Silahturahmi Ketum PSMTI dengan Mochtar Riady: Indonesia Bisa Maju & Tangguh melalui Pendidikan

0
271
Audiensi Ketum PSMTI Wilianto Tanta beserta jajaran PSMTI disambut baik DR. Mochtar Riady, Dewan Kehormatan Senior PSMTI, Senin (08/08). Dok. PSMTI

“Untuk program kerja UMKM ini ibaratnya kita jangan langsung memberikan ikan, tetapi memberikan  kail dan jaring untuk membantu…”

Jakarta, Komiite.id – Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Pusat Wilianto Tanta bersama jajaran kepengurusan PSMTI Pusat melakukan audiensi dengan salah satu Dewan Kehormatan Senior PSMTI sekaligus Pendiri dan Ketua Organisasi Kelompok Lippo DR. Mochtar Riady, di Lippo Karawaci, Tangerang, Senin (08/08).

Apa yang bisa saya lakukan untuk Seratus Marga ?

Dalam pertemuan tersebut, Ketum PSMTI Pusat Wilianto Tanta didampingi Teguh Kinarto Wakil Ketua Umum (WKU) Koordinator Wilayah (Korwil) Jawa tengah, DIY, Jawa Timur, Untung Chandra WKU Departemen hubungan antar Marga, Tirtahadi Sendjaja Wakil Ketua Umum (WKU) Departemen organisasi Tionghoa dan Saiman Sutanto Wakil sekretaris umum. Sementara DR. Mochtar Riady didampingi Suryawati Lidya (istri DR. Mochtar Riady) dan cucunya.

Audiensi Ketum PSMTI dan Rombongan disambut baik dan diberi jamuan makan siang dengan suasana mesra dan hangat milik DR. Mochtar Riady. Pertemuan yang dipimpin Wilianto Tanta sebagai Ketua Umum PSMTI berlangsung harmonis dengan canda dan tawa selama kurang lebih 4 jam pertemuan berlangsung.

Potret jajaran PSMTI yang dipimpin Ketum PSMTI Pusat Wilianto Tanta saat sedang berbincang dengan DR. Mochtar Riady, Senin (08/08). Dok. PSMTI

Perlu diketahui, Mochtar Riady merupakan Pendiri dan Ketua Organisasi Kelompok Lippo, juga Pendiri dan Ketua Mochtar Riady Institute for Nanotechnology, dan Ketua Eksekutif dan Dewan Penasihat Universitas Pelita Harapan (UPH). Sebagai Pendiri dan Ketua Organisasi Kelompok Lippo, DR. Mochtar menceritakan kisah perjalanan karirnya selama di dunia bisnis baik itu di bidang Pendidikan dan Kesehatan. Sebelumnya, Mochtar Riady juga telah menjalin hubungan dekat dengan Teguh Kinarto yang mana keduanya merupakan teman lama sekaligus pendiri Universitas Ma Chung, Malang, Jawa Timur.

Di usia 94 tahun, Pendiri dan Ketua Organisasi Kelompok Lippo, DR. Mochtar Riady masih terus mengingatkan anak dan cucu bahwa pentingnya pendidikan dalam memajukan generasi muda, memajukan Indonesia menjadi satu bangsa yang kokoh dan jaya.

Selama pertemuan berlangsung, Mochtar Riady menilai baik kinerja positif dari suku Tionghoa di Indonesia. Terlebih, banyaknya wujud nyata peran PSMTI dalam berbagai kegiatan untuk masyarakat Indonesia baik sosial, budaya dan pendidikan. Sebagai orang yang berperan dalam membesarkan keuangan di Bank BCA, DR. Mochtar Riady juga membahas UMKM yang berkaitan dengan program kerja UMKM PSMTI Pusat.

“Untuk program kerja UMKM ini ibaratnya kita jangan langsung memberikan ikan, tetapi memberikan  kail dan jaring untuk membantu melengkapi usaha mereka supaya bisa berkelanjutan di masa depan,” ujar Pendiri dan Ketua Organisasi Kelompok Lippo.

Kepada Ketum PSMTI, DR. Mochtar Riady menyatakan kesiapannya dalam mendukung dan memberikan fasilitas untuk kepengurusan PSMTI Pusat dalam berperan membangun Indonesia.

Menjadi salah satu orang yang peduli dengan pendidikan, Mochtar Riady mengatakan akan memberikan beasiswa kepada Mahasiswa Tionghoa Prasejehtera yang berprestasi melalui jalur PSMTI di Universitas Pelita Harapan, yang nantinya akan diseleksi penerimaan beasiswa perguruan tinggi di Universitas tersebut. Mochtar Riady memberikan beasiswa ini karena ingin membantu para pemuda pemudi dalam menimba ilmu dan diperuntukan bagi keluarga yang kurang mampu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta berterima kasih atas jamuan mewah namun disajikan dengan sederhana dan mengapresiasi masukan dari Mochtar Riady dalam pengembangan PSMTI ke depan. “Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Mochtar Riady yang telah memberikan dukungan berupa beasiswa kepada suku Tionghoa-Indonesia. Saya salut kepada Bapak karena masih terus bekerja untuk kemajuan pendidikan di Tanah Air,” kata Wilianto.

Penyerahan Piagam Pengangkatan yang dipegang Ketum PSMTI Wilianto Tanta (kanan) kepada Dewan Kehormatan Senior PSMTI DR. Mochtar Riady (kiri). Dok. PSMTI

Ketua Umum PSMTI Pusat, Wilianto Tanta beserta jajaran yang baru dilantikan di Intercontinental Hotel, Pondok Indah, Jakarta, (06/07) beraudiensi untuk memperkenalkan diri sebagai pemegang kepemimpinan baru dengan masa bakti 2022-2026. Di akhir pertemuan, Wilianto Tanta menyerahkan Piagam Pengangkatan beserta plakat kepada DR. Mochtar Riady selaku Dewan Kehormatan Senior PSMTI. Rencananya, terkait kerja sama PSMTI dan Pendiri dan Ketua Organisasi Kelompok Lippo ini akan diformalkan dalam bentuk MoU.

Oleh: Humas PSMTI

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.