BPPT Kembangkan Implan Tulang Stainless steel

0
970

Jakarta, Komite.id – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Teknologi Material (PTM) berhasil mengembangkan implan tulang traumatik stainless steel 316L bersama industri mitra PT. Zenith Allmart Precisindo hingga proses komersialisasi. Saat ini, produk implan tulang traumatik stainless steel 316L telah ditayangkan dalam E-Katalog dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan sudah dipakai beberapa rumah sakit.

Pada tahun 2018, inovasi implan tulang traumatik terus dikembangkan dengan menggunakan material titanium sehingga dihasilkan produk-produk implan tulang yang lebih maju. Titanium bersifat ringan, ketahanan karat dan kekuatan mekanis tinggi sehingga lebih kuat dan sifat biokompatibilitas yang sangat baik untuk material implan tulang.

Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan trauma tulang dan sendi akibat kecelakaan lalu lintas akan terus meningkat di negara berkembang seiring meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor. Saat ini, produk implan traumatik yang beredar di Indonesia masih didominasi produk impor yang proporsinya mencapai 94% dengan harga yang tidak murah.

“Kondisi ini menjadi penyumbang defisit BPJS yang semakin meningkat setiap tahun. Masalah tingginya biaya pembelian implan dan pajak impor mendorong untuk pengembangan implan secara lokal dengan biaya yang lebih terjangkau sebagai substitusi impor,” tutur Hammam saat peluncuran produk implan tulang titanium merah putih secara virtual pada Selasa (27/10).

Inovasi implan titanium merah putih dilakukan oleh perekayasa dan peneliti PTM-BPPT bekerjasama PT. Zenith Allmart Precisindo. Tahapan perekayasaan dimulai dengan pengujian untuk meyakinkan bahwa kekuatan dan karakterisasi biokompatibilitas material sesuai standar.

Disamping itu, telah dilakukan pengembangan teknologi anodizing terhadap implan titanium untuk meningkatkan ketahanan korosi dan karakteristik lainnya sesuai standar ASTM F136. Setelah itu dilanjutkan dengan produksi massal untuk membuat beberapa varian implan traumatik Titanium. Pada akhir 2019, PT. Zenith Allmart Precisindo dengan produk implan Titanium “Zenmed+” mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan.

“Sebelumnya Implan tulang traumatik SS 316L telah memperoleh e-Katalog, saya usulkan implan tulang traumatik titanium ini segera diusulkan untuk e-Katalog inovasi agar produk inovasi semakin bergulir untuk dipakai komersial,” tutur Hammam. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.