digital yang terjangkau dan berkualitas merupakan unsur utama dalam mendorong inklusivitas dan transformasi digital. Dalam poin ini juga ditegaskan pentingnya data bagi pembangunan, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan sosial. Seperti yang kita tahu, transformasi digital merupakan kunci dalam percepatan pemulihan dan peningkatan daya saing ekonomi nasional dalam hal ini, Pemulihan Ekonomi menjadi sangat krusial ditengah ancaman Global 4C yang melanda dunia & negara G20, yaitu Conflict War; Covid 19, Crisis (Food & Energy) dan Climate Change.

Tentu Perlu digaris bawahi bahwa Digital Transformation & Disruption menjadi salah satu pilar utama untuk mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional ditengah ancaman Global 4C yang menghantui dunia, namun dapat di atasi dengan baik dan sukses oleh Presiden Jokowi sebagai Chair dari G20 Leaders Summit di Bali. Kerja keras Sherpa G20 menghasilkan Deklarasi dan Communique G20 Leaders Summit.

Rektor Universitas Pertahanan RI Amarulla Octavian saat menyampaikan Keynote dalam Websummit DataGovAI 2022, Day 1 (22/11/22)

Rektor Universitas Pertahanan RI Laksdya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian, telah beberapa kali memberikan keynote speech pada Acara Websummit DataGovAI dan kali ini mengungkapkan bahwa, “AI dan Big data dapat dikatakan memiliki hubungan yang sinergis, penerapan AI mengalami kemajuan dikarenakan adanya ketersediaan big data,” imbuh Amarulla Octavian.

Menurutnya, banyak juga yang beranggapan bahwa big data telah membuat AI menjadi lebih pintar dan akurat dalam memberikan hasil yang diharapkan. Proses yang ada membuat AI banyak diterapkan pada aplikasi perangkat elektronik dan perangkat pendukung kehidupan sehari-hari.

Peran AI Teknologi & Data Science untuk menjamin kedaulatan data & system pertahanan & keamanan Rakyat Semesta saat peta geopolitik dunia mengalami perubahan drastic & terdisrupsi oleh dinamika infrastruktur/asset militer, jumlah penduduk di belahan Asia Utara.

Keynote Speech yang menggugah kita semua akan pentingnya pertahanan & keamanan Rakyat Semesta agar dapat menghadapi Persaingan Global dan Polarisasi geopolitik dunia oleh para Super Power & Hegemon Dunia.

CEO & Co-Founder Blibli Kusumo Martanto, saat menyampaikan Keynote dalam Websummit DataGovAI 2022 Day 1 (22/11/22)

CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto sebagai salah satu Business Leaders in Technology and was acknowledged as the Most People-Focused CEO in HR Excellence Award 2022, menjelaskan tentang bagaimana Blibli berfokus menjaga kepercayaan customer dengan menjaga keamanan data pribadi milik penggunanya. Sebagai salah satu pioneer ecommerce start up hingga berpotensi menjadi Unicorn dengan menggabungkan bisnis ecommerce, logistik, retail dan groseries, Ranch Market serta bisnis travel tiket.com menjadi bisnis O2O (Online to Offline). Kini Blibli secara resmi telah melantai dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan flagship PT Global Digital Niaga Tbk, Blibli kode [BELI].

Brando Lubis Country Business Development Manager AMD Indonesia saat menyampaikan Keynote dalam Websummit DataGovAI 2022, Day 1 (22/11/22).

Turut hadir dalam acara tersebut, Country Business Development Manager AMD Indonesia Brando Lubis, Director of Cybersecurity and Crypto on Industrial Sector BSSN Intan Rahayu, Country Business Manager – OEM Business and IoT Lead – Dell Technologies Indonesia Ryan Renaldy, CTO NewOak Finance and Executive Chairman Rosebay Group Rohit Kumar dan Founder Data Accademy Nadia Alatas.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.