Datagov AI Hari Kedua, Dua Menteri Paparkan Program SDI dan SPBE

0
159

Jakarta, Komite.id- Asosiasi Big Data & Ai (ABDI) menyelenggarakan Summit DataGovAi 2021 yang dilakukan secara virtual. Pada agenda hari kedua ini, tanggal 30 November 2021,  dua menteri yakni Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan menyampaikan keynote speechnya.

Kedua menteri Kabinet Indonesia Maju tersebut akan menyampaikan program Satu Data Indonesia (SDI) yang merupakan upaya pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah. Selain itu, dipaparkan juga Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang menjadi landasan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Selain dua menteri tersebut, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian juga akan memaparkan mengenai Strategi Keamanan Siber Nasional yang tujuannya adalah melindungi ekosistem digital nasional agar pertumbuhan dan inovasi digital tercapai. Antara lain, akan dipaparkan mengenaui sejuah mana peran BSSN dalam bidang keamanan siber dan sandi untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan, sesuai termaktub dalam Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2021.

Menurut Hinsa, Tantangan saat ini adalah mengimplementasikan daripada peraturan tersebut, karena tugas-tugas melaksanakan keamanan siber senantiasa dirancang dengan tujuan menyukseskan penyelenggaraan pemerintahan. Karena itu, BSSN mempunyai tiga tugas penting yaitu dalam hal Strategi Keamanan Siber Nasional, Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital Nasional (PIIVN), dan Manajemen Krisis Siber Nasional (MKSN).

Beberapa pembicara lainnya dalam datagov AI Hari Kedua antara lain, Armand Wahyudi Hartono, MBA, Vice President Director BCA, Kusumo Martanto, CEO Blibli.com, David Herman Jaya, CEO New Armada, Kharisma, Chief Commercial Officer (CCO) Telkom International dan Closing Remark – Dr. Rudi Rusdiah MA., ABDI Chairman.

Seperti diketahui, DataGovAi  yang untuk keempat kalinya diselenggarakan oleh  Asosiasi Big Data & Ai (ABDI) dengan   mengambil  tema utama yakni  Implementation, Benefit, Integrity, & Risk Management Of AI, Cyber Security & Big Data Toward Economy Recovery”. Ditargetkan Summit DataGovAi 2021 diikuti 10 ribu participat secara virtual.

Event kali ini memiliki arti penting bagi organisasi atau perusahaan mengingat teknologi AI Big data dan Cloud serta Security menjadi kekuatan penting atau sangat fundamental  dalam mendorong transformasi digital di semua sektor untuk melalui masa pandemi dan paska pandemi khususnya  menyongsong tahun  2021.

“Kami percaya teknologi AI, Cloud,  Big data dan Security  akan menjadi kekuatan penting dalam mendorong percepatan  transformasi digital di Indonesia pada  masa pandemi dan paska pandemi, khususnya tumbuhnya  ekonomi digital  di Indonesia,” kata Ketua Umum ABDI  Rudi Rusdiah sekaligus Ketua Penyelenggara Summit DataGovAi 2021. (***)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.