Koneksi Internet di Tengah Laut, Menteri Kominfo Video Call dengan Nelayan

0
1533
Nelayan Natuna Vidcom dengan Menkominfo (Ist)

Jakarta, Komita.id – Menkominfo Rudiantara berkomunikasi dengan nelayan secara langsung melalui video conference (Video Call) dari tengah laut ke Jakarta. Video Call ini dilakukan Menteri Rudiantara dengan dua orang nelayan yang tengah melaut.

Melalui video call tersebut, Rudiantara menyampaikan kebanggannya saat melihat para nelayan yang sudah bisa terhubung dengan internet. Menurutnya, keluarga di rumah sudah tidak lagi cemas dengan nelayan yang ada di laut.

“Pak Sahidan dan pak Syafarudin, kami sangat berbahagia mendengar suara bapak dari laut, bagi kami dan bagi keluarga tentunya melihat gambar (wajah) bapak saja sudah anugerah, artinya bapak sehat wal’afiat,” kata Rudiantara, saat mencoba koneksi video call tersebut, Rabu, (20/03/2019), lalu di Jakarta

Didampingi Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Direktur Utama BAKTI Anang Latif serta beberapa pejabat lain, Menteri Kominfo menyatakan  video call dengan nelayan langsung dari laut sebenarnya tidak mudah.

Pasalnya, para nelayan harus berhadapan dengan angin yang kencang di laut. Meskipun demikian, setidaknya ada sedikit perkembangan yang dirasakan para nelayan saat mencari nafkah.

“Ini aplikasi yang sangat sulit, karena kalau yang lain itu ada di tempat yang fix, tetap (daerah daratan). Tapi ini bergerak di laut, saya mengapresiasi 4G Telkomsel karena signal sudah sampai ke laut,” ujar Menteri Kominfo.

Dia berharap dengan adanya pelayanan akses internet cepat ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat. Khususnya para nelayan untuk meningkatkan produktivitas.

“Selamat bagi nelayan yang bisa meningkatkan produktifitasnya. Semoga aplikasi yang digunakan bermanfaat, yang bisa membuat mereka pulang ke rumahnya, ke keluarganya. Ingat, nyawa lebih berharga daripada jumlah ikan,” imbuhnya.

Video conference atau video call ini menggunakan Jaringan Kabel Serat Optik Palapa Ring yang dioperasikan oleh Telkomsel dengan menggunakan 4G bekerjasama dengan BAKTI Kominfo.

Palapa Ring merupakan jaringan nasional backbone pita lebar (broadband) serat optik melalui jaringan infrastruktur internet cepat.  Melalui Palapa Ring, Pemerintah menargerkan akan dapat menghubungkan wilayah Barat, Tengah, dan Timur dengan jaringan internet. Palapa Ring menghubungkan 514 kabupaten dan kota di Indonesia. (WS)

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.