PSMTI Gandeng Lemhannas Tingkatkan Pendidikan Lewat Pelatihan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan

0
935
Potret Rombongan PSMTI menyerahkan Cinderamata untuk Lemhannas RI yang diterima Gubernur Andi Widjajanto, Rabu (27/07) Dok. Lim Sjin Phen/PSMTI

Kerja sama antara PSMTI dan Lemhannas RI sudah berjalan sejak PSMTI dilahirkan oleh founder dan mantan Ketum PSMTI Brigjen TNI Tedy Jusuf.

Jakarta, Komite.id – Audiensi PSMTI yang dipimpin Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tioghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta ke kantor Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) disambut baik oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Rabu (27/07).

Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama antara PSMTI dan Lemhannas RI agar PSMTI mendapatkan pelatihan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai). Seperti yang diketahui, berkembangnya teknologi menjadi salah satu pemicu untuk meningkatkan pendidikan. Dalam hal ini Lemhannas terus berupaya memperkuat benteng kebangsaan dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk memantapkan nilai-nilai kebangsaan.

Rombongan PSMTI dipimpin oleh Ketum PSMTI Wilianto Tanta didampingi Koordinator Wakil Ketua Umum Kumham dan Kelembagaan Peng Suyoto, B.Com, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Dr. Hasan Karman, SH, MM, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Tenggono C Phoa, Wakil Ketua Umum Bidang Kaderisasi Johnny Situwanda, S.H.,M.H., Wakil Bendahara Umum Dr. Ariella Hana Sinjaya, S.Pd., M.Div., MH, Edwin Jusuf, S.E., M.E Sekretaris Dept Koordinasi Marga – PSMTI Pusat Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Masyarakat & Media Dr. Rudi Rusdiah MA, Sudiono Chung Wasekum PSMTI Pusat, Luccy Jappy Wakil Sekretaris Umum, Lim Sjin Phen, Ka Dept. Media Cetak & Jurnalistik PSMTI Pusat dan beberapa anggota PSMTI lainnya.

Rombongan PSMTI mengabadikan foto bersama perwakilan dari Lemhannas RI saat acara Audiensi PSMTI ke Lemhannas RI, Rabu (27/07) Dok. Lim Sjin Phen/PSMTI

Wilianto Tanta mengungkapkan maksud dan tujuan PSMTI melakukan kolaborasi dalam kegiatan sosial, budaya dan Pendidikan dengan berbagai pihak. “Kami merupakan paguyuban yang berkegiatan sosial, budaya dan Pendidikan. Jadi memang dibentuk oleh pendiri kami agar bisa membangun dan memberdayakan mansyarakat sekitar,” ungkap Wilianto Tanta.

Perlu diketahui, pelatihan Taplai pada era COVID-19 dilakukan secara Virtual selama 2 minggu dari kediaman/kantor masing-masing misalnya Angkatan I Tahun 2022 dengan peserta 100 orang, mulai Senin, 19 Juli 2022 – Kamis, 28 Juli 2022. Acara dibuka oleh Gubernur Lemhannas dan dilanjutkan dengan materi komitmen pembelajaran pada pagi hari, kemudian diskusi panel materi Sejarah Perjalanan Bangsa dan Pengantar Nilai-nilai Kebangsaan dan materi Perkembangan Lingkungan Strategis.

Kemudian dilanjutkan kembali dengan Diskusi Panel materi Implementasi Ketahanan Nasional dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara dan materi Implementasi Wawasan Nusantara dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara. Tenaga Profesional (TaProf) Lemhannas RI mendukung pelaksanaan pemantapan nilai-nilai kebangsaan dikoordinasikan oleh Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan.

Rombongan PSMTI mengabadikan foto bersama Wagub Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI M. Sabrar Fadhilah di kantor Wagub Lemhannas RI. Dok. Lim Sjin Phen/PSMTI

Tanpa disadari, kerja sama antara PSMTI dan Lemhannas RI sudah berjalan sejak PSMTI dilahirkan oleh founder Brigjen TNI Tedy Jusuf KSA IV 1994. Dimana hampir setiap tahun sejak tahun 2000 selalu ada peserta PSMTI yang mengikuti Pendidikan PPRA (Program Pendidikan Regular 8 bulan) di Lemhannas, seperti Dr Rudi Rusdiah MA adalah alumni PPRA 42(2008), Bapak Edwin Jusuf SE,ME alumni PPRA 58 (2018) dan Dr. Ariella Hana Sinjaya,SPd,MH (2018). Sehingga kerja sama ini ingin terus dilanjutkan dengan Pelatihan Taplai, ujar Ketua PSMTI, Wilianto Tanta. Terlebih, PSMTI sendiri memiliki jaringan kantor wilayah meliputi 31 Propinsi dan 300 Kabupaten/Kota.

Sebagai informasi, PSMTI telah tersebar di 31 Provinsi di Indonesia, memiliki visi misi yang mana Suku Tionghoa Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia bersama komponen Bangsa Indonesia seluruhnya mempunyai hak dan kewajiban membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia menuju masyarakat adil dan makmur dengan meningkatkan kesadaran ber-Masyarakat, ber-Bangsa dan ber-Negara secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Gubernur Lemhannas RI juga berharap akan ada MOU kerja sama yang ditandatangani saat HUT PSMTI 28 September 2022 di lokasi Taman Budaya Marga Tionghoa di Taman Mini Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla dan Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Laksma TNI Deny Septiana, S.A.P., M.A.P.

Rombongan PSMTI mengunjungi kantor Wagub Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI M. Sabrar Fadhilah. Dok. Lim Sjin Phen/PSMTI

Rombongan PSMTI yang dipimpin oleh Ketum PSMTI juga sempat mengunjungi kantor Wagub Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI M. Sabrar Fadhilah, yang juga mendukung kerja sama PSMTI dan Lemhannas RI.

Secara terpisah sebelum acara pertemuan PSMTI dengan Gubernur Lemhannas RI, WKU Humas PSMTI Rudi Rusdiah, yang juga alumni PPRA 42 tahun 2008 berkesempatan mengunjungi Ruang Olah Sismenas dari PPRA 63 tahun 2022 yang sedang berlangsung live di Gedung Panca Gatra dan bertemu dengan para Tenaga Profesional Brigjen TNI (Purn) Dr Paula Theresia S.Sos MM bersama  Mayjen TNI (Purn) Imam Maksudi SE, dan Mayjen TNI (PUrn) Dr I Putu Sastra Wingarta MSc mengolah Sistem Manajemen Nasional (Olah Sismennas) untuk PPRA 63 tahun 2022.

WKU Humas PSMTI Rudi Rusdiah, alumni PPRA 42 tahun 2008 berkesempatan mengunjungi Ruang Olah Sismenas dari PPRA 63 tahun 2022 yang sedang berlangsung live di Gedung Panca Gatra bertemu dengan Tenaga Profesional Brigjen TNI (Purn) Dr Paula Theresia S.Sos MM bersama Mayjen TNI (Purn) Imam Maksudi SE, dan Mayjen TNI (PUrn) Dr I Putu Sastra Wingarta MSc. Dok. Firli A./Komite.id

Sasaran dari Sismenas adalah agar Peserta Pendidikan PPRA Lemhannas dapat memahami dan mampu: Pertama, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dari seluruh bidang studi yang diperoleh selama mengikuti pendidikan di Lemhannas RI. Kedua, Membuat kebijakan strategis dan rekomendasi kebijakan dalam mewadahi para pemangku kepentingan dalam rangka memecahkan permasalahan nasional yang faktual secara komprehensif dengan terlebih dahulu merumuskan & menginventarisasi pokok persoalan. Ketiga, Melakukan koordinasi lintas sektoral, baik antar-instansi secara horizontal maupun vertikal, melalui proses mekanisme pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan berbagai aspek secara komprehensif pada tingkat nasional, regional, maupun global.

Potret Rudi Rusdiah, saat mengunjungi Ruang Olah Sismenas dari PPRA 63 tahun 2022 yang sedang berlangsung live di Gedung Panca Gatra, Kantor Lemhannas RI, Jakarta, Rabu (27/07) Dok. Firli A./Komite.id

Sebagai informasi, Olah Sismenas ini memang dijalankan oleh setiap Angkatan Program Pendidikan Reguler (PPRA), selain Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN), Studi Strategis Luar Negeri (SSLN) dan pembuatan TasKap (Karya Tulis Ilmiah Perseorangan semacam thesis.

Gubernur Lemhannas almarhum Prof Dr Muladi SH juga pernah menjalin kerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) memberikan bea siswa Pendidikan S2 Magister Tannas (Ketahanan Nasional) dan Hubungan International (HI) dari Fakultas SosPol UGM, di antaranya penerima beasiswa HI dari PSMTI Dr Edi Kusuma SH,MA dan Dr Rudi Rusdiah MA (2010).

Diharapkan akan lebih banyak kader PSMTI yang mendapatkan Pendidikan PPRA dari Lemhannas agar PSMTI dapat lebih berperan meningkatkan ketahanan Negara Republik Indonesia dibidang ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan misi dan visi PSMTI berkarya untuk Indonesia.

Sebagai informasi, Brigjen TNI Purn Tedi Jusuf KSA IV 1994 merupakan Founder PSMTI (1998) & MOU PSMTI & Lemhannas RI. Berikut daftar lengkap Alumni Lemhannas RI Anggota PSMTI: Prof Yenni Thamrin MHA CoFounder PSMTI (1998), Hertanto T Surya S.H.QRGP CoFounder PSMTI (1998) KRA 35 Tahun 2002,Dr Rosye Anggela Liu SE MSi KSA  X 2002, Dr.Drs.HM. Anda  Hakim, SH.MH. MBL KRA XXXVI tahun 2003, Dr Eddie Kusuma, SH, MH  KSA 14 tahun 2006, Dra Idayani Oesman SH,MM  KRA39 Tahun 2006, Dr Rudi Rusdiah MA.  PPRA 42 tahun 2008, Dr Ferry Soemardi PPSA21 Tahun 2017, Edwin Jusuf MSc  PPRA LVIII Tahun 2018, Effendy Gunardi SE   PPRA LVII Tahun 2018, Herry Johanes PPRA LVIII 2018, Novita Tandry PPRA XLIII tahun 2022.

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.