Resmi Diluncurkan, United in Diversity Bali Campus dan Tsinghua Southeast Asia Center Hadirkan Fasilitas Teknologi Kelas Dunia

0
99
Sambutan oleh Vice President of Tsinghua University Wang Hongwei pada acara Peluncuran United in Diversity Bali Campus dan Tsinghua Southeast Asia Center di Kura-Kura Bali.(16/11/2022) Dok. IDCOMM

 

Jakarta, Komite.id – United in Diversity (UID) Bali Campus dan Tsinghua Southeast Asia Center secara resmi diluncurkan di Kura Kura Bali. Kolaborasi kedua institusi ini berbentuk sebuah learning hub berskala dunia ini akan menampung semua pihak yang tertarik untuk belajar, berjejaring, mengembangkan kapasitas, dan melahirkan solusi inovatif agar bisa berkontribusi secara langsung pada butir-butir Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Peluncuran ini disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut B. Panjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno. Selain itu, sejumlah undangan antara lain akademisi, pemerintah, LSM, sektor swasta, investor, kelompok seni, dan lainnya turut hadir dalam acara ini.

“UID Bali Campus memiliki visi menjadi pusat pembelajaran bagi semua pihak yang ingin menciptakan solusi terbaik untuk pencapaian TPB berbasis pada kesadaran harmonisasi antara manusia, alam, dan spiritual. UID akan memiliki fasilitas teknologi kelas dunia, seperti inkubator teknologi, ruang hijau, serta akan menjadi sebuah kampus pintar,” tutur Tantowi Yahya, President United in Diversity & Executive Lead THK Forum 2022, dalam keterangan tertulis yang diterima Komite.id, Kamis (17/11).

IDCOMM

Selain dilengkapi dengan teknologi canggih, UID Bali Campus juga menampilkan sebuah pameran kesenian bernama Bali Adobe yang dibangun sebagai ungkapan rasa cinta, dedikasi, dan antusiasme kami terhadap perjalanan budaya Bali, khususnya untuk para generasi muda. Galeri ini sarat dengan berbagai cerita yang divisualkan dengan elemen grafis menarik dan dinamis serta kumpulan artefak yang disajikan sebagai pengingat tingginya peradaban Bali.

“Galeri ini diharapkan dapat menggugah generasi muda untuk tetap bangga akan sejarah dan warisan budaya bangsanya dan memberikan inspirasi untuk terus berkreasi,” tambah Tantowi.

Kolaborasi hari ini dengan Tsinghua University akan membuka akses terhadap pembelajaran seperti transformasi digital, kewirausahaan, kesehatan, aksi mitigasi perubahan iklim, dan topik-topik lainnya terkait TPB. Kolaborasi ini merupakan kelanjutan dari diskusi dalam Tri Hita Karana (THK) Forum 2022 yang berhasil mengajak para pemangku kepentingan tergabung dalam Global Blended Finance Alliance (GBF).

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Tsinghua University, Wang Hongwei, menyampaikan, ”Pusat yang berfungsi sebagai sebuah platform pertukaran ini menjadi bukti kemitraan antara Tsinghua dan UID. Pusat ini juga telah berhasil menjalin mitra-mitra lainnya dari Asia Tenggara dan bahkan lebih luas lagi, untuk mengembangkan program pelatihan, pertukaran ilmu dan kerja sama, sambil menjaga komitmen kami terhadap TPB, Inisiatif Pembangunan Global yang diusulkan oleh Presiden Xi Jinping, dan Peta Jalan Era Baru Bali Kerthi yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo,” jelasnya

Presiden Kehormatan UID, Sir Gordon Duff menegaskan,”UID Bali Campus dan THK Forum menyambut baik kemitraan dengan Tsinghua University yang sudah berumur lebih dari 100 tahun dan termasuk universitas terbaik di dunia untuk belajar teknologi, ekonomi, dan riset. Kami berharap bisa membawa orang-orang terbaik dari seluruh dunia untuk berbagi dan mengembangkan ide solusi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, juga terdapat penandatanganan Surat Pernyataan Niat (LoI) antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI dengan Oceanographic Research and Exploration Foundation (OceanX), G Forty-Two General Trading LLC (G42), dan G Tech Digital Asia (GTech).

Kemitraan ini didedikasikan untuk riset kelautan, teknologi, dan peningkatan kapasitas untuk mendukung agenda Pemerintah Indonesia mencapai laut yang berkelanjutan. Kemitraan ini akan memberdayakan sektor kelautan melalui penerapan praktik terbaik, pengetahuan, dan informasi terkait sumber daya laut.

“OceanX menggunakan teknologi terkini, inovasi ilmu, narasi yang menarik yang bisa menghubungkan masyarakat dunia kepada laut; serta membangun komunitas global yang sungguh-sungguh memahami, menikmati, dan melindungi laut kita,” tutur Ray Dalio, Founder and Advisor OceanX.

Inisiatif kunci lainnya yang diluncurkan adalah Wealth of Ocean Alliance (WOOA), sebuah kemitraan untuk mendukung ekonomi biru berkelanjutan serta mendukung Blue Halo S dalam mengonservasi hingga 30% area yang mengacu pada kebijakan kuota perikanan dan pengurangan sampah plastik.

Beberapa solusi berbasis teknologi di atas adalah bentuk pembelajaran nyata yang didukung oleh UID Bali Campus dan para mitranya.

Acara ditutup dengan penguatan komitmen Global Blended Finance Alliance (GBF) yang telah ditandatangani saat acara THK Forum 2022 pada 14 November lalu. GBF ini termaktub di dalam Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali sebagai inisiatif untuk menjembatani kebutuhan pendanaan untuk mengimplementasikan Agenda 2030.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.