KSP Moeldoko Jadi Keynote Speaker DataGovAi 2021

0
166

Jakarta, Komite.id- Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko SIP,  akan menjadi pembicara utama (keynote speakers) dalam acara pertama (Day 1) Summit DataGovAi 2021 pada hari Selasa tanggal 25 November  bertema Data & AI Tech Transformation: Data Sovereignty, Data Privacy Protection & Data Security (Technology Aspects).

KSP Meoldoko akan menyampaikan pentingnya peranan data  bagi pembangunan, baik untuk pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Data telah berkembang menjadi disiplin ilmu tersendiri (data science). “Dengan berkembangnya kecerdasan buatan (artificial intelegence), penguasaan dan pengelolaan data yang didukung oleh AI semakin penting bagi semua negara,” katanya.

Selain  KSP Moeldoko, ada juga   Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate  yang juga  akan memamparkan mengenai pentingnya perlindungan data bagi sebuah bangsa. Pasalnya, melindungi informasi masyarakat, erat kaitannya dengan komitmen mewujudkan kedaulatan data di tengah dinamika teknologi saat ini berkembang pesat.

Kementerian Kominfo bersama instansi pengawas dan penegak hukum serta penyedia platform digital akan meningkatkan pengamanan data pribadi pengguna platform digital.  Selain itu, Kementerian Kominfo terus melakukan pengawasan terhadap pelindungan data masyarakat Indonesia secara berkala.

Selain Johnny, Rektor Unhan Laksamana Madya Amarulla Octavian dalam Keynote speachnya akan  menjelaskan tentang pentingnya kedaulatan data dan keamanan siber di era internet of things (IoT) dan Society 5.0. Sebab, kedaulatan data merupakan bagian integral dari kedaulatan bangsa Indonesia. Kedaulatan negara di ruang maya (cyber sovereignity) harus dapat dicapai melalui kedaulatan data (Data sovereignity).

Selain itu, beberapa nama yang akan menjadi pembicara pada Web Summit Datagov AI 2021 antara lain, Anang Achmad Latif, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Fransiscus Kaurrany, – IT Executive Vice President Enterprise Architechture & IT Service Quality Bank  BCA serta  Siti Choiriana, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) dan masih banyak  para pembicara lainnya dari berbagai institusi Pemerintah, Technology Provider, Akademisi dan Swasta.

Seperti diketahui, DataGovAi  yang untuk keempat kalinya diselenggarakan oleh  Asosiasi Big Data & Ai (ABDI) dengan   mengambil  tema utama yakni  Implementation, Benefit, Integrity, & Risk Management Of AI, Cyber Security & Big Data Toward Economy Recovery”. Ditargetkan Summit DataGovAi 2021 diikuti 10 ribu participat secara virtual.

Event kali ini memiliki arti penting bagi organisasi atau perusahaan mengingat teknologi AI Big data dan Cloud serta Security menjadi kekuatan penting atau sangat fundamental  dalam mendorong transformasi digital di semua sektor untuk melalui masa pandemi dan paska pandemi khususnya  menyongsong tahun  2021.

“Kami percaya teknologi AI, Cloud,  Big data dan Security  akan menjadi kekuatan penting dalam mendorong percepatan  transformasi digital di Indonesia pada  masa pandemi dan paska pandemi, khususnya tumbuhnya  ekonomi digital  di Indonesia,” kata Ketua Umum ABDI  Rudi Rusdiah sekaligus Ketua Penyelenggara Summit DataGovAi 2021

Beberapa perusahaan yang mendukung kegiatan Summit DataGovAi 2021 antara lain; BAKTI Kominfo, Bank BCA, Telkom International, PT Sigma Cipta Caraka, PT Aksata , XL Axiata, Blibli.com, Lintasarta, PT Patra Nusa Data, Bank BRI, BIG BOX, AIRMAS GROUP, PT Bali Yoni Saguna, Universitas Budi Luhur (UBL),  PT.New Armada,  dan PT Micronics Internusa.

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.