Presiden Resmi Buka Inovasi Indonesia Expo (i2e) 2020

0
1169

Jakarta, Komite.id– Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 secara resmi dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui tayangan video, sementara Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro hadir secara fisik di Auditorium Soemitro Djojohadikoesoemo, Gedung BJ Habibie lantai 3, Jakarta Pusat pada Selasa (10/11).

Presiden Joko Widodo menyambut gembira dan menyampaikan penghargaan atas diselenggarakannya I2E 2020. I2E menjadi contoh adanya ekosistem yg kondusif bagi penelitian dengan bukti lahirnya karya-karya inovatif anak bangsa, terutama saat menghadapi pandemi Covid-19 telah muncul inovasi di berbagai bidang, seperti pengembangan Vaksin Merah Putih dan pendeteksi virus melalui embusan nafas _Gnose_. Hal ini menjadikan inovasi menjadi bagian sangat penting untuk kemandirian dan keunggulan bangsa.

“Semua ini membuktikan bahwa kita memiliki banyak talenta-talenta hebat yang siap berkarya untuk kemandirian dan keunggulan bangsa. Inovasi tidak muncul begitu saja, inovasi membutuhkan ekosistem yang kondusif. Expo ini adalah salah satu contoh dari ekosistem tersebut. Kita harus terus memfasilitasi kerja sama antar _stakeholders_, memperkuat _multiple helix_, memperkuat kolaborasi antara para inovator dengan industri, dengan pemerintah dan juga masyarakat,” jelas Presiden Joko Widodo dalam video sambutannya.

Presiden Joko Widodo menambahkan bahwa dengan kolaborasi, maka karya-karya para inovator tidak akan berhenti menjadi sebatas _prototype_, namun dapat berlanjut diproduksi massal ke arah investasi komersial. Inovasi bukan hanya untuk mengatasi masalah-masalah dalam masyarakat, tapi akan mampu memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional termasuk penciptaan lapangan kerja baru.

“Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi inovator di berbagai sektor yang sangat dibutuhkan masyarakat, seperti pangan, energi, kesehatan, termasuk inovasi dalam manajemen model bisnis dan _digitalpreneurs_. Karena itu, saya mengajak para inovator memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan negara, berkontribusi bagi kemanusiaan dan kehidupan yang lebih baik,” tambah Presiden.

 

I2E Penanda Integrasi Litbangjirap

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan kali ini hadir dalam format _Virtual Exhibition_ diadakan 10-13 November 2020 dilanjutkan pameran statis dimulai tanggal 14 November – 10 Desember 2020. I2E tahun ini mengusung tema *’Inovasi Indonesia sebagai Solusi’*, sebagai penutup rangkaian acara peringatan Seperempat Abad Kebangkitan Teknologi Nasional. Menristek/Kepala BRIN menjelaskan pameran ini sendiri merupakan penanda integrasi komunitas litbangjirap yang lebih erat di Indonesia.

“Ini tercermin dengan menyatunya berbagai kegiatan dari berbagai pelaku riset dan Inovasi Indonesia dalam expo ini, di antaranya Artificial Intelligence Summit 2020; Nuklir EXPO 2020; Indonesian Science EXPO 2020,” jelas Menristek/Kepala BRIN.

Selain menampilkan berbagai hasil litabngjirap, expo juga dimeriahkan dengan seminar, diskusi, workshop virtual dalam berbagai topik penelitian dan aplikasi, pertemuan dan bincang bersama peneliti dan inovator Indonesia, kunjungan melalui _virtual tour_ ke laboratorium dan fasilitas penelitian terbaru, klinik/konsultasi virtual, lomba kreativitas dan inovasi masyarakat, serta acara menarik lainnya. Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 yang sebelumnya bernama RITECH EXPO merupakan pameran tahunan yang menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi unggulan karya anak bangsa.

”Semua kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengarusutamakan litbangjirap dalam kehidupan berbangsa kita untuk meningkatkan kemandirian bangsa. Litbangjirap akan meningkatkan jumlah dan kualitas produk inovatif dalam negeri. Kita harus membeli dan bangga pada produk Indonesia, produk riset inovasi anak bangsa,” papar Menteri Bambang

Komunitas litbangjirap terus mengintensifkan kolaborasi _Triple Helix_, kolaborasi antar peneliti/perekayasa di berbagai Perguruan Tinggi, dan Lembaga Litbang Kementrian/Lembaga serta pelaku usaha/industri dan masyarakat, dalam menghasilkan produk nasional, untuk substitusi impor dan bahkan untuk dikembangkan sebagai produk ekspor Indonesia. Inovasi Indonesia akan terus berkontribusi sebagai solusi permasalahan bangsa, sebagai arus utama/gerakan transformasi ekonomi Indonesia menuju visi 2045. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.