Kembangkan Perangkat Anda Dengan MediaTek AIoT

0
1579

Jakarta, Komite.id- Perubahan terbesar dalam IoT adalah pergeseran proses data dari cloud ke edge. Ini terjadi bersamaan dengan perkembangan Artificial Intelligence yang sangat cepat, yang mengubah hampir seluruh industri di dunia, termasuk IoT.

Karena perangkat edge menjadi semakin canggih, perangkat-perangkat ini mampu memroses AI, yang telah menciptakan industry AIoT yang semakin berkembang. Hasilnya adalah berbagai peningkatan seperti:

1. Waktu respon lebih cepat: Pemrosesan informasi secara lokal di perangkat, alih-alih mengirimkan informasi ke cloud, mengurangi waktu lag untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

2. Peningkatan permintaan untuk kerahasiaan pengguna dan perlindungan data: Pengguna berbagi semakin banyak informasi dengan perangkat mereka, sehingga semakin tinggi pula keprihatinan akan kerahasiaan dan perlindungan data. Pemrosesan edge AI meminimalkan resiko-resiko keamanan dengan menjaga informasi di perangkat, alih-alih mengirimkannya ke dan dari cloud.

3. Perlunya ketersediaan fungsi secara luas: Edge AI memungkinkan konsumen untuk menggunakan fungsi-fungsi cerdas di perangkat-perangkat mereka bahkan ketika mereka tidak terhubung ke Internet.

4. Memudahkan kebutuhan koneksi: Statista meramalkan di tahun 2025 akan ada lebih dari 75 miliar perangkat IoT terpasang di seluruh dunia. Pertumbuhan data terus menerus yang diciptakan oleh perangkat yang terhubung ke Internet ini menjadi tantangan bagi infrastruktur jaringan; memroses informasi di edge mengurangi beban di jaringan.

5. Kemawasan situasional atau lingkungan: Memampukan tiap perangkat untuk mengambil keputusan dalam real-time berdasarkan apa yang sedang terjadi di sekitar perangkat tersebut. Contohnya, layanan pengelolaan gedung yang bereaksi ke berbagai titik suhu dan kelembaban, atau kota cerdas dengan sinyal lalu lintas yang bereaksi terhadap perubahan alur lalu lintas, atau lampu penerangan jalan raya yang bereaksi berdasarkan tingkat kecerahan lokal atau adanya orang di sekitar.

Diketahui, program AIoT MediaTek bisa diaplikasikan ke rumah, enterprise, industri, layanan kesehatan, ritel, kota atau sektor-sektor IoT lainnya. Program ini mendorong inovasi AI dari startup dan merek-merek baru hingga enterprise besar dan nama-nama terbesar, bertujuan untuk merancang berbagai perangkat AIoT untuk pengalaman pengguna baru dan peluang-peluang pasar baru. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.