GEM, Pameran Teknologi Ramah Lingkungan Terbesar se-ASEAN Mulai Digelar

0
1332

Jakarta, Komite.id – Pemeran teknologi panel surya, GEM terbesar se- Asia Tenggara, mulai digelar. Berlangsung 4-6 April 2019 di Hall D, JIExspo Kemayoran, Jakarta.

Solartech Indinesia 2019 adalah pamern teknologi panel surya terbesar se-Asia Tenggara, didukung oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Mendorong masyarakat untuk menggunkan energy terbarukan, terutama Solar Rooftop.

Kelebihan dari energy Solar Rooftop adalah , dimana kelebihan daya dari pemasangan Pembangkit Listrik Tnaga Surya (PLTS) atap (PV Rooftop) atau panel surya dapat dijual oleh konsumen ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero.

Ketentuan pemnjualan kelebihandaya itu tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 49 tahun 2018 tentang penggunaan system pembangkit listrik tenaga surya atap oleh konsumen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero.

Indonesia adalah Negara tropis yang sangat menunjang perkembangan energy terbarukan. Faktanya, Indonesia dapat menghasilkan energy baru terbarukan sebanyak 444 ribu MW. Namun penggunaan solar panelmasih kurang maksimal, hanya mencapai 78,5 MW dan elektrifikasi di daerah tertinggal masih menjadi perhatian pemerintah.

Kementrian ESDM mencatat rasio elektrifikasi hingga 2018 mencapai 98,30% atau 66,92 juta rumah tangga. Tahun 2019 pemerintah menargetkan bisa mencapai 99,9%. Kementrian ESDM akan bersinergi dengan PLN untuk menjangkau rumah yang berada di pelosok Indonesia.  Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan listrik dengan program Lampu Tenaga Suya Hemat Energi (LTSHE) dan pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di berbagai titik di daerah pelosok.

Jalan umum yang telah menggunakan lampu LED Smart System. Dengan system lampu pintar ini akan memudahkan memonitor dan mengontrol lampu dari jarak jauh . PJU system menerapkan konsep “Internet of Thing” (IoT) yang menghubungkan internet dengan benda sehingga dapat dikontrol atau digunakan dengan perangkat tanpa kabel.

GEM Indonesia terus mwnunjukan dukungan atas program pemerintah ini melalui terselenggaranya pameran berskala Internasional yang memamerkan produk dan inovasi dibidang surya, smart lighting dan energy baru terbarukan.  (WS)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.