Telkomsel IndonesiaNext 2020 untuk Pengembangan Talenta Unggul

0
1119

Jakarta, Komite.id- Telkomsel mengajak anak-anak muda Indonesia untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan daya saing sebagai SDM  unggul dengan kembali menggelar  IndonesiaNEXT. Pada edisi kelima ini, IndonesiaNEXT 2020 hadir di 13 regional yang mencakup seluruh 34 provinsi di Indonesia demi menjangkau lebih banyak generasi muda di seluruh penjuru negeri. IndonesiaNEXT 2020 dibuka dengan seminar daring bertajuk “Agile Talent in Crisis” yang digelar  pada (15/12) melalui Zoom, MAXstream, dan YouTube Live.

ViP Corcom Telkomsel Denny Abidin mengatakan, “IndonesiaNEXT 2020 menjadi menarik karena hadir dengan metode e-learning sebagai bentuk penyesuaian program dari Telkomsel di tengah masa penuh tantangan ini. Kami pun memastikan IndonesiaNEXT2020 akan memberikan  pengalaman belajar daring yang terstruktur, efektif, dan efisien dengan dukungan pemateri dan materi yang berkualitas, sehingga setiap peserta dapat menerima manfaat dari inisiatif ini secara maksimal.”

Dalam membuka IndonesiaNEXT 2020, webinar “Agile Talent in Crisis” menghadirkan materi seputar strategi adaptasi di kenormalan baru di lingkungan bisnis akibat pandemi COVID-19. Peserta diajak untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) dengan menjadi pribadi yang agile dan cepat beradaptasi sehingga dapat bersaing di industri yang sangat dinamis. Webinar “Agile Talent in Crisis” akan terus digelar sampai  19 Januari 2021 dan menjangkau para peserta di seluruh 13 regional penyelenggaraan.

Telkomsel juga menghadirkan pemateri yang special di program IndonesiaNEXT 2020 kali ini, terutama pada sesi seminar daring “Agile Talent in Crisis” yang menyajikan pemateri dari para talenta Telkomsel di bidang teknologi digital dan big data, seperti UI/UX Research dan Data Science, untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan seiring dengan roadmap Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

Mereka juga akan membagikan pengalaman bekerja di Telkomsel sebagai leading digital telco company di Indonesia yang terus fokus mengembangkan layanan berbasis aplikasi dan pengolahan data. Khusus untuk penyelenggaraan webinar “Agile Talent in Crisis” perdana, IndonesiaNEXT 2020 juga mendatangkan Troy Reza Warokka (Chief Operating Officer PT Mahaka Media) untuk memberikan perspektif industri telekomunikasi digital yang lebih luas.

Selain webinar, IndonesiaNEXT 2020 juga memberikan rangkaian program lainnya yang mampu mengembangkan kompetensi para peserta lebih jauh lagi. Pertama, seluruh peserta diberi kesempatan untuk mengikuti kuis daring di laman IndonesiaNEXT, dan 300 peserta dengan skor terbaik di tiap regional akan lanjut menjalani program pelatihan.

Di tahap pelatihan tersebut, peserta ditantang untuk menunjukkan keterampilannya dalam menggunakan empat platform produktivitas dan akan dipilih 100 peserta terbaik dari tiap regional untuk mengikuti proses sertifikasi.

Pada program sertifikasi, IndonesiaNEXT akan memberikan sertifikasi skala internasional kepada seluruh peserta yang berhasil sampai di tahap ini, dan akan memilih 10 peserta per regional untuk mengikuti bootcamp tingkat area berdasarkan skor tertinggi dan waktu tercepat. IndonesiaNEXT 2020 akan memberikan setidaknya 5 sertifikat bagi para peserta sesuai dengan ketentuan, antara lain E-Certificate Seminar  of Attendance, E-Certificate Hard Skill  Training  of Complation, Microsoft Office Specialist or Adobe Certified Associate E-Certificate, Communication Skills Training e-certificate serta Program Achievement e-certificate.

Di tahap bootcamp area yang diselenggarakan secara daring selama 5–7 hari, peserta akan mengikuti pelatihan komunikasi dan presentasi serta pembekalan tentang industri untuk menghadapi babak kualifikasi yang akan menyaring tiga peserta terbaik di tiap regional untuk berpartisipasi di bootcamp tingkat nasional.

Peserta yang berhasil lolos ke tahap bootcamp tingkat nasional akan kembali mengikuti berbagai pelatihan dan pembekalan materi secara daring selama 5–7 hari. Setelahnya, para peserta akan melakukan presentasi ide di depan panelis yang meliputi pimpinan Telkomsel, pemimpin industri, praktisi, dan tenaga profesional. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.